Pose Yoga Yoga

Yoga untuk Penderita Skoliosis

Sebenarnya sudah agak lama saya ingin menulis tentang gerakan yoga untuk penderita skoliosis. Hanya saja saya merasa pengenalan saya akan penyakit ini tidak terlalu dalam. Dan disekitar saya tidak ada yang menderita penyakit skoliosis untuk dijadikan contoh. Sehingga saya mendapatkan bukti yang relevan bahwa dengan melakukan gerakan Yoga lambat laun sembuh dari penyakit skoliosis.

Beberapa kali menulis perihal yoga, kebanyakan yang saya tulis tentang meningkatkan stamina dan kebugaran dengan Yoga. Hampir jarang saya menulistentang bagaimana Yoga dapat menjadi terapi atau bagian dari penyembuhan suatu penyakit. Kemudian yang membuat saya merasa harus menulis tentang skoliosis ketika beberapa teman menanyakan kalau sakit ini atau sakit itu bisa nga yach disembuhkan dengan Yoga?

Pada dasarnya Yoga sendiri adalah gerakan melatih dan mengaktifkan seluruh anggota tubuh. Yang mana kalau semuanya dilakukan dengan benar dan rutin akan membuat tubuh menjadi sehat. Hormon bekerja dengan baik, jantung dan paru-paru kuat dan peredaran darah lancar. Sehingga otomatis anggota tubuh yang bermasalah akan pulih dan sembuh.

Yoga sebagai Terapi Tulang Belakang

Dari beberapa sumber yang saya baca penyebab skoliosis itu sendiri pada umumnya terletak pada kebisaan dan posisi badan yang salah. Dan jenisnya pun beragam berdasarkan kemiringan. Jika semakin miring lekukannya maka ada baiknya dilakukan operasi dan fisioterapi.

Dan semakin jauh posisi tulang belakang miring dari posisi normal maka ada baiknya terapi dan latihan dilakukan lebih konsisten dan rutin.

Untuk hal ini saya tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai penanganan, lokasi terapi dan berapa biaya terapi karena terus terang itu bukan bidangnya saya. Hanya saja yang bisa saya bantu adalah bagaimana cara meminimalis ketidak seimbangan tulang belakang tersebut dengan melakukan Yoga.

Gerakan yoga untuk penderita skoliosis

Gerakan yoga berikut ini dapat mengurangi dan mencegah kondisi tulang belakang menjadi lebih buruk. Diperlukan latihan yang rutin dan gerakan yang ada dibawah ini adalah gerakan sederhana. Dimana dapat dilakukan dimanapun.

Yang pasti bagi penderita skoliosis, diawal gerakan teman-teman dapat merasakan efek apa yang paling dirasa. Jika kamu punya skoliosis yang parah diarah kanan, maka ada baiknya gerakan diperbanyak kearah kiri. Begitu juga sebaliknya. Sehingga dengan gerakan ini kita membalikkan arah kecenderungan skoliosisnya.

Semoga dengan gerakan Yoga yang saya rincikan dibawah untuk penderita Skoliosis, dapat menolong teman-teman yang mengalami keluhan pada tulang belakang khususnya skoliosis. Dan saran saya ada baiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan terapis atau dokter langganan. Karena merekalah yang paling tau kondisi tulang belakang kamu seperti apa.

1. Bridge Pose

Gerakan Bridge Pose merupakan gerakan basic di kelas yoga. Gerakan ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Jika mengikuti halaman saya, rasanya bridge pose berulang-ulang saya bahas. Dikarenakan gerakannya sangat gampang dan fungsinya sangat banyak, menjadikan pose ini menjadi salah satu gerakan favorite saya.

Seluruh anggota tubuh bekerja, mulai dari kaki, paha, bokong, tulang belakang, perut, lengan sampai leher semua kena. Hubungannya dengan penderita skoliosis adalah pada saat badan naik keatas, otomatis bokong kencang dan tulang belakang ketarik ke atas.

Perlu diperhatikan untuk penderita skoliosis adalah jika kamu merasa efeknya berasa pada tulang belakang bagian kanan, lakukan gerakan tersebut dengan posisi berlawanan lebih lama. Itu berarti bagian tersebut lah yang bermasalah dan butuh penanganan lebih. Jadi fokus pada bagian tersebut. Begitu juga sebaliknya.

bridge pose untuk penderita skoliosis
Bridge Pose dilakukan dengan mengangkat bokong setinggi mungkin sehingga tulang belakang terasa di-stretch.

2. Child Pose

Gerakan dilakukan dengan tengkurap menghadap matras dan dorong tangan sejauh mungkin dari badan. Dengan gerakan tersebut lengan kencang dan tulang belakang ketarik keatas.

Bagi kamu penderita skoliosis, jika tulang belakang cenderung condong ke kanan, maka lakukan gerakan ini dengan mendorong lengan sejauh mungkin kearah kiri. Dan rasanya tulang belakang sebelah kanan dipijat-pijat. Gerakan ini berfungsi memperbaiki posisi tulang belakang kembali ke posisi yang benar.

child pose gerakan yoga untuk penderita skoliosi yang baik kamu lakukan
Dorong tangan sejauh mungkin dari badan. Bagi penderita skoliosis dengan kemiringan ke kanan dapat mendorong kedua tangan menjauh kearah kiri.

3. Cat Pose

Cat pose dan cow pose merupakan paket gerakan yoga yang paling pas untuk penderita skoliosis. Dimana dapat dilakukan berganti-gantian dan arahkan tulang belakang berlawanan dengan arah posisi skoliosis kamu. Jika kamu penderita skoliosis yang cenderung mengarah ke kanan, dapat lakukan gerakan cat dan cow pose ke arah kiri.

Tulang belakang dipaksa untuk melengkung ke atas dan ke bawah, tetapi posisi badan dapat kita arahkan ke kanan atau ke kiri berlawanan arah dengan posisi skoliosis kamu.

sala satu gerakan yoga untuk skoliosis yaitu cat pose
Cat Pose salah satu gerakan yang sangat dianjurkan bagi penderita skoliosis.

4. Cow Pose

Begitu juga dengan gerakan cow pose. Pada saat tulang belakang dan kepala menengadah kebawah, tulang belakang diarahkan berlawanan dengan posisi skoliosis. Jika cenderung ke arah kiri, pelan-pelan kamu arahkan badan kamu ke kanan demikian sebaliknya. Sehingga tulang belakang kamu sedikit demi sedikit diperbaiki berlawanan arah dengan posisi skoliosis mu.

cow pose gerakan untuk tulang belakang
Gerakan Pasangan Cat Pose adalah Cow Pose. Lakukan berganti-gantian untuk mendapatkan efek tulang belakang yang baik.

5. Eagle Pose

Untuk yogini pemula, gerakan eagle pose merupakan gerakan yang cukup sulit. Menstabilkan posisi badan agar tetap stabil tidak goyang pada saat badan berdiri dengan satu kaki. Kemudian kaki ditekuk dimana satu kaki berada di atas kaki yang lain. Lalu tangan di-lock sedemikian rupa, merupakan pekerjaan yang tidak mudah.

Hanya tidak perlu kuatir, jika sering dilatih tubuh pun otomatis dapat melakukan dengan mudah. Hubungannya dengan penderita skoliosis adalah, kecenderungan tulang belakang kamu yang miring ke kanan dapat kamu perbaiki dengan mengarahkan badan kami sejauh mungkin berlawanan dengan arah skoliosis mu.

gerakan eagle pose baik untuk tulang belakang
Eagle Pose, memastikan tulang belakang, kaki dan tangan bekerja sinkron.

6. Extended Triangle Pose

Kalau lihat gerakan ini di foto sekilas mudah yach? Bisa dibilang triangle pose adalah gerakan yang wajib dilakukan di kelas yoga. Dan gerakan ini adalah gerakan basic dimana posisi kuda-kuda haruslah pas sehingga badan kita tidak gampang goyang. Kemudian jatuhkan badan kebawah dan taruh tangan diatas, sehingga tangan satunya lagi didorong ke atas.

Gerakan ini memastikan tulang belakang menjauh dari kaki dan badan, berfungsi menstabilkan tubuh sehingga tidak jatuh ke arah depan. Seperti gerakan-gerakan sebelumnya pastikan gerakan yang kamu lakukan berlawanan arah dengan arah skoliosis kamu. Sehingga tulang belakang kamu perlahan demi perlahan dikembalikan ke posisi yang benar.

gerakan tulang belakang untuk penderita skoliosis
Extemded Triangle Pose memastikan tulang belakang digerakkan secara twist. Gerakan ini sangat baik untuk penderita skoliosis. Sumber Yoga Jounal.

7. Head to Knee Forward Bend

Gerakan Head to knee forward bend pose memang difokuskan untuk tulang belakang, paha dan tangan. Semakin jauh tangan didorong keatas belakang maka semakin stretch tulang belakang. Kamu dapat men-twist tulang belakang berlawanan dengan posisi skoliosis mu.

Untuk posisi tulang belakang normal, arah badan cukup diposisikan kearah depan. Sedangkan untuk penderita skoliosis kamu bisa twist sejauh mungkin berlawanan arah dengan tulang belakangmu.

yoga untuk penderita skoliosis yaiitu forward bend

8. Puppy Pose

Puppy Pose hampir mirip dengan child pose. Hanya saja pada gerakan puppy pose, bokong diangkat lebih tinggi. Sehingga tulang belakang dan bokong lebih terasa. Jika arah skoliosismu cenderung kearah kanan, arahkan posisi tubuh dan lengan menjauhi badan kearah berlawanan dengan arah skoliosis mu.

puppy pose untuk terapi tulang belakang
sumber: doyouyoga.com

9. Dolphin Pose

Dolphin pose hampir menyerupai gerakan downward facing dog. Perpedaannya terletak pada siku tangan yang menyentuh matras. Bagi penderita tulang belakang, seperti gerakan yang lain kamu dapat memfokuskan gerakan berlawanan arah dengan tulang belakang kamu yang bermasalah.

skoliosis dengan dolphin pose
sumber: doyouyoga.com

10. Standing Forward Bend

Forward bend yang dilakukan dengan posisi berdiri. Kamu bisa memvariasikan gerakan ini dengan posisi duduk. Bagi kamu penderita skoliosis arahkan badan berlawanan dengan arah tulang belakang kamu yang bermasalah. Sehingga perlahan demi perlahan diarahkan ke posisi tengah dan keluhan skoliosismu pun dapat dipulihkan sedikit demi sedikit.

yoga baik untuk penderita skoliosis

Demikian 10 gerakan yoga untuk penderita skoliosis yang dapat kamu latih di rumah. Gerakan-gerakan ini dapat membantu memperbaiki posisi tulang belakang sehingga tidak condong ke kiri atau ke kanan tapi lurus. Dengan latihan dan terapi yang konsisten diharapkan tulang belakang dapat pulih.

46 Comments

  1. Dani 26 Januari 2016
    • adelinatampubolon 27 Januari 2016
      • Wien 27 Januari 2016
        • adelinatampubolon 27 Januari 2016
          • monda 30 Januari 2016
          • adelinatampubolon 1 Februari 2016
      • Ola hendriks 27 Januari 2018
        • Adelina 29 Januari 2018
          • Kevin 7 April 2018
          • Adelina 9 April 2018
  2. Safitri Sudarno 26 Januari 2016
    • adelinatampubolon 27 Januari 2016
  3. Ristin 27 Januari 2016
  4. Lia Harahap 27 Januari 2016
    • adelinatampubolon 27 Januari 2016
  5. inayah 27 Januari 2016
    • adelinatampubolon 28 Januari 2016
  6. febridwicahya 28 Januari 2016
    • adelinatampubolon 28 Januari 2016
      • febridwicahya 2 Februari 2016
  7. bersapedahan 28 Januari 2016
  8. monda 30 Januari 2016
    • adelinatampubolon 1 Februari 2016
  9. Tazkia 3 Februari 2016
    • adelinatampubolon 4 Februari 2016
  10. leli 9 Februari 2016
    • adelinatampubolon 10 Februari 2016
  11. Deny 15 Februari 2016
    • adelinatampubolon 15 Februari 2016
  12. Anindya Nugrahesty 12 November 2016
    • Adelina 16 November 2016
      • Heru 6 Februari 2017
        • Adelina 8 Februari 2017
  13. blackpepperspicy 5 Mei 2017
    • Adelina 10 Mei 2017
  14. Dinda 6 Mei 2017
    • Adelina 10 Mei 2017
  15. Noni 24 Oktober 2017
    • Adelina 26 Oktober 2017
  16. neng devi purnamasari 22 Desember 2017
    • Adelina 27 Desember 2017
  17. Vera 27 April 2018
    • Adelina 27 April 2018

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: