Buku Bacaan film

Review Buku Khaled Hosseini

Penulis buku luar yang sangat saya kagumi salah satunya adalah Khaled Hosseini, dan menulis review buku Khaled Hosseini cukup berat untuk saya rangkumkan. Buku Beliau yang sangat terkenal dimana salah satunya pernah dijadikan film yaitu Kite Runner, A Thousand Splendid Suns dan And The Mountains Echoed menjadi buku yang cukup lama saya cari.

Tiga buku dengan judul dan kisah yang berbeda. Berlatar belakang kehidupan di Afganistan dan isi cerita berkisah tentang anak kecil yang berjuang dengan kehidupan yang keras. Hubungan atau ikatan persaudaraan yang terpisah, pertemanan yang retak dikarenakan iri hati. Kemudian hubungan orang tua dan anak yang mana sang Bapak harus memilih anak mana yang diasuh karena faktor kemiskinan dan beratnya kehidupan.

Kisah yang diceritakan di buku karya Khaled Hosseini semua memilukan dan terkait dengan kehidupan di Afganistan pada saat itu.

Cukup sulit bagi saya untuk mereview sebuah buku. Kalaupun saya menulis sinopsi atau rangkuman, pasti buku tersebut sangat istimewa buat saya. Beberapa buku yang pernah saya review diantaranya Tetralogi Pramoedya Ananta Toer dan buku karya Leila S. Chudori yaitu Pulang dan Laut Bercerita.

Khaled Hosseini

Khaled Hosseini lahir di Afganistan pada tanggal 4 Maret 1965, berkebangsaan Amerika Serikat, adalah seorang novelis dan dokter. Ayahnya seorang diplomat dan mereka sekeluarga pindah ke Prancis dan mengambil suaka ke Amerika Serikat.

Dengan latar belakang hidup Khaled Hosseini membuat buku-bukunya kaya akan budaya dan kisah kehidupan di Afganistan, tapi cara menuturkan sangat khas gaya Amerika. Rasanya inilah yang membuat buku Khaled Hosseini sangat laris dan disukai banyak orang.

a-kite-runner-movie-khaled-hosseini

Keseluruhan tiga novel karyanya menjadi buku yang laris, dengan The Kite Runner yang diterbitkan tahun 2003 menduduki daftar buku terlaris selama 101 minggu. Kesuksesan buku The Kite Runner diikuti oleh A Thousand Splendid Suns pada tahun 2007 dan ditutup dengan buku And The Mountains Echoed pada tahun 2013.

wikipedia

Kite Runner

Bercerita tentang kisah seorang anak bernama Amir dan sahabatnya Hasan yang adalah putra pelayan yang bekerja di rumah Amir. Dua anak dengan usia yang hampir sama dan diawal kisah menceritakan persahabatan yang sangat harmonis. Ayah Amir sangat mengasihi Hasan seperti anaknya sendiri. Dan rasa sayang ayahnya membuat Amir iri dengan keberadaan Hasan.

Amir mencoba menyingkirkan Hasan dengan cara menyembunyikan jam kesayangan ayahnya di rumah pondokan Amir. Dan menuduh Hasan telah mencuri jam tersebut. Ayah Amir sangat tidak percaya kalau Hasan mencuri jam tersebut, tapi karena harga diri ayah Hasan dan rasa bersalah karena anaknya dituduh mencuri. Hasan dan ayahnya pun keluar dari rumah Amir.

buku-khaled-hosseini-a-kite-runner

Setelah kepergian Hasan dan ayahnya, cerita berlanjut mengenai kacaunya situasi politik di Afganistan akibat peralihan kekuasaan Pemerintahan Soviet. Yang menyebabkan terjadinya pengungsian besar-besaran warga Afganistan ke Pakistan dan Amerika Serikat.

Buku ini berjudulkan The Kite Runner, menurut saya dikarenakan pada akhir cerita Amir mengenang kisah masa kecil Amir dengan Hasan mengejar layangan di kampung halaman mereka.

Dari ketiga buku Khaled Hosseini, The Kite Runner yang paling berkesan buat saya. Mungkin karena ini buku pertama karya Khaled Hosseini sehingga ekspektasi kita akan sebuah buku tidak terlalu tinggi. Dan kemungkinan kedua karena buku ini dijadikan film dan saya sempat menontonnya sekali di HBO. Pas saya niatin nyari lagi jadwal penanyangan film ini di HBO ternyata sudah tidak keluar lagi hiksss.. sedih. Kesal karena ketika saya menonton film, waktu itu sudah larut malam dan sudah setengah cerita. Jadi kepengen menonton film The Kite Runner dari awal.

A Thousand Splendid Suns

Kisah seorang anak perempuan bernama Mariam. Yang adalah anak haram dari seorang saudagar kaya bernama Jalil. Dimana ibu Mariam adalah mantan pelayan yang bekerja di rumah keluarga Jalil dan diusir keluar kota dikarenakan mempunyai anak diluar nikah. Jalil sendiri sudah memiliki keluarga tapi walaupun ibu Mariam sudah tidak tinggal di rumah Jalil, Jalil masih sering mengunjungi Mariam dengan menceritakan kisah-kisah yang indah mengenai kota Herat tempat tinggal Jalil.

Untuk membuktikan kisah indah yang diceritakan Jalil mengenai kota Herat. Maka Mariam pun nekat meninggalkan ibunya dan pergi ke kota. Tapi apa yang dia temukan ternyata berujung kekecewaan. Mariam sangat menyesal dan ketika kembali ke rumahnya Mariam menemukan ibunya tewas dengan menggantungkan diri.

buku-a-thousand-splendid-suns

Diakhir cerita buku ini menceritakan kisah pilu kehidupan pernikahan Mariam dengan saudagar kaya hasil perjodohan Jalil. Dan bagaimana Mariam berjuang tetap hidup berkat hadirnya Laila yang merupakan sosok mentari surga dalam kehidupan Mariam.

And The Mountains Echoed

Kisah hubungan kakak beradik Abdullah dan Pari dengan ayah bernama Saboor. Saboor yang adalah pria miskin yang berjuang hidup membesarkan anak-anaknya. Dihadapkan kepada pilihan untuk memilih anak mana yang diasuh dan mana yang dilepas untuk diadopsi oleh keluarga lain.

Sebagian besar cerita mengisahkan kehidupan persaudaraan atara Abdullah dan Pari. Ditengah kemiskinan mereka masih dapat mengisi masa kecil mereka dengan kenangan yang menyenangkan. Dan bagaimana perjuangan Saboor melepar Pari anak bungsunya kepada keluarga lain agar kehidupan Pari lebih baik dari dirinya.

buku-khaled-hosseini-and-the-mountains-echoed

Yang pasti saya membaca buku Khaled Hosseini sangat puas, mengharu biru dan emosi pun bergejolak. Mengingatkan kita kembali akan hubungan antar sesama manusia dan nilai-nilai kehidupan.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: