film

Judul Film Netflix Rekomendasi Saya

Banyaknya jenis film yang ditawarkan oleh Netflix, beberapa yang ada dibawah ini adalah judul film yang saya rekomendasikan. Selama masa pandemi Covid 19, aktivitas yang selalu saya lakukan adalah nonton, membaca, memasak dan memperhatikan apa saja yang terjadi di sosial media. Tapi tetap yang menarik dan nga pernah ngebosenin adalah menonton.

Bisa dibilang karena asyiknya saya dengan menonton film, yang ada kerjaan saya nga pernah lepas dari layar hp. Berhubung saya langganannya menggunakan aplikasi di handphone. Jadi kemana-mana hp nga pernah lepas. Lebih simple sich, karena ke kamar mandi pun saya punya waktu untuk nonton. Apalagi kalau sudah mulai masuk dimasa-masa dimana saya sulit tidur. Sehari semalam bisa nonton 2 – 3 judul film.

Saya mencatat ada sekitar 115 judul film yang saya tonton selama masa PSBB. Yang paling saya senang adalah Netfix menyediakan berbagai macam jenis tontonan dengan genre serta budaya yang berbeda. Benar-benar sudah mengalahkan jadwal membaca saya karena asyiknya.

Asyiknya Menonton film di Netflix

Karena saya berlangganan di handphone jadi kapan saja dan dimana tempatnya selalu ada waktu untuk menonton. Film-film tersebut juga menemani saya dikala sulit tidur. Dengan cerita yang menggugah saya merasa dibawa ke situasi film yang ada, sehingga tidak berasa waktu pun berlalu.

Dari dulu saya memang hobi nonton. Tapi makin kesini kegiatan menonton di bioskop itu justru beban buat saya. Suasananya yang hening dan dingin justru membuat saya ketiduran dan sering bolak balik ke kamar mandi. Ya pasti rugi di waktu karena filmnya kepotong dan cerita jadi nga lengkap.

Dengan nonton di layar hp, sewaktu-waktu film bisa dihentikan sejenak, dimaju mundurin dan kecerahan serta volume bisa diatur sesuka hati. Dan saya senang menonton film yang bernuansa negara dengan bahasa yang asing di telinga saya. Jadi merasa berada di negara tersebut dech.

Film Netflix yang saya rekomendasikan

Saya pecinta film dengan genre sejarah, politik, detektif, misteri dan pembunuhan. Jadi bisa dibilang list film yang saya rekomendasikan pun tidak jauh-jauh dari tema tersebut. Saya jarang menulis review atau sinopsis film. Tetapi ada beberap film kuliner dan dokumenter yang pernah saya tulis. Narator dan tokoh dokumenter televisi favorite saya pun pernah saya tulis, saking cintanya saya dengan orang tersebut.

Tapi karena sekarang topiknya mengenai film favorite yang ada di Netfix, berikut ini adalah list film yang saya rekomendasikan:

1. The Red Sea Diving Resort

Film produksi Netflix tahun 2019 menceritakan upaya membebaskan pengungsi Yahudi yang ada di Sudan Afrika. Bagaimana usaha sekelompok spionase atau mata-mata mengubah sebuah resort menyelam menjadi aksi terselubung untuk membebaskan pengungsian.

Saya memilih film ini karena ceritanya diambil dari kisah nyata. Walaupun saya melihat ada cacat dan minus nya dibeberapa hal. Tapi saya tetap ingin merekomendasikan film ini. Pertama karena ceritanya diambil dari kisah nyata dan kedua dikarenakan temanya mengusung nilai politik, sejarah dan upaya pembebasan pengungsi.

Ketika menonton film The Red Sea Diving Resort, saya langsung terhubung dengan film The Last Thing He Wanted. Cerita diawal nya kuat, aktor nya juga keren (Chris Evans vs Anne Hathaway) tapi jalan ceritanya agak nanggung dan kurang greget.

the-red-sea-diving-resort

2. The Darkest Hour

Menonton film ini rasa keingintauan saya akan Winston Churchill menjadi besar. Sering dengar namanya tapi bertanya-tanya sebenarnya apa sich kebijakan yang membuat dia terkenal sepanjang sejarah Britania Raya atau Inggris.

Kalau mau nonton The Darkest Hour ada baiknya secara terpisah menonton Dunkirk juga. Karena kedua kisah di film tersebut saling berhubungan. The Darkest Hour bercerita tentang peran Winston Churchill sebagai perdana menteri dalam menghadapi dilema apakah melanjutkan peperangan atau mengambil aksi damai dengan Nazi Jerman.

Saya senang dengan film ini karena secara tidak langsung saya jadi belajar sejarah. Dan mengetahui bagaimana karakter Churchill yang keras, pemarah dan hobi minum bisa menang dalam parlemen Inggris untuk tidak tunduk pada Jerman. Serta bagaimana cara beliau mengerahkan kapal nelayan dan kapal pribadi untuk menyelamatkan tentara yang terjebak di Dunkirk.

the-darkest-hour

3. The Irishman

Lagi-lagi nama besar Robert De Niro, Al Pacino dan Joe Pesci membuat saya terhipnotis untuk menonton film ini. Dan benar saja, ceritanya tidak mengecewakan. Mengikuti film mafia seperti GodFather, Gangster Squad, Goodfelas, pasti nga mau ketinggalan menonton The Irishman.

The Irishman menceritakan kisah seorang pembunuh bayaran yang telah membunuh politikus dan tokoh serikat pekerja. Serta intrik-intrik dan hubungan dengan kelompok mafia membuat film ini kaya akan nilai. Durasi film cukup panjang yaitu sekitar 3 jam dengan alur cerita flashback. Dimana Robert De Niro berperan sebagai Frank Sheeran dimasa tahun 1970 an bercerita tentang kisah hidupnya menjadi orang kepercayaan dari satu bos mafia ke bos mafia yang lain. Seru sich.

the-irishman

4. A Twelve Year Night

Kisah nyata juga, bercerita tentang 3 orang tahanan politik di Uruguay dimasa rezim Pemerintahan yang diktator. Dimana selama 12 tahun mendekap dan dipindah-pindah dari satu penjara ke penjara yang lain.

Kisah aktivis yang berlawanan arah politik dengan pemerintah saat itu bertahan dan berjuang hidup di penjara selama 12 tahun. Sampai kebijakan politik Uruguay beralih ke Demokrat dan ketiga aktivis ini pun dibebaskan dari penjara.

Entah kenapa saya menonton film ini benar-benar nga bosan. Saya juga cukup kaget dengan reaksi saya menonton film A Twelve year night secara keseluruhan. Karena ceritanya disajikan dengan apa adanya, tidak dilebih-lebihkan atau didramatisir. Perjalanan 12 tahun yang rasanya cukup panjang dan nyaris gila yang membuat saya terkesan dengan cerita di film ini.

a-twelve-year-night

5. The Two Popes

Dari ke-10 film yang saya rekomendasi, menurut saya The Two Popes adalah film favorite saya. Kisah persahabatan 2 bapak pemimpin gereja Katolik, yaitu Paus Fransiskus dan Paus Benediktus XVI. Dimana mereka mendiskusikan sikap gereja menghadapi konflik dalam perubahan dunia dari sisi pandangan masing-masing.

Dialog yang cukup tajam karena adanya perbedaan prinsip antara Paus Benediktus yang konservatif dan Paus Fransiskus yang kritis. Tapi mereka dapat menjembatani perbedaan tersebut dan justru menjadi sahabat karib sampai akhir masa jabatannya.

Diskusi mereka cukup lugas, terbuka dan penuh kasih. Dengan latar belakang gereja Vatican dengan setting halaman, ruang pertemuan dan balkon, seolah saya masuk ke dimensi saat itu. Duduk manis mendengar perbincangan dan diskusi mereka yang sengit. Betapa 2 orang bapak gereja ini sangat humanis dan membumi.

the-two-popes

6. Beasts of No Nation

Saya menonton film ini rasanya koq sedih bangat yach. Seorang anak kecil karena kondisi politik di negaranya harus kehilangan keluarga. Dan terpaksa menjadi tentara perlawanan Nasional Uganda. Agu begitu nama anak dalam film ini terjebak diantara konflik antara tentara milisi sipil dan tentara pemerintah yang membuat dia terpisah dari keluarganya. Dan dia pun selamat dari kekacauan tersebut sedangkan keluarganya mati ditembak didepan matanya sendiri.

Dalam pelarian untuk menyelamatkan diri ini lah dia bertemu dengan sekelompok tentara perlawanan nasional. Dmana dia harus berjuang hidup dengan menjadi satu dari ribuan prajurit anak-anak yang sebagian besar adalah anak yatim piatu.

Film berdurasi 2 jam berkisah tentang nasib anak korban perang yang penuh dengan kekerasan. Diakhir cerita Agu bersama beberapa temannya menyerahkan diri kepada pasukan PBB dan dibawa ke sekolah misionaris. Di sekolah misionaris ini lah Agu menjalani proses rehabilitasi memulihkan trauma perang yang dia alami.

beast-of-no-nation

7. Lost Girls

Film produksi Netflix tahun 2020 bercerita tentang usaha seorang ibu mencari anaknya yang hilang. Kisah nyata dimana sampai saat ini mayat Shannan Gilbert korban anak hilang tidak diketemukan. Dan siapa pelaku nya pun tidak diketahui. Tidak ada petunjuk apapun selain lokasi terakhir kalinya Shannan Gilbert menelephone ibunya.

Di lokasi terakhir kalinya Shannan menelphone ibunya oleh polisi diselidiki dan ditemukan ada 10 bekas tulang belulang yang ternyata tidak satupun milik Shannan. Ditemukannya 10 tulang dan hanya 6 yang terdeteksi siapa korban, membuat keluarga korban bersatu untuk menggerakkan polisi menyelidiki pembunuhan ini lebih serius.

Misteri pembunuhan berantai yang minim petunjuk. Dimana polisi sepertinya pun setengah hati menyelidiki kasus tersebut. Dikarenakan posisi Shannan yang adalah wanita penghibur dan latar belakang keluarga yang berantakan.

lost-girls

8. North Country

Film produksi Netflix yang menceritakan perjuangan seorang wanita yang bekerja di perusahaan tambang yang mayoritas adalah pria. Di perusahaan tambang ini dia mengalami pelecehan seksual dan berjuang menuntut haknya.

Dari beberapa pegawai wanita yang hampir seluruhnya mengalami pelecehan seksual di pabrik tambang. Hanya Josey yang lantang menyuarakan kekesalan dan menuntut perusahaan akan kerugian yang dia tanggung. Justru aksi lantangnya ini membuat dia akhirnya dipecat dari perusahaan. Dengan diwakili pengacara akhirnya Josey mengajukan gugatan nya ke pengadilan.

Pada saat menggugat perkara tidak ada satupun rekan wanita nya yang mau membela ataupun membenarkan kejadian yang membuat posisi Josey sangat lemah.

north-country

9. Gran Torino

Bisa dibilang saya cukup terlambat mengikuti film-film Clint Eastwood. Karena dibenak saya film beliau ini nga jauh dari film jadul dan cowboy. Tapi makin kesini koq saya jadi kagum dan nyari-nyari lagi film yang dimainkan dan disutradari Clint Eastwood. Film seperti The Mule, Sully, American Sniper, Million Dollar Baby, adalah film dengan tema-tema berbeda tapi penuh dengan nilai dan ceritanya dalam. Membuat saya penasaran dan menonton lagi filmnya satu-satu.

Satu yang ingin saya rekomendasikan adalah Gran Torino. Film drama keluarga dimana seorang veteran yang baru kehilangan istri menghadapi konflik dengan keluarga dan tetangga yang berasal dari etnis Hmong.

Seorang veteran keras kepala serta angkuh bisa luluh hatinya dan justru mengorbankan diri nya untuk seorang lelaki belia yang selalu ditindas oleh kelompok anak berandal Hmong.

Grand Torino sendiri adalah mobil klasik kepunyaan Walt Kowalski (Clint Eastwood) yang menjadi incaran dan perebutan. Tapi akhirnya diwariskan kepada seseorang yang tidak diduga sama sekali. Menonton film Gran Torino itu bagi saya hiburan tapi ada pesan moral yang dalam di film ini.

gran-torino

10. The Boy who Harnessed the Wind

9 dari 10 film yang saya rekomendasikan adalah film yang diangkat dari kisah nyata. The boy who harnessed the wind pun diambil dari cerita seorang anak Malawi yang berjuang melawan kelaparan dan ketandusan di daerahnya.

Daerah tempat tinggal William Kamkwamba sangat tergantung pada datangnya hujan. Dimana mata pencaharian utama penduduk disana adalah bertani. Akibat penebangan hutan besar-besaran membuat desa mereka tandus dan kekeringan apalagi menghadapi musim kemarau berkepanjangan.

Ketertarikan Wiliam akan sains membuat dia mengerahkan teman-temannya untuk membuat kincir angin. Yang nantinya kincir angin tersebut dijadikan sumber listrik yang mengalirkan air dari sumur ke kebun atau ladang penduduk.

Ceritanya sederhana, hanya konflik dan perjuangan Wiliam untuk membuat kincir anginlah yang mendominasi isi film ini. Bagaimana dia mengambil ban, jeruji dan onderdil sepeda ayahnya sebagai motor penggerak untuk kincir angin. Sisi keluguan dan kepintaran seorang anak agar desa mereka bebas dari kekeringan menurut saya sangat menginspirasi.

the-boy-who-harnessed-the-wind

Menghabiskan waktu dengan tayangan bermutu

Saya benar-benar dimudahkan mendapatkan tayangan film bermutu berkat Netflix. Pilihan filmnya banyak dan kualitas filmnya pun bagus. Saya pecinta film dokumenter, sebenarnya ada beberapa pilihan film dokumenter yang akan saya tonton dan bisa jadi akan saya review. Salah satu film dokumenter incaran saya yang baru release adalah film Becoming.

Seru, menghabiskan waktu dengan menonton film. Semoga 10 judul film rekomendasi saya juga dapat menghibur teman-teman.

8 Comments

  1. Ai 4 Juni 2020
  2. Alid Abdul 11 Juni 2020
  3. bersapedahan 16 Juni 2020
    • Adelina 16 Juni 2020
  4. bara anggara 19 Juni 2020
    • Adelina 22 Juni 2020

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: