Pose Yoga Yoga

Mencintai Diri Sendiri Melalui Gerakan Yoga

Gerakan Yoga banyak mengajarkan saya untuk lebih mengenal dan mencintai diri sendiri. Pengertian mencintai diri sendiri bukan berarti egois loh yach. Sisi kemanusiaan yang sering sekali berbuat salah, pengalaman traumatis, kehilangan orang yang dikasih dan banyak hal lain yang membuat kita jatuh kedalam perasaan mengasihani diri sendiri. Dengan belajar mencintai diri sendiri, kita lebih menerima dan menghargai bahwa kita punya kelemahan dan kekurangan.

Setelah melewati masa di rumah saja yang cukup panjang, dengan pergulatan mau kemana dan apa yang terjadi besok. Sampai lupa merawat dan menghargai diri.

Saya diingatkan kembali untuk melihat lebih dalam kepada diri sendiri, ini loh saya. Saya yang dulu penuh semangat dan enerjik, penuh antusias melihat kedepan. Saya harus membangkitkan energi itu kembali bersemangat bagaimanapun caranya.

Dimasa-masa tidak menentu tersebut saya mulai bangkit dan mencoba berlatih gerakan yoga yang saya ingat. Dikarenakan PSBB ini, membuat kita melewatkan masa-masa latihan bersama teman. Pastinya energi dan semangatnya berbeda jika kita berlatih bersama. Ada yang mengoreksi dan mengingkatkan kita untuk melakukan gerakan lebih benar. Jadi perlu semangat ekstra untuk membuat kita tetap bersemangat berolahraga ataupun yoga.

Chair Pose

Gerakan Chair pose mengajarkan saya untuk berlatih kesabaran. Posisi badan berdiri tegak, dengan tangan keatas dibelakang telinga. Kemudian kaki ditekuk 3/4, badan condong kedepan dan tahan diposisi ini 5 nafas atau satu menit.

Berdiri dalam posisi chair pose dan tarik serta buang nafas yang dalam, saya diajarkan melihat mata hati lebih dalam. Menilik sejauh mana kesabaran saya menuntaskan satu gerakan lebih lama. Sepanjang sesi chair pose pasti ada godaan untuk segera menuntaskan gerakan lebih cepat. Bagaimana saya mengontrol pikiran saya untuk tetap tenang.

chair-pose
Chair Pose Yoga Journal

Bow Pose

Bow Pose mengajarkan saya untuk tetap teguh bertahan di kala kondisi sulit. Gerakan backbend, salah satunya bow pose adalah gerakan yang sulit buat saya. Karena kondisi punggung saya yang bungkuk membuat gerakan-gerakan yang berhubungan dengan tulang belakang menjadi pekerjaan berat buat saya.

Ada kalanya ditengah gerakan bow pose saya ingin menyerah, karena saya benar-benar tidak senang dengan gerakan ini. Tapi saya akan bangga setengah mati jika saya bisa menyelesaikan gerakan ini dengan baik dan waktu yang lama.

Cara saya untuk dapat melewati gerakan bow pose adalah fokus pada nafas. Jika saya mengalihkan perhatian kepada nafas dan bukan rasa sakit, maka perlahan-lahan kita akan lupa dengan kesulitan dan penderitaan yang sedang kita alami.

bow-pose

Downward Facing Dog Pose

Gerakan downward facing dog pose yang ada dibawah adalah beberapa variasi dari gerakan dog pose. Dinamakan gerakan downward dog pose karena semua gerakan-gerakan sejenis ini memungkinkan posisi badan keatas selalu menengadah kebawah. Seperti layaknya anjing yang setia, posisi tubuh dibagian perut keatas selalu dibawah.

Kita diajarkan untuk selalu rendah hati, humble dan melayani. Saya diajarkan untuk tunduk pada otoritas, menerima dengan hati yang lapang atas apa yang terjadi dalam hidup. Terbuka untuk masukan dan pendapat dari orang lain. Kadang kala pada posisi ini badan tetap di bawah tapi pundak dan dada tidak terbuka dengan bebas. Yang ada badan menjadi berat dan lelah ketika berlatih gerakan ini.

Dengan variasi mengangkat salah satu kaki keatas membuat badan terasa ringan dan melayang. Melepaskan semua pergulatan dan beban hidup keatas, membantu kita untuk tetap hidup dan bergairah.

downward-facing-dog-pose

Pigeon Pose

Saya selalu tertegun jika mengamati posisi pigeon pose. Gerakan ini terlihat cantik dan anggun. Walaupun badan mendongak keatas tapi melengkung dan condong kebelakang. Dibutuhkan keluwesan badan yang tinggi, dengan pundak dan dada yang terbuka. Memungkinkan tulang belakang dapat dijatuhkan sejauh mungkin kebelakang.

Filosofi merpati memang sangat cocok dengan gerakan ini. Terlihat angkuh tapi elegan dan murni. Belajar mencintai diri sendiri dapat dipelajari dari gerakan yoga terutama melalui pigeon pose. Ada kalanya kita terlihat jinak dan lemah tapi penampilan harus tetap luwes dan elegan.

pigeon-pose

Side Plank Pose

Plank pose adalah gerakan yang membutuhkan stamina yang kuat. Side plank pose adalah variasi dari plank pose. Pose ini mengajarkan saya untuk menantang diri sendiri melampui batas kemampuan kita.

Ada kalanya kita terlalu biasa dengan kondisi normal kita. Yang ada perasaan jenuh, bosan dan tidak bergairah pasti akan menyelimuti perasaan. Perlu variasi dan moment menantang yang memaksa kita keluar dari zona nyaman.

Dan saya cukup berbahagia menemukan sahabat, mentor dan keluarga yang memicu saya untuk berani mengambil posisi-posisi sulit. Disaat itu lah kita belajar mengukur batas kemampuan kita apakah bisa melewatinya atau tidak.

belajar-mencintai-diri-sendiri-dengan-gerakan-side-plank-pose

Mengenal Diri Sendiri melalui Yoga

Hal yang membuat saya sampai hari ini tetap tekun dengan olahraga yoga adalah saya belajar lebih mengenal dan mencintai diri saya sendiri. Setiap gerakan dan pose mempunyai filosofi yang sudah teruji berabad-abad.

Pengenalan akan masing-masing anggota tubuh sampai bagian terkecil dari unsur hidup yaitu seperti cara bernafas yang benar pun diajarkan sedemikian rupa. Dengan menghirup nafas yang benar dapat memperbaiki peredaran darah dan kinerja organ tubuh.

Dengan filosofi tersebut kita belajar mengenal tubuh dan bagaimana mempergunakan nya dengan baik. Jika pengenalan tersebut sudah benar maka sudah pasti kita lebih mencitai dan menghargai diri sendiri dan juga lebih peduli terhadap sesama atau orang lain.

4 Comments

  1. rynari 25 Juni 2020
    • Adelina 26 Juni 2020
  2. bersapedahan 8 Juli 2020
    • Adelina 9 Juli 2020

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: