Hidup Sehat

Mencari Rujukan PCR Test terdekat melalui aplikasi Halodoc

Rasanya baru kemaren saya mengikuti Rapid Test dan sekarang diperkenalkan lagi dengan yang namanya PCR test. Ternyata mencari rujukan untuk PCR test terdekat dengan tempat saya tinggal menjadi mudah melalui aplikasi Halodoc.

Dimasa pandemi Covid 19 ini wajar kalau kita merasa ekstra cemas dan kuatir dengan kesehatan. Secara protokol kesehatan bisa saja kita sudah melakukan semua yang dianjurkan. Tapi karena untuk banyak alasan kita masih harus keluar rumah. Apakah itu bekerja dan membeli keperluan hari-hari, membuat kita secara langsung atau tidak langsung pasti bersentuhan dengan dunia luar.

Kalau sebelumnya kita sudah dibekali dengan pengetahuan mengenai cara memperkuat imun tubuh secara alami. Tapi tidak ada salahnya untuk memperlengkapi diri dengan asupan gizi dari luar serta menjalankan beberapa test yang dianjurkan, agar memastikan kita dijauhkan dari yang namanya penyakit terlebih lagi Covid 19.

Rapid Test

Ada 2 cara untuk mendeteksi diri dari Virus Corona yaitu Rapid Test dan PCR (Polymerase Chain Reaction) Swab Test. Kedua cara tersebut dibedakan dari cara pengambilan test dan lama pengujian.

Rapid Test sifatnya berupa screening masal melalui sampel darah seperti menguji golongan darah. Sampel darah diuji dengan menggunakan kit seperti kit pengujian kehamilan lalu hasilnya pun keluar dalam hitungan menit.

Karena sifatnya screening maka perlu pengujian berkala dalam jangka waktu tertentu untuk memastikan kita benar-benar bebas dari Corona. Dimana di kantor saya pun, dokter yang khusus melakukan test datang berkali-kali, secara bergantian karyawan diuji setiap 10 hari bergiliran.

PCR test

Metode PCR dilakukan dengan melakukan sampel swap. Alat semacam cotton bud dimasukkan ke tenggorokan untuk mengambil spesimen kelenjer dahak atau lendir yang kemudian diuji di Laboratorium. Pengujian ini membutuhkan waktu 2-7 hari.

Belakang ini saya sedang mempertimbangkan perlunya saya menjalankan PCR test. Secara saya cukup rutin di test melalui Rapid. Dikarenakan saya harus keluar rumah setiap hari dan di rumah ada ibu saya yang berusia lanjut. Membuat saya mulai cemas, kalau sewaktu-waktu saya menjadi carrier buat Beliau.

Kebetulan seorang teman menganjurkan saya untuk mencari rujukan dokter spesialis PCR test melalui aplikasi Halodoc. Sebelumnya saya sudah pernah mengunduh aplikasi ini untuk berkonsultasi mengenai penyakit yang saya alami. Diawal tahun 2020, saya didiagnosa terkena tumor jinak di payudara. Dan saat itu saya merasakan benjolan sebesar kelereng di payudara kanan.

Konsultasi dokter di Halodoc saat itu sangat cepat dan mudah. Dokter yang melayani saya sangat ramah dan merespon semua pertanyaan saya dengan sangat jelas. Dari bekal konsultasi tersebut saya akhirnya punya keberanian untuk menjalankan test ke Rumah Sakit dan langsung cepat ditangani. Sampai akhirnya benjolan tersebut dapat diambil dan syukurnya saya sudah tidak mengalami keluhan lagi di payudara saya.

Mencari Dokter Spesialis PCR Test

Tadinya saya pikir aplikasi ini hanya melayani konsultasi dokter dan permintaan resep obat. Ternyata saya salah dong. Menurut anjuran teman, saya dapat mencari rujukan dokter spesialis PCR test terdekat dengan tempat saya tinggal.

Nga mau lama-lama, saya pun masuk ke aplikasi dan mencari lokasi area pelayanan terdekat untuk dibuat janji pertemuan. Doakan saya semoga hasilnya baik yach. Hehehehe..

mencari-rujukan-dokter-spesialis-pcr-test

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: