Pose Yoga Yoga

Gerakan Yoga di Pantai Gili Trawangan

Gerakan Yoga di Pantai Gili Trawangan menjadi satu dari sekian banyaknya kegiatan yang saya lakukan selama berjalan-jalan disana. Selain menikmati pemandangan ketika berlibur saya selalu menyempatkan waktu untuk mengambil sesi foto yoga dimana pun saya berada. Senang aja sama hasilnya, dengan background pemandangan pasti hasilnya lebih oke ditambah outfit yang menunjang.

Jadi tidak ada alasan kalau liburan tidak bisa olahraga loh yach. Justru sambil berlibur kita dapat berlatih yoga ataupun olahraga lainnya. Saya pernah berlibur dengan sekelompok keluarga ketika pergi di Raja Ampat. Seorang bapak cukup berumur tapi fit setiap hari selalu menyempatkan diri jogging menyisir pantai berbarengan dengan saya yang asyik mencari objek foto sunrise. Setelah melihat si Bapak, saya jadi semangat untuk menyempatkan diri saya berolahraga dimanapun saya pergi.

Yang pasti kalau sedang bepergian dengan membawa peralatan yang memadai kita, oleh karena itu usahakan melakukan gerakan yoga yang sederhana saja. Gerakan yoga yang bisa dilakukan di pantai, antara lain:

1. Warrior 3

Gerakan ini menjadi favorit saya. Disetiap kesempatan gerakan Warrior 3 selalu menjadi objek foto yoga saya. Dikarenakan gerakan ini sangat mudah, sederhana dan dapat dilakukan dimana saja.

Posisi badan berdiri tegak, kemudian turunkan badan beserta tangan kearah depan dengan sekaligus mengangkat kaki kebelakang. Sehingga dari ujung tangan sampai kaki berbentuk garis lurus.

Tahan posisi ini selama satu menit kemudian berganti kaki. Gerakan ini berfungsi sebagai balancing atau keseimbangan dan fokus.

gerakan-yoga-warrior-3-di-pantai-gili-trawangan

2. The Lord of Dance Pose

Lanjutan dari Warrior 3, yang mana tangan yang tadinya didepan perlahan-lahan dipindah ke pergelangan kaki. Jika ingin gerakan lebih lanjut, posisi kedua tangan mencengkeram pergelangan tangan dan kaki diangkat lebih tinggi keatas. Sehingga berbentuk lengkung yang membulat.

the-lord-of-dance-pose-yoga-di-pantai

3. Wheel Pose

Wheel pose atau kayang adalah gerakan yang sangat indah. Dan sangat bagus jika difoto dengan background pantai. Kita dapat memulai kayang dari posisi rebahan/tidur atau dari berdiri. Tahapan wheel pose pernah saya tulis disini.

Untuk gerakan wheel pose lebih lanjut, kita dapat mengangkat salah satu kaki seperti foto dibawah. Selain menguatkan punggung, dengan mengangkat kaki membuat kaki menjadi stretch.

cantiknya-gerakan-wheel-pose-di-gili-trawangan

4. High Lunge

Gerakan high lunge baik dilakukan pada saat berjalan-jalan, apalagi kalau kaki pegal. Kaki dibuka selebar mungkin, jari-jari kaki depan menghadap kedepan, sedangkan kaki belakang posisi diputar 45 derajat sebagai kuda-kuda biar badan tidak goyang. Kemudian lutut kaki depan ditekuk, badan dicondongkan kedepan.

Agar berat badan tidak jatuh kedepan makan angkat tangan setinggi mungkin sehingga beban bergeser kebelakang dan tidak bertumpu ke lutut. Lakukan bergantian dengan kaki yang satu.

Jika kaki pegal karena berjalan jauh akibat bepergian, dengan stretchingan seperti ini memungkinkan kaki lebih rileks dan tidak lelah.

pose-high-lunge-di-pantai

5. Extended Side Angle Pose

Lanjutan dari high lunge, posisi badan sama dengan high lunge maka sekarang tangan yang searah dengan kaki depan ditaruh mendekati kaki, sedangkan tangan yang satu lagi dinaikkan lurus keatas. Tahan gerakan ini satu menit kemudian berganti dengan tangan satu nya lagi.

Gerakan ini juga sama dengan high lunge. Untuk badan, kaki dan tangan lelah demgan gerakan ini dapat membantu agar tubuh rileks.

extended-side-angle-pose

6. Extended Hand-to-Big-Toe Pose

Jika the lord of dance kaki ditekuk kebelakang, extended hand to big toe kaki diangkat setinggi mungkin dari samping. Gerakan ini berfungsi agar peredaran darah dapat mengalir dengan lancar dan tidak menumpuk dibawah kaki. Juga baik untuk menguatkan kaki biar perjalanan jauh menjadi lebih ringan.

Selain untuk menguatkan kaki, gerakan extended hand to big toe ini juga berfungsi untuk balacing dan fokus.

pose-extended-hand-to-big-toe-pose-di-gili-trawangan

7. Headstand

Pose andalan saya yaitu headstand. Cantik bangat kalau berpose gaya ini dimanapun backgroundnya. Pose yang kegunaannya banyak, sebagai pose anti gravitasi. Pose ini membalikkan semua sirkulasi darah, sehingga peredaran darah dan kerja jantung menjadi kuat. Hanya saja bagi penderita lemah jantung gerakan ini tidak disarankan.

Dari beberapa variasai headstand saya hanya menguasai headstand B dan C. Sedangkan headstand A bertahun-tahun latihan tetap aja nga bisa bertahan lama untuk stabil. Perbedaan type headstand berada pada posisi tangan. Tapi yang pasti topangan tubuh berada di kepala. Kemudian dibantu dengan tangan. Dimana posisi tangan tripod, ditekuk atau dibuka kesamping menentukan titik fokus dibagian mana kita kuat.

headstand-pose-yoga-favorite-di-pantai

Melihat pose gerakan yoga diatas jadi kangen kan yach kapan lagi membuat foto sesi gerakan yoga di pantai seperti pantai gili trawangan dihalaman ini.

6 Comments

  1. bersapedahan 30 Juli 2020
    • Adelina 3 Agustus 2020
  2. Alris 5 Agustus 2020
    • Adelina 5 Agustus 2020
  3. bara anggara 1 September 2020
    • Adelina 7 September 2020

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: