Pose Yoga Yoga

Gerakan Dolphin Pose atau Ardha Pincha Mayurasana

Salah satu pose untuk memperkuat lengan adalah dengan melakukan gerakan dolphin pose. Saya yang terlahir dengan bentuk tangan yang besar membuat saya harus berjuang untuk membuat lengan saya lebih kecil. Guru saya menganjurkan saya untuk melakukan gerakan-gerakan seperti plank pose, chaturanga, side plank pose dan dolphin pose.

Kalau keempat gerakan diatas pernah saya bahas di halaman sebelumnya. Kali ini saya hanya fokus kepada gerakan Dolphin pose atau Ardha Pincha Mayurasana. Dolphin pose selain berfungsi untuk memperkuat otot lengan, juga membentuk kaki dan membuka bahu. Perlunya bahu terbuka atau membusung adalah agar posisi badan kita tegak dan tulang belakang kita secara otomatis lurus.

memperkuat-otot-dengan-dolphine-pose
Ardha Pincha Mayurasana diambil disini

Tahapan Berlatih Gerakan Dolphin Pose

Posisi badan tengkurap menghadap matras kemudian siapkan badan seperti hendak berlatih down-ward facing dog pose. Dimana bahu ditaruh diatas pergelangan tangan diatas kepala. Posisi tangan mengepal dan bahu terbuka.

Kaki perlahan dimajukan kedepan, sehingga badan jika dilihat dari samping berbentuk segitiga. Berbeda dengan gerakan down-ward facing dog yang mana tangan lurus. Sedangkan dolphin pose siku tangan ditekuk dan menempel di matras.

Variasai Gerakan Dolphin

Jika gerakan Dolphine dilakukan dalam gerakan satu pose. Berarti kita hanya berlatih dengan menahan pose satu nafas dalam posisi yang sama. Tapi jika dalam satu sesi gerakan yoga di kelas, kita dapat memvariasikan gerakan ardha picha ini dengan gerakan plank pose sebagai bagian dari push up yoga.

Jika di pusat kebugaran push up adalah gerakan repetisi naik turun badan dengan memainkan lengan atas. Kalau dalam gerakan yoga push up itu adalah kombinasi plank pose dan dolphin pose.

Jadi bisa dilihat di foto bawah, gerakan dolphin jarak antara kaki dan tangan agak jauh. Berbeda dengan dolphin pose pada foto diatas. Karena gerakan satu pose satu nafas maka untuk mempermudah gerakan maka jarak kaki dengan tangan berjauhan.

Berlatih dengan memvariasikan gerakan dolphin dan plank efek ditangan lebih berasa lengan kencang. Jika saya disuruh memilih antara push up biasa dengan push up yoga saya lebih senang dengan gerakan push up yoga. Karena gerakan ini lebih pelan dan berirama.

gerakan-dolphin-pose-untuk-memperkuat-lengan

plank-pose-sebagai-lanjutan-dari-dolphine-pose

6 Comments

  1. Avant Garde 11 Juli 2020
    • Adelina 15 Juli 2020
  2. bersapedahan 30 Juli 2020
    • Adelina 3 Agustus 2020

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: