Yoga untuk Penderita Skoliosis

Sebenarnya sudah agak lama saya pengen menulis tentang gerakan yoga untuk penderita skoliosis. Hanya saja saya merasa pengenalan saya akan penyakit ini tidak terlalu dalam. Dan disekitar saya tidak ada yang menderita penyakit skoliosi untuk dijadikan contoh. Bukti bahwa dengan melakukan gerakan Yoga mereka lambat laun sembuh dari penyakit mereka.

Beberapa kali menulis perihal yoga, kebanyakan yang saya tulis tentang meningkatkan stamina dan kebugaran dengan Yoga. Hampir jarang saya menulis sesuatu tentang bagaimana Yoga dapat menjadi terapi atau bagian dari penyembuhan suatu penyakit. Kemudian yang membuat saya merasa harus menulis tentang skoliosis ketika beberapa teman menanyakan kalau sakit ini atau itu bisa nga yach disembuhkan dengan Yoga?

Pada dasarnya Yoga sendiri adalah gerakan melatih dan mengaktifkan seluruh anggota tubuh. Yang mana kalau semuanya dilakukan dengan benar dan rutin akan membuat tubuh menjadi sehat. Hormon bekerja dengan baik, jantung dan paru-paru kuat dan peredaran darah lancar.

Dari beberapa sumber yang saya baca mengenai penyebab skoliosis itu sendiri sebenarnya tidak banyak yang mengetahui apa penyebabnya. Dan jenisnya pun beragam berdasarkan kemiringan. Jika semakin miring lekukannya maka ada baiknya dilakukan operasi dan fisioterapi.

Mungkin untuk hal ini saya tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai penyakit dan penanganannya karena terus terang itu bukan bidangnya saya. Hanya saja yang bisa saya bantu adalah bagaimana cara meminimalis ketidak seimbangan tulang belakang tersebut  dengan melakukan Yoga.

Infographic dibawah ini mungkin akan dapat membantu teman-teman yang membutuhkan gerakan apa saja yang perlu dilakukan untuk mengoreksi tulang belakang akibat skoliosis. Gerakan-gerakan yang ada dibawah ini semuanya sangat sederhana. Dan ketika melakukan usahakan perhatian dan fokus diarahkan ketulang belakang.

Berikut ini beberapa gerakan yoga untuk penderita skoliosis.

Gerakan yoga berikut ini dapat mengurangi dan mencegah kondisi tulang belakang menjadi lebih buruk. Diperlukan latihan yang rutin dan gerakan ini adalah gerakan sederhana. Dimana dapat dilakukan dimanapun.

Pada setiap gambar terdapat keterangan langkah-langkah atau step untuk melakukan gerakan. Dan yang pasti bagi penderita skoliosis, diawal gerakan teman-teman dapat merasakan efek apa yang paling dirasa. Jika kamu punya skoliosis yang parah diarah kanan, maka ada baiknya gerakan diperbanyak kearah kiri. Begitu juga sebaliknya. Sehingga dengan gerakan ini kita membalikkan arah kecenderungan skoliosisnya.

Semoga dengan gerakan Yoga untuk penderita Skoliosis, dapat menolong teman-teman yang mengalami keluhan pada tulang belakang khususnya skoliosis. Dan saran saya ada baiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan terapis atau dokter langganan. Karena merekalah yang paling tau kondisi tulang belakang kamu seperti apa.

1. Bridge Pose.

yoga untuk penderita skoliosis 11

2. Child Pose.

yoga untuk penderita skoliosis 9

3. Cat Pose.

yoga untuk penderita skoliosis 10

4. Cow Pose.

yoga untuk penderita skoliosis 7

5. Eagle Pose

yoga untuk penderita skoliosis 5

6. Extended Triangle Pose.

yoga untuk penderita skoliosis 4

7. Head to Knee Forward Bend.

yoga untuk penderita skoliosis 3

8. Puppy Pose.

yoga untuk penderita skoliosis 2

9. Dolphi Pose.

yoga untuk penderita skoliosis 6

10. Standing Forward Bend.

yoga untuk penderita skoliosis 1

46 Replies to “Yoga untuk Penderita Skoliosis”

          1. Khusus untuk skoliosis aku juga belum nemu Kevin. Adanya juga therapy gitu. Gerakan-gerakan yang ada disini banyakan kearah pencegahan ataupun perawatan agar skoliosisnya nga tambah parah.

    1. Kamu tau nya setelah ngecek dokter gitu yach. Trus dokter bilang apa? kalau melakukannya fokuskan dan arahkan kekebalikan dari skoliosisnya yach Safitri. misalnya s kamu kekiri, kamu latih perlahan-lahan kearah yang berlawanan buat menoreksi posisi tulang belakangnya.

    1. Skoliasis itu kadang bisa dilihat dari tampilan bentuk tulang belakangnya lia. Tapi kalau mau akurat sich harus cek ke dokter.

      Ada lia dan banyak. kalau di youtube kamu bisa lihat david swenson dan kino macgregor mereka banyak dech ngasih step buat beginner. selamat mencoba yach Lia.

      1. Maunya sih gitu mbak ._. tapi semua gerakanku kayaknya sering ketahan lemak deh :’ ada nggak mbak gerak Yoga dari yang paling ringan, terus ke medium, habis itu sulit? biar ini lemak nggak kaget wkwkwk

  1. Terimakasih kaaa untuk gerakan yoganya, aku skoliosis dan mau nyoba cari alternatif yoga. Kira-kira ini dilakukan seminggu berapa kali ya?

  2. itu ilustrasi bikinan sendiri kak ? aku suka sekalii.
    kalau bahas soal skoliosis aku jadi inget kak indi sugar yang punya buku ‘waktu sama mika’

    1. ilustrasinya dikasih ama teman, aku nga tau dia dapat darimana? pas mau nyamtumin sumber bingung dech hehehe. karena kamu ngomongin indi sugar aku jadi nyari di internet dong hehehe, bagus yach ilustrasinya waktu aku sama mika.

  3. Lin, ini cocok banget buat aku. Skoliosisku menurut diagnosa dokter kemiringannya sudah parah, lebih dari 50 derajat periksa terakhir 3 tahun lalu.Ketahuan kalau tulang belakang bengkok ke kiri sekitar tahun 2001, trus periksa ternyata sudah miring banyak. Nah, disarankan operasi trus dikasih pen biar tulang bisa lurus lagi. Akunya ga mau. Akhirnya terapi dengan berenang rutin. Lumayan meskipun ga bakalan balik ke bentuk semula, tetapi bisa menjaga postur tubuh. Nah, aku sebulanan ini sudah rutin Yoga ngikutin yang dari Youtube. Lihat yang kamu posting ini jadinya pengen coba.Thanks for sharing ya Lin.

  4. Makasih banyak post nya bermanfaat bgt, kebetulan aku skoliosis tapi ga sadar. Lumayan entenglah waktu dipraktekin meski banyak pose2 yg berakhir dg ga kuat kaya eagle pose waktu tumpuan kaki kanan, head to knee dll. Tp suka sekali. Terimakasih banyak sekali lg ?

    1. Terima kasih banyak loh buat commentnya. Dan senang kalau mbak mencoba gerakan yang ada di tulisan ini. Untuk eagle pose ini gerakan yang lumayan sulit tapi bukan berarti tidak bisa dicoba. Justru semakin rajin mencoba walaupun diawal sulit nantinya pasti bisa. Jadi aku tetap mendorong mbak untuk berlatih lebih rajin agar keluhan skoliosis nya berkurang. Semangat yach dan tetap rutin berlatih.

    1. kamu bisa coba yoga di taman terbuka seperti taman menteng, suropati dan tebet. Disana kamu bakal ketemu guru-guru yang bisa kamu tanyai mengenai keluhan penyakit dan kelas yang mereka punya.

    1. saya tidak punya teman pengajar yoga di area Medan. Menurut saya ada baiknya survey ke beberapa studio yoga yang ada disekitar area tempat tinggal dan kemudian bisa nanya-nanya ke pengajarnya yang punya keahlian khusus dibidang skoliosis.

      semoga membantu.

  5. Saya selama ini menyadari kl tulang punggung saya memang agak miring dan ketika saya berdiri atau beraktivitas kadang memang bisa terasa kl postur tubuh saya agak miring bahkan kl berjalan cenderung makin lama makin miring ke samping (susah utk mempertahankan supaya jalannya lurus). Dan ketika saya mengikuti kelas yoga, gurunya jg bilang kl tulang punggung saya miring dan saya ada skoliosisnya. Tapi ketika saya menanyakan harus bagaimana gurunya tidak memberikan saran atau menganjurkan gerakan2 yoga, hanya bertanya apakah sudah cek ke dokter? Sungguh stress dan kepikiran banget karenanya 😐. Kemudian saya mencoba utk browsing dan menemukan artikel ini.

    Apakah saya bisa langsung mempraktekkan gerakan2 ini misalnya dengan meminta guru yoga nya utk mengajari saya gerakan yg ada di artikel ini? Atau harus cek dokter dulu baru boleh dipraktekkan?

    Selain yoga, apakah bisa ditambah dengan kesadaran utk selalu menjaga postur tubuh tetap tegak dan tidak miring dalam beraktivitas? Apakah hal ini akan membantu?

    Biasakah skoliosis disembuhkan? Dan adakah efeknya ketika sudah tua nanti?

    Terima kasih…..

    1. Pada dasarnya gerakan yoga ataupun olahraga lainnya pada umumnya sangat berguna untuk mengaktifkan semua anggota tubuh. Hanya untuk jenis-jenis penyakit tertentu dapat diperbaiki dengan melakukan gerakan yoga. Untuk kasus skoliosis saya menganjurkan Vera untuk melakukan tes atau pengecekan terlebih dahulu ke dokter spesialis tulang. Karena masing-masing tubuh/orang memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing. Dengan melakukan tes akan terlihat posisi tulang belakang Vera seperti apa? Setelah melakukan tes, maka akan ada penanganan berupa terapi.

      Gerakan-gerakan yoga yang saya utarakan disini sifatnya umum, berlaku untuk semua orang dan lebih kearah maintance agar posisi tulang belakang tetap pada kondisi normal. Jangan takut untuk mencari dan menemukan dokter ahli tulang disekitar area Vera. Karena semakin cepat penanganan, semakin cepat membaiknya kondisi Vera nantinya. Semoga jawaban saya dapat membantu Vera.

Tinggalkan Balasan