Twist Yoga Pose untuk Detox Tubuh

Ada begitu banyak alasan kenapa kita harus melakukan twist yoga pose salah satu nya adalah untuk detox atau membersihkan racun di dalam tubuh. Pada dasarnya gerakan-gerakan yoga bertujuan mengaktifkan energi panas didalam tubuh, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan secara otomatis racun atau kotoran yang menempel dan menyelubungi peredaran darah menjadi bersih.

Hanya saja ada beberapa bagian anggota tubuh yang jarang menjadi perhatian kita. Semisalnya organ-organ dalam, area disekitar perut, sayap disekitar ketiak dan punggung yang jika kita melakukan gerakan olahraga biasa tidak terkena efek dari gerakan keseluruhan.

Twist yoga umumnya dilakukan diakhir gerakan, sebagai bagian penutup atau pendinginan. Setelah latihan dengan ritme cepat dan gerakan berat semisal suryanamaskara yang membakar dan mengaktifkan kerja jantung. Kemudian dilanjut dengan twisting sebagai gerakan lambat dan pelan.

Adapun gerakan Twist Yoga antara lain:

Lord of the Fishes Pose – Adha Matsyendrasana

Posisi badan duduk dengan kaki disilang dimana kaki kanan menumpuk kaki kiri. Kaki yang posisinya diatas lututnya ditegakkan seperti pada gambar. Jika kaki kanan diatas maka posisi badan dimiringkan kearah kiri. Sehingga posisi tulang belakang twist ke kiri. Area tubuh dari perut keatas akan digerak-gerakan dan organ bagian dalam secara otomatis diremas. Tahan posisi ini dalam waktu satu menit dengan nafas yoga atau pranayama. Kemudian berganti dengan posisi kebalikannya.

Posisi tulang belakang lurus dan tegak. Pandangan mata sejauh mungkin kebelakang, dengan leher stretch. Kemudian badan dicondongkan ke kiri atau ke kanan, memungkinkan tulang belakang diremas dan digerak-gerakan. Otot-otot perut ketarik dan memanjang kearah dimana badan dicondongkan, sehingga organ-organ dalam pun ikut ditarik.

Eagle Pose

Eagle Pose selain untuk gerakan twist juga bermanfaay sebagai balancing. Ketika berlatih gerakan ini selain kaki dan tangan diliuk dan ditarik, dengan posisi salah satu kaki berdiri memungkinkan keseimbangan kita pun harus terjaga.

Keterangan lebih lanjut mengenai balancing pose dapat dibaca pada artikel berikut ini.

Parivrtta Parsvakonasana

Atau dikenal dengan istilah Revolved Side Angle Pose, memungkinkan punggung dan tulang belakang twist. Gerakan awal dimulai dari kaki kanan didepan dan lutut ditekuk. Badan condong kedepan dengan tangan kiri ditaruh dibagian luar kaki yang ditekuk. Tangan kanan di stretch keatas dan lurus dengan arah kaki kiri. Sehingga bentuknya seperti yang ada di foto atas.

Selain kaki kita menjadi kuat, tulang punggung yang ketarik dan panjang mengikuti arah tangan membuat organ-organ disekitar perut pun twist. Saya sangat menyukai gerakan ini. Membuat badan saya lentur dan terasa ringan.

Jathara Parivartanasana

www.yogajournal.com

Posisi badan seperti ini sangat sederhana tapi mempunyai banyak kegunaan. Gerakan ini bermanfaat untuk penderita sulit tidur atau insomnia. Badan dibuat rileks dan ritme tubuh diperlambat. Dengan gerakan jathara parivartanasana disertai nafas yoga membuat tubuh, pikiran dan mental kita tenang.

Maka gerakan ini sangat dianjurkan dilakukan diatas kasur pada saat tubuh kita bersiap hendak tidur.

Marichyasana

Marichyasana memiliki 3 macam gerakan. Yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah gerakan marichyasana III seperti pada foto diatas. Dimulai dari posisi badan duduk. Kaki diluruskan kedepan, kemudian kaki kanan ditekuk mendekat dada. Kemudian posisi badan dicondongkan berlawanan arah kaki ditekuk sampai badan condong kebelakang.

Posisi perut ditekan kedalam dan dada dibuka lebar kebelakang. Tangan kanan menumpu berat badan dan posisinya menjauhi tubuh sehingga tulang belakang stretch .

Dengan gerakan twist yoga diatas, selain membuat tubuh dikencangkan juga berfungsi membuang racun atau detox buat tubuh kita.

6 Replies to “Twist Yoga Pose untuk Detox Tubuh”

  1. Saya harus mempelajari gerakan pose twist yoga ini nih, mba. Berasa badan sirkulasi darahnya kurang lancar. Harus belajar pelan, secara badan sudah mulai agak kaku 🙂

Tinggalkan Balasan