Sejarah dan Latar Belakang Yoga

Karena saya akan sering membahas mengenai Yoga, adalah lebih baik buat saya pribadi merangkum dan mengutarakan sejarah dan latar belakang yoga sebagai pendahuluan. Seperti orang tua kita dulu pernah berkata “tak kenal maka tak sayang”. Oleh karena itu perlu sebelum bercerita panjang dan lebar mengenai yoga adalah lebih baik kita mengenal asal kata dan sejarah dari yoga itu sendiri.

Sejarah Yoga.

Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman/Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yaitu penghentian gerak pikiran.

Sastra Yogasutra yang ditulis oleh Maharsi Patanjali, yang terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194 sutra. Bagian pertama disebut: Samadhipada, sedangkan bagian kedua disebut: Sadhanapada, bagian ketiga disebut: Vibhutipada, dan yang terakhir disebut: Kailvalyapada.

 

Asal Kata dan Latar Belakang Yoga.

Yoga (Aksara Dewanagari योग) berasal dari bahasa Sanskerta (योग) berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”.

Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.
Orang yang melakukan tapa yoga disebut yogis, yogin bagi praktisi pria dan yogini bagi praktisi wanita.

Sastra Hindu yang memuat ajaran Yoga, diantaranya adalah Upaishad, Bhagavad Gita, Yogasutra, Hatta Yoga serta beberapa sastra lainnya.
Klasifikasi ajaran Yoga tertuang dalam Bhagavad Gita, diantaranya adalah Karma Yoga/Marga, Jnana Yoga/Marga, Bakti Yoga/Marga, Raja Yoga/Marga.

 

pose-4 copy

 

pose-6 copy

 

pose-8 copy

 

pose-9 copy

 

Beberapa Gerakan Yoga yang umum, antara lain:

Camel Pose.

Benefits:
– Stretches the entire front of the body, the ankles, thighs and groins,
– Abdomen and chest, and throat
– Stretches the deep hip flexors (psoas)
– Strengthens back muscles
– Improves posture
– Stimulates the organs of the abdomen and neck

 

Bow Pose.

Benefits:
– Stretches the entire front of the body, ankles, thighs and groins, abdomen and
chest, and throat, and deep hip flexors (psoas)
– Strengthens the back muscles
– Improves posture
– Stimulates the organs of the abdomen and neck

 

pose-10 copy

 

Urdhva Dhanurasana.

Benefits:
– Stretches the chest and lungs
– Strengthens the arms and wrists, legs, buttocks, abdomen, and spine
– Stimulates the thyroid and pituitary
– Increases energy and counteracts depression
– Therapeutic for asthma, back pain, infertility, and osteoporosis

 

Halaman ini merupakan rangkuman dari Sejarah dan Latar Belakang Yoga yang saya ambil dari Yoga Journal, Wikipedia, Ashtangayoga, dll.

6 Replies to “Sejarah dan Latar Belakang Yoga”

  1. I simply want to say I’m very new to weblog and absolutely loved this web page. More than likely I’m planning to bookmark your blog post . You surely come with tremendous article content. Many thanks for sharing your website page.

Tinggalkan Balasan