Puasa Tetap Berolahraga, Kenapa Tidak?

Bulan Ramadhan baru memasuki awal minggu. Bagaimana kabar teman-teman yang menjalankan puasa? Yang pasti semangat berolahraga tidak kendor kan yach? Walaupun sedang menjalankan puasa tetap berolahraga, kenapa tidak?

Kadang kondisi badan akibat puasa menyebabkan kita menjadi ogah atau malas untuk mengolah tubuh. Haus dan lapar menjadi alasan utama kenapa badan seolah-olah tidak mau beranjak dari tempat tidur. Jika malas melanda, olahraga yang menjadi alternative paling gampang buat saya adalah yoga.

Kenapa yoga? Pertama, saya tidak membutuhkan persiapan khusus untuk melakukan gerakan yoga. Kedua, hanya bermodalkan matras yang sudah tersedia di kamar, saya tinggal menggelar matras dan melakukan gerakan-gerakan ringan dan itupun sudah membuat badan saya panas.

Ketiga cukup di kamar dan tidak perlu keluar ruangan saya sudah dapat melakukan gerakan yoga. Jadi jika cuaca sedang panas, hujan ataupun macet saya tidak perlu kuatir. Cukup gelar matras dan mempersiapkan badan, satu demi satu asana pun dilakukan.

Tips berlatih yoga pada saat puasa.

Berhubung saat ini puasa, ada beberapa tips berlatih yoga yang dapat kita lakukan pada saat puasa, antara lain

1. Tentukan waktu yang tepat untuk berlatih Yoga

Sebelum berlatih, ada baiknya kita bertanya kepada diri kita masing-masing. Kapan waktu yang tepat bagi kita untuk berlatih. Ada beberapa orang yang sangat cocok berlatih dipagihari, tetapi ada yang merasa energi yang pas buat tubuh untuk berolahraga di sore hari.

Menurut saya tiap orang punya persepsi masing-masing tergantung kesediaan waktu dan kondisi masing-masing orang. Apalagi di bulan Puasa, pastinya ada kriteria tertentu yang pas buat badan kita. Kalau saya yang ditanya, saya pasti akan menjawabwaktu yang tepat untuk saya berlatih yoga adalah di sore hari.

Dimana pada sore hari, saya punya ketersediaan waktu yang sangat luang untuk berlatih yoga. Saya tidak merasa perlu terburu-buru memikirkan bakalan ke kantor telat, belum lagi menyiapkan busana atau pakaian apa yang harus saya kenakan. Pada sore hari pikiran saya lebih plong dan rileks ketimbang di pagihari.

2. Kenali Bahasa Tubuh.

Ada saatnya dalam aktivitas sehari-hari anggota badan tertentu mengalami tekanan. Seperti misalnya jika kita sehari-hari bekerja berada didalam ruangan. Bekerja dengan posisi duduk selama berjam-jam dan hanya memelototin layar monitor. Tidak terasa punggung dan bahu kita mengalami kelelahan. Dengan mengenali bahasa tubuh, kita dapat menfokuskan latihan dan gerakan pada anggota tubuh tersebut.

Pada beberapa kasus dari beberapa teman yang saya latih, mereka merasakan sakit yang sangat mengganggu pada leher dan persendian di waktu-waktu tertentu. Jadi alangkah baiknya jika kita mengenal bahasa tubuh kita dengan baik sebelum menentukan pilihan gerakan apa yang hendak kita latih.

3. Gerakan yang baik dilakukan ketika berpuasa.

Karena bulan puasa, dimana saatnya kita berpantang minum dan makan dalam jangka waktu yang lama. Adalah lebih baik kita menentukan jenis gerakan yang tidak menguras cairan tubuh terlalu banyak.

Bagi saya yoga dan puasa adalah paket yang sangat efektif buat tubuh untuk mengalami detoks. Baik itu untuk tubuh, pikiran dan jiwa. Sehingga ketika menjalani bulan puasa tubuh kita tetap fit dan bugar walaupun asupan makanan dan minuman sangat sedikit.

A. Cat dan Cow Pose.

Pose ini sangat baik untuk punggung serta tulang belakang. Terutama bagi pekerja yang sehari-hari di kantor dengan aktivitas duduk berjam-jam. Demikian juga pada saat menjalani puasa tapi tidak mau terlalu ribet memikirkan gerakan yang menguras energi, asana ini adalah salah satu gerakan yang pertama kali terlintas dibenak saya ketika berlatih yoga.


B. Warrior Pose 3.

Warrior Pose memiliki beberapa variasi. Dan warrior 3 menurut saya mewakili gerakan Warrior yang sangat baik jika dilatih pada saat puasa. Dengan berdiri tegak, kemudian angkat secara bersamaan salah satu kaki dan kedua tangan. Sehingga tubuh membentuk garis lurus seperti pada foto diatas. Pada saat melakukan gerakan ini tangan di stretch kedepan, sedangkan kaki di dorong kebelakang. Sehingga posisi tubuh memanjang.

C. Bridge Pose.

Pose ini sangat saya rekomendasikan bagi yang sering mengalami letih pada punggung. Dan nilai tambahan yang saya dapat dengan berlatih pose ini adalah membuat bokong padat dan berbentuk.

gerakan untuk mengencangkan bokong 10

D. Camel Pose.


Camel pose membuat tubuh saya lebih fit dan bugar walaupun menjalani ibadah puasa. Kenapa demikian. Karena dengan berlatih camel pose secara otomatis pegal-pegal di tubuh saya langsung lenyap. Camel pose memungkinkan badan lentur dan bagian tubuh mulai dari kaki sampai tangan ketarik semua.

E. Bow Pose.

Begitu juga dengan gerakan bow pose. Khususnya saya yang selalu didera nyeri pada perut menjelang masa menstruasi. Jika perasaan nyeri datang saya langsung berlatih bow pose. Gerakan ini membuat area disekitar perut terasa dipijat-pijat.

This image has an empty alt attribute; its file name is 9.jpg

4. Lakukan dengan Perasaan Bahagia.

Diakhir semuanya dalam setiap sesi latihan yoga yang saya lakukan. Saya selalu menekankan pada diri saya sendiri bahwa setiap gerakan yang saya lakukan adalah baik buat tubuh saya. Oleh karena itu setiap berlatih yoga saya harus menanamkan rasa bahagia seberat apapun hari yang saya lewati dan seberat apapun latihan yang saya lakukan.

Jadi tetap tanam kan perasaan bahagia dan berpikir positif.

Demikian tips saya berlatih yoga selama bulan puasa. Walaupun menjalani puasa dengan berpantang makan dan minum tidak berarti aktivitas berolahraga menjadi kendor. Selamat berlatih dan semoga lancar menjalankan ibadah puasa.

7 Replies to “Puasa Tetap Berolahraga, Kenapa Tidak?”

    1. Rada sulit karena perutnya ketekan gitu yach kak? Aku biasanya kalau sakit punggung berlatih gerakan bow pose trus minta tolong guruku narik badanku keatas. Seketika itu juga sakit punggung langsung sembuh hehehehe…

  1. asiknya yoga … bisa dilakukan dimana saja dan bahkan saat puasa .. tinggal nge-adjust intensitasnya. Saya juga berusaha tetap olahraga … gowes dekat2 aja .. bahkan tetap ngegym .. meskipun yang ringan ringan saja .. biat badan tetap fit

    1. Puasa tidak membuat kita malas olahraga, tapi tetap dilakukan dengan semangat dan senang yach mas.

      Senang dech tau kalau mas masih gowes dan ngegym.

Tinggalkan Balasan