Liputan Pekan Raya Jakarta 2013 – JIExpo Kemayoran

Setiap tahun saya dan teman-teman kantor tidak pernah absen dari acara Pekan Raya Jakarta Kemayoran. Dan tahun ini khususnya, dikarenakan pelaksanaan PRJ berlangsung selama sebulan.

Dan tempat diadakannya di JIExpo lokasinya sangat berdekatan dengan kantor. Maka bagi kami rasanya sayang untuk absen menghadiri pagelaran atau ajang tahunan ini. Dimana ada kabar bahwa rencananya tahun ini adalah tahun terakhir PRJ diadakan di JIExpo.

8

Daftar Harga dan Waktu Penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta Kemayoran.

Tahun ini penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta Kemayoran diselenggarakan lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya. Yaitu selama sebulan.

Dimana kisaran harga untuk masuk ke pameran ini antara lain Senin-Kamis dihargai Rp. 25.000,- sedangkan Jumat-minggu 30.000,-

Untuk Senior Citizen digratiskan hanya dengan menunjukkan kartu identitas di loket yang disediakan.

Ketika saya berkunjung kesana yaitu hari biasa, antrian pengunjung yang membeli tiket cukup panjang. Oleh karena itu kami pun berbaris untuk membeli tiket di loket karcis.

6

Tiket Masuk.

5
Maskot Yamaha.

Pekan Raya Jakarta Kemoyaran dari masa ke masa.

Pekan Raya Jakarta pertama diadakan pada tahun 1968. Sampai saat ini setiap tahun penyelenggaraannya tidak pernah terputus. Dari 1968 sampai 1991 PRJ pernah berlangsung di Taman Monumen Nasional.

Penyelenggaraan PRJ atau Jakarta Fair ini, dari tahun ke tahun mulai mengalami perkembangan pengunjung dan pesertanya bertambah dan bertambah. Dari sekedar pasar malam, “bermutasi” menjadi ajang pameran Modern yang menampilkan berbagai produk.

Areal yang dipakai juga bertambah. Dari hanya tujuh hektar di Kawasan Monas kini semenjak tahun 1992 dipindah ke Kawasan Kemayoran Jakarta Pusat yang menempati area seluas 44 hektar.

Jakarta Fair Kemayoran menampilkan produk dalam negeri, baik berskala besar, menengah, kecil dan koperasi dari seluruh Indonesia, terselenggara Jakarta Fair selalu bertepatan dengan HUT Kota Jakarta.

Secara garis besar panitia mengharapkan event ini menjadi pembangkit semangat promosi produk dalam negeri, selanjutnya meningkatkan lapangan kerja dan secara tidak langsung meningkatkan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Apa saja yang tersedia di PRJ?

Shuttle Bus secara gratis disediakan selama masa buka pameran dari Parkir IRTI Monas (seberang Kantor Gubernur DKI Jakarta) diperkirakan berangkat setiap 30 menit sekali.

Wisata dan belanja merupakan gabungan yang bisa dilakukan bagi jutaan pengunjung baik dari Jabodetabek, dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, maupun pengunjung dari manca-negara, sehingga acara ini diharapkan bisa menjadi wahana belanja sekaligus wisata.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Jakarta Fair kali ini juga akan dimeriahkan oleh Pentas Musik 32 Hari Nonstop, dengan 100 group band top ibukota, Pesta Kembang Api Spektakuler, Malam Muda Mudi, Pemilihan Miss Jakarta Fair, Panggung Kesenian di Taman Budaya, Karnaval, berbagai promosi menarik di stand-stand pameran, dan undian berhadiah mobil dan sepeda motor.

Berbagai produk unggulan dalam negeri serta hasil produksi industri kecil, UKM, dan koperasi akan dipamerkan dalam event pameran terbesar di Asia Tenggara ini.

Ada produk furniture, interior, building material, otomotif, handycraft, garment, sport & health, telekomunikasi, banking, stationary, komputer & elektronik, property, kosmetik, food & drink, handphone, mainan anak-anak, sepatu, branded fashion, leather, branded product, multi-product, jasa dan produk BUMN, produk kreatif, dan berbagai produk unggulan lainnya.

4

2

Pesta Discount semua jenis barang.

Karena ini adalah ajang pameran terbesar yang rutin, oleh karena itu bisa dipastikan akan banyak menemukan harga miring untuk semua jenis barang.

Hal yang selalu saya nantikan setiap kali ke pameran seperti ini adalah mencari perlengkapan travelling seperti tas, sepatu atau sendal gunung, jaket dan sejenisnya.

Yang tidak kalah menarik adalah saya puas membeli pernak pernik makanan kecil seperti Chitato, Chiki dan sejenisnya dengan harga miring. Pokoknya bahagia bangat dech tiap kali ke pameran seperti ini.

1
Penjual Kerak Telor

Moment yang jarang dijumpai dihari biasa dan dapat ditemukan di Pekan Raya Jakarta Kemayoran adalah banyaknya penjual kerak telor disini. Dan bagi penikmat kerak telor ajang pameran ini dijadikan kesempatan untuk menikmati kerak telor sepuasnya.

Demikian beberapa foto suasana Pekan Raya Jakarta Kemayoran yang bisa saya bagikan.

 

Tinggalkan Balasan