Patuno Beach Resort Wakatobi

Menurut saya, hal yang paling penting ketika berkunjung ke suatu daerah adalah ketika menemukan tempat penginapan yang baik dan nyaman. Dan dalam setiap kesempatan berjalan-jalan saya beruntung selalu mendapatkan penginapan yang bagus. Tidak terkecuali ketika kami berkunjug ke Wakatobi tepatnya di Wangi-wangi. Kami menginap di Patuno Beach Resort.

Patuno Beach Resort lokasinya tidak dipusat kota. Sehingga jika sudah berada di penginapan bisa dipastikan kita akan enggan keluar area penginapan. Kami menginap di Patuno Beach selama 2 malam. Dan selama disana banyak aktivitas yang bisa kami lakukan, antara lain:

1. Berenang, Snorkling dan Bersepeda.

Disepanjang bibir pantai terbentang pasir putih yang sangat panjang. Sehingga tempat ini sangat cocok buat keluarga berlibur dan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air. Hanya saja jika ingin menikmati pemandangan bawah laut dengan bersnorkling. Kita harus berenang agak jauh ditengah.

Saya yang saat itu sangat lelah setelah melakukan perjalanan yang jauh. Dan harus mengumpulkan stamina untuk menyelam di tomia. Yang ada saya hanya cukup berpuas diri dengan bermain air dipinggir pantai. Airnya jernih dan biru. Melihat airnya saja, mata sudah sangat terpuaskan.

Untuk waktu-waktu tertentu saya melihat arusnya cukup deras. Dan jika air surut, kita bisa berjalan kaki melewati pasir yang halus menuju pulau kecil yang ada didekat restaurant Patuno Beach.

Penginapan juga menyediakan sepeda yang dapat dipinjamkan kapanpun kita mau. Berkeliling dengan sepeda saja sudah mengeluarkan energi yang cukup besar karena area penginapan bisa dibilang sangat luas dan panjang.

patuno beach resort 1

patuno beach resort 5

patuno beach resort 3

2. Menikmati Santapan di Restaurant dengan pemandangan Pantai.

Kemungkinan karena kebanyakan tamu yang datang ke penginapan disini adalah wisatawan dari luar negeri. Membuat menu makanan yang disajikan di resturant Patuno Beach Resort sangat beragam. Saya beberapa kali mencoba menu western food seperti spageti, rasanya enak dan kombinasi nya pas.

Belum lagi menu sea foodnya, juara dech. Ikannya segar dan bumbunya mantap. Ada satu sesi ketika makan malam masing-masing orang disediakan 1 ekor ikan dan ukurannya lumayan besar. Saya yang memang penggemar ikan langsung kegirangan menghabiskan seekor ikan seorang diri. Rasanya puas bangat.

Moment makan bersama di Restaurant menjadi ajang kebersamaan diantara peserta. Sambil menyantap makanan dan menikmati indahnya pemandangan pantai kayaknya nga ada yang mengalahkan kesempatan seperti ini. Menurut saya spot di Restaurant adalah tempat terbaik yang ada di Patuno Beach Resort. Kami mengabadikan banyak foto di spot ini.

wisata di wakatobi 14

wisata di wakatobi 18

patuno beach resort 11

3. Bermain Air di Seratus Mata Air Tawar Molisahatu.

Agak telat sebenarnya kami ketahui bahwa disekitar penginapan terdapat mata air seratus molisahatu. Tidak berapa jauh dari lobby Patuno Beach Resort terdapat mata air tawar yang menyembul dipinggir pantai air laut. Dan mata air itu sangat banyak diperkirakan mungkin ratusan, oleh karena itu disebut mata air seratus.

Berapa ada yang muncul diantara karang-karang ditepi pantai. Airnya jernih dan segar. Kita dapat langsung mencicipi air tersebut.

patuno beach resort 2

patuno beach resort 4

4. Bersantai dan Menikmati Sunrise.

Karena luasnya pelataran Patuno Beach Resort membuat kita dapat dengan leluasa bermain disini. Disetiap spot tersedia banyak kursi-kursi untuk duduk dan berjemur. Dan dispot-spot ini kita bisa bersantai dan menikmati pemandangan matahari terbit.

Yang paling menyenangkan adalah fasilitas wifi tersedia dibeberapa area disekitar penginapan. Jadi nga bakalan mati gaya dech. Entah kenapa semangat saya untuk mengambil foto mulai menurun. Disaat saya menikmati pemandangan matahari terbit. Teman saya yang mengambil foto dan membagikannya ke group whatsapp. Dan dibawah adalah salah satu foto yang mereka ambil.

Matahari terbit dan tenggelam pada saat itu waktunya cukup awal. Sehingga saya merasa durasi waktu disana jadi panjang. Jam 6 sore langit masih terang dan senang bangat buat berleha-leha menikmati pergantian waktu dari terang ke gelap. Pada foto dibawah jam sudah menunjukkan waktu jam 7, bulan telah keluar tapi langit masih cerah.

patuno beach resort 9

patuno beach resort 10

Bungalow dan Hotel Patuno Beach Resort.

Daritadi membahas kondisi luar Patuno Beach Resort dan apa saja yang bisa kita lakukan selama di penginapan. Sekarang kita akan membahas kamar yang disediakan oleh penginapan. Jenis kamar yang ada di Patuno Beach ada 2, satu berupa bungalow dan satu berupa hotel.

Karena pada saat kami datang adalah masa-masa peak season menyambut malam pergantian tahun. Yang ada hampir semua bungalow nya penuh. Sedangkan kami satu group terdiri dari 10 peserta. Akhirnya kamipun mendapatkan kamar yang ada di hotel.

Pengertian hotel disini adalah berupa gedung 2 lantai yang mana satu lantai menyediakan 10 kamar diatas dan 10 kamar dibawah. Satu sisi menghadap pantai dan sisi belakang menghadap hutan. Kami mendapat kamar dibawah dan view menghadap pantai. Jadi setiap kali keluar kamar langsung melihat pemandangan pantai, merasakan semilir angin dan suara deburan ombak membuat pancaindera kita menjadi aktif.

Fasilitas yang disediakan Patuno Beach Resort.

Kondisi kamar nya bersih, tempat tidur nyaman, amenities nya lengkap. Tersedia AC, TV dengan channel berlangganan, kamar mandi didalam dengan air panas serta Wifi tersedia disemua area.

Jarak dari hotel ke restaurant atau lobby lumayan jauh. Dan pihak penginapan menyediakan mobil antar jemput dari kamar ke lobby. Hanya karena saya terbiasa berjalan kaki, saya lebih senang bolak balik kamar ke restaurant dengan jalan kaki atau bersepeda daripada naik mobil.

Kadang kalau malas berjalan kaki atau memanggil jemputan, kita bisa pesan makanan lewat telephone. Dan pihak penginapan akan langsung mengantarkan makanan ke kamar. Yang pasti pelayanan dari pihak penginapan sangat ramah dan cepat.

Selain itu kita bisa memesan mobil untuk antar jemput ke Bandara atau ke Kota. Jarak dari penginapan ke Bandara sekitar 10 menit, sedangkan ke kota diperkirakan sekitar 40 menit.

patuno beach resort 7

patuno beach resort 8

Yang pasti saya sangat bahagia bisa memiliki kesempatan menginap di Patuno Beach Resort. Dengan berleha-leha dikamar ataupun mengekplore aktivitas luar yang ada disekitar pantai menjadikan pengalaman menginap menjadi paket yang komplit.

14 Replies to “Patuno Beach Resort Wakatobi”

  1. Tadinya saya pikir di Wakatobi tidak ada hotel yang bagus. Ya begitulah kalau orang yang belum pernah ke sana ya mbak, Mbak. Ternyata ada Patuna Beach Resort dan bagus tempatnya. Sesuai lah dengan pantai Wakatobi dan air lautnya yang biru tosca, bening seperti permata

    1. Hotel nya bagus dan nyaman mbak Evi. Jadi kalau ke Wakatobi nga usah pusing dengan penginapan. hehehehe.. Capek pulang diving nyampe kamar langsung tidur lelap 🙂

  2. Mobil antar jemput yang disediakan untuk dari lobby ke penginapan itu semacam mobil golf, mbak?
    Asyik ya disediakan sepada gratis, bisa sepedaan sepuasnya di tempat eksotis 😀

  3. Ah jadi pengen ke Wakatobi.
    Pengen banget bisa snorkeling disana.
    Ya seperti yang banyak orang tahu kalo disana itu salah satu spot yang bagus banget untuk dipake snorkeling.
    Oh iya, penginapannya keren ya.
    Viewnya bagus banget dari resort 😁

  4. Lina…..makasih ya diajak ‘nginap dan piknik’ seputaran Patuno resort. Alam Wakatobi yg elok difasilitasi penginapan yg nyaman.
    Kayaknya ibu bakalan phone atau ‘naik becak’ ke lobby nih. Salam

  5. Ini namanya ke Patuno Beach Resort mendapatkan satu paket wisata Wakatobi komplit yang memanjakan mata, jiwa dan lidah. Sepertinya bakal sulit mengucapkan kata berpisah kalau kurang dari 2 malam disana yaa 🙂 .

Tinggalkan Balasan