Melihat lebih dekat Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Beberapa minggu lalu saya membaca artikel mengenai peresmian Pasar Ikan Modern Muara Baru oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Telat bangat yach tau berita ini. Yang ada saya langsung penasaran dan merencana untuk pergi ke lokasi.

Dan akhirnya saya pun datang hanya sekedar ingin melihat lebih dekat bagaimana suasana Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Saya cukup penasaran dengan keberadaan Pasar Ikan Modern Muara Baru karena kabarnya pasar ikan ini menjadi sentral pasar ikan yang ada di Jakarta. Dimana menawarkan ikan hasil tangkapan nelayan dalam kondisi segar. Tidak jauh berbeda dengan pasar ikan yang ada di Tsukiji Jepang. Jadi tambah penasaran dong yach.

Menuju ke lokasi Muara Baru dari tempat tinggal saya tidak lah begitu jauh dan kebetulan ketika kami kesana bertebatan dengan hari libur. Jadi jalanan lancar dan sampai tujuan relatif lebih cepat.

Melihat tampilan gedung dari luar, saya tidak menduga kalau gedung ini adalah pasar ikan. Tampak depannya tidak jauh berbeda dengan Mall atau pusat perbelanjaan tidak jauh dari rumah. Eye-catching bangat.

Untuk menuju ke pasar kita harus melewati loket penjualan karcis lalu belok kiri dan kita sudah memasuki area parkir Pasar Ikan Modern Muara Baru. Hanya saja menuju lokasi parkir agak sempit sehingga keluar masuk nya kendaraan agak sulit.

Masuk kebagian dalam gedung kita seolah-olah diterima diarea kosong serupa foyer. Kemungkinan area ini diperuntukkan untuk apa, saya tidak begitu tau. Karena tidak ada tanda atau info apapun. Kemudian diarea terpisah setelah kita keluar kita akan menemukan kios-kios penjual ikan dengan beraneka ragam jenis ikan yang mereka jual.

Foto dibawah ini adalah tampilan pasar ikan area basah dimana berbagai jenis ikan dijual disini. Saya membeli beberapa ikan antara lain ikan tenggiri, cumi dan udang yang mana sebagian dibawa pulang. Sedangkan sebagian nya lagi saya berikan ke tukang masak yang ada di food court lantai atas untuk dimasak dan dimakan ditempat.

Sebenarnya saya mencari kepiting dan kerang. Tapi entah kenapa kebetulan item yang saya cari lagi tidak ada tangkapan atau yang jualan kepiting dan kerang nyempil dimana. Saya mutar-mutar keliling koq yach nga ketemu.

Untuk harga, jika membeli ikan untuk keperluan mingguan seperti saya yang hanya sedikit rasanya harganya tidak jauh berbeda dengan harga ikan di pasar dekat rumah saya. Hanya jika membeli ikan dengan jumlah banyak, harganya akan jauh berbeda.

Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Setelah puas melihat-lihat suasana pasar basah yang ada dibawah, saya pun membawa belanjaan saya ke lantai dua. Dimana di lantai dua terdapat kios-kios yang memang dikhususkan sebagai area food court.

Food courtnya sendiri cukup luas dan semi indoor dengan beberapa kios penjual makanan yang berderet disepanjang area ini. Hanya saja kios yang buka baru sebagian sehingga tidak terlalu siap melayani jumlah pengunjung yang ramai.

Saya melihat banyaknya antrian pengunjung mengantri menanti giliran ikan yang mereka beli dibawah untuk dimasak. Saya juga ikut mengantri dan menanti masakan datang hampir 1 jam. Karena saya sudah datang jauh-jauh, mau tidak mau saya harus rela menanti dengan sabar untuk mencoba masakan yang dimasak di food court ini.

Untuk rasa, menurut saya masakan yang disajikan disini standar. Bisa jadi dikarenakan ketergesaan penjual menyiapkan semua pesanan pengunjung yang antri panjang. Sehingga semuanya terburu-buru dan bumbunya pun tidak meresap sempurna.

Suasana Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Pasar Ikan Modern Muara Baru mengusung konsep higienis, rapi dan nyaman. Serta nantinya diharapkan menjadi destinasi wisata kuliner dan one stop shopping aneka produk perikanan. Dimana pasar ini langsung dibawahi oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Karena pasar ini baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi yang ada keberadaan pasar ini cukup viral dan mengundang banyak pengunjung. Yang mana kebanyakan pengunjung yang datang modelnya seperti saya. Dimana datang kesini hanya untuk memuaskan hasrat penasaran dan kepengen tau seperti apa wujud pasar ikan modern.

Untuk tampilan dan kenyamanan saya rasa cukup baik. Dikarenakan adanya pemisahan yang jelas mana area basah dan kering. Loading dock dan hiruk pikuk serta keberadaan kendaraan besar seperti truk yang mengantar dan mengambil ikan juga terpisah.

Yang tidak kalah menarik adalah ada tempat tersendiri untuk pengelolahan limbah styrofoam. Hanya dikarenakan tempat nya tersendiri dan saya baru menyadari keberadaannya setelah keluar area parkir jadi saya tidak tau seperti apa isi didalamnya.

One Stop Shopping Aneka Produk Ikan.

Rasanya pasar Ikan Modern Muara Baru kedepan akan sangat bagus. Dan diharapkan akan menjadi one stop shopping aneka produk ikan yang modern. Membayangkannya saja saya cukup bangga dan senang. Kalau Jakarta atau Indonesia punya pasar ikan yang bagus dan tidak kalah dengan pasar-pasar yang ada diluar negeri. Aminnn.

12 Replies to “Melihat lebih dekat Pasar Ikan Modern Muara Baru.”

  1. enak ya kalau suasana pasar seperti ini .. jauh dari kesan sumpek, apek, becek .. bau … hahaha
    btw .. kalau lagi laper berat .. mending cari makan di tempat lain ya mba .. daripada mesti nunggu 1 jam .. bisa pingsan … 🙂

  2. Yang dari udik spt saya, telat blum tahu pasar ikan modern ini. Beruntung Lina ajakin kami piknik bareng.
    Perut sudah bayangkan manisnya udang segar, eeh masaknya lama ya.

    1. Diharapkan kedepan pasar tradisional jadi tempat wisata yach hehehehehe.

      Aku sich lihat busway tapi jalurnya hanya sampai Pluit, nah dari sana kayaknya banyak angkutan gitu dech.

Tinggalkan Balasan