Objek Wisata Keren yang ada di Ciletuh Geopark

Jika teman-teman mempunyai rencana berlibur kedaerah Sukabumi, dibawah ini beberapa objek wisata di Ciletuh Geopark yang keren dan wajib untuk dikunjungi.

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat kesempatan berlibur ke Ciletuh, Sukabumi bersama teman-teman dari sahabatIDC. Sebelum berkunjung kesini, saya sama sekali tidak mengetahui lokasi Ciletuh itu dimana. Apalagi keberadaannya sebagai geopark yang sudah diakui oleh UNESCO. Tetapi setelah datang langsung melihat keindahan curug-curug serta pemandangan alam yang terbentang sepanjang mata memandang. Saya harus akui kalau pilihan saya kesini sangatlah tepat.

Kondisi infrastruktur sepanjang jalan menuju dan disekitar Ciletuh sendiri jalannya cukup bagus. Hanya karena kontur tanah atau topografi yang berbukit-bukit menjadikan kenyamanan perjalanan cukup menguras tenaga. Jalannya kebanyakan berkelok-kelok, naik turun dan lebar jalan cukup sempit untuk ukuran 2 mobil yang berpapasan. Sedangkan kiri kanan jalan, kondisi tanahnya curam dan terjal. Bisa dibilang selama perjalanan berangkat dan pulang saya hampir tidak bisa tidur di mobil. Alhasil saya hanya bisa berdoa semoga kami sampai ditujuan dengan kondisi selamat tanpa kekurangan apapun.

Jika dilihat dari jarak tempuh, Ciletuh dari Jakarta hanya memakan waktu sekitar 7-8 jam. Dimana saat itu kami berangkat dini hari untuk menghindar dari kemacetan. Dan tiba di penginapan jam 6 pagi. Kami langsung disuguhi sarapan untuk mengisi perut yang sedari tadi malam kosong.

Setelah cukup makan, istirahat dan bersih-bersih badan, kami memulai trip dengan mengunjungi satu curug ke curug berikutnya beserta objek wisata lain yang tersedia di Ciletuh Geopark.

 

Objek Wisata di Ciletuh Geopark, antara lain:

1. Curug Sodong.

ciletuh geopark 1

Keberadaan curug Sodong dapat dengan mudah dicapai dengan kendaraan bermotor. Dari parkiran saja kita sudah dapat langsung melihat penampakan air terjun. Dan untuk lebih dekat ke curug sodong kita hanya berjalan kaki sedikit dari parkiran. Dari sisi parkiran saja kita sudah dapat merasakan semburan titik-titik air yang berjatuhan dari air terjun tersebut.

Dari foto dibawah, terlihat 2 undakan air terjun. Karena kami datang di musim penghujan, debit air dari curug sodong sangatlah besar. Dan warna airnya keruh akibat luapan lumpur yang tergerus bersama datangnya hujan.

ciletuh geopark 2

 

2. Curug Cimarinjung.

ciletuh geopark 4

Curug lain yang nga kalah cantiknya dari Curug Sodong yaitu Curug Cimarinjung. Karena sepanjang hari hujan dan hujan terus membuat jalan disepanjang aliran air menjadi berlumpur dan becek. Tapi kami tetap nyaman dan senang ketika berada disini. Melihat debit air nya yang sangat deras, jujur kami tidak berani bermain-main terlalu dekat dengan air terjun ini. Padahal badan rasanya gatal pengen  turun berbasah-basahan  dan menikmati guyuran air langsung dibawah air terjun nya.

Hanya karena kami anak yang sangat mudah untuk disenangkan. Kami sangat berbahagia hanya duduk-duduk disepanjang warung kopi yang tersedia disekitar curug. Melihat pemandangan, bercanda gurau dengan teman seperjalanan dan menikmati kopi serta pisang goreng yang disajikan di warung kopi disepanjang curug.

 

ciletuh geopark 3

 

3. Puncak Darma.

ciletuh geopark 5

Di puncak Darma kita bisa melihat pemandangan menyeluruh yang ada disekitar Ciletuh. Yach namanya juga puncak pasti dong posisinya lebih tinggi daripada disekitarnya. Saya dan beberapa teman agak terlambat berada dipuncak ini. Karena menunggu antrian ojek yang lagi mengantar teman-teman yang terlebih dahulu berangkat. Tapi karena saya dan beberapa teman yang lain adalah rombongan terakhir yang naik, ketika sampai diatas kabut sudah menutupi pemandangan.

Jarak dari parkiran mobil ke puncak darma cukup jauh. Sebenarnya mobil bisa saja naik keatas. Tapi karena mobil yang kami tumpangi ukurannya cukup besar dan saat itu hujan turun dengan deras. Yang ada membuat jalanan licin dan tidak disarankan untuk kendaraan besar seperti yang kami tumpangi untuk naik ke puncak darma. Oleh karena itu kami pun menggunakan jasa ojek yang mana sekalian memperdayakan penduduk setempat untuk mengantarkan kami sampai keatas.

Sembari menunggu hujan berhenti kami pun berteduh dipondokan yang tersedia disekitar puncak darma. Dan lagi-lagi kamipun menyantap jajanan yang tersedia di warung disekitar puncak darma, antara lain bakso, jagung bakar dan cemilan lainnya.

ciletuh geopark 8

 

4. Curug Awang.

ciletuh geopark 6

Keesok pagi nya perjalanan pun berlanjut. Hari ini kami hanya menyambangi 2 spot saja, yaitu Curug Awang dan Amphitheater Panenjoan, sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.

Curug Awang lokasi nya agak jauh dari parkiran kendaraan. Jadi kita harus jalan kaki sekitar 300 meter melewati persawahan. Saya sangat menikmati berada di Curug Awang ini. Hanya karena jalanan menuju ke curug berupa jalan setapaknya yang menanjak turun disela-sela bebatuan yang cukup licin, saya jadi tidak berani untuk turun sampai kebawah. Cukup melihat teman-teman lainnya dari atas sambil mengambil foto-foto dengan pose yoga, dimana sebelumnya pernah saya bagikan disini.

ciletuh geopark 14

ciletuh geopark 15

 

5. Amphitheater Panenjoan.

ciletuh geopark 16

Spot terbaik yang ada di Ciletuh Geopark menurut saya adalah Amphitheater Panenjoan. Dari sini kita bisa melihat pemandangan patahan geopark secara menyeluruh. Jarak pandang kita dari sini sangatlah luas. Sehingga untuk melihat satu titik diantara sejuta titik menjadi sangatlah sulit. Saya melihat penampakan beberapa air terjun dari sini, tapi saya tidak tau itu air terjun apa?

Posisi saya diantara luasnya pemandangan, rasanya diri ini kecil sekali.

ciletuh geopark 10

ciletuh geopark 11

ciletuh geopark 12

6. Museum Konservasi Ciletuh.

 

ciletuh geopark 17

Diseberang amphitheater Panenjoan terdapat Museum Konservasi yang merupakan tempat koleksi bebatuan yang ada disekitar Ciletuh Geopark. Saya bangga kalau penduduk setempat mempunyai kepedulian yang tinggi akan kekayaan alam dan batu-batuan yang mereka miliki. Dan rasanya untuk siswa dan pelajar juga pengunjung yang punya keingintahuan yang tinggi akan geologi dapat memperkaya pengetahuan dengan mengunjungi musuem konservasi yang ada di Citeluh Geopark.

 

ciletuh geopark 18

Diakhir tulisan ini, saya mau memamerkan seluruh peserta dari Inindonesiaku.com atau lebih dikenal dengan nama sahabatIDC yang ikut serta dalam trip ke Ciletuh Geopark.

Mungkin masih banyak lagi objek wisata di Ciletuh Geopark yang belum tercantum diatas, dikarenakan terbatasnya waktu dan cuaca yang tidak mendukung. Tapi daftar diatas setidaknya mewakili daftar dari sekian banyak keindahan alam yang terdapat di Ciletuh Geopark, kabupaten Sukabumi.

4 Replies to “Objek Wisata Keren yang ada di Ciletuh Geopark”

  1. Geopark Cileteuh sertifikasi UNESCO….salah satu destinasi impian saya, Lin. Wah curugnya garang ya di musim hujan. Lekat di ingatan postingan Lina yang yoga di tepian curug ini. Salam

  2. pengen banget main kesini … untung ada cerita ini .. jadi kebayang, paling tidak bisa cukup 2 hari satu malam ya ..
    enaknya kesana jadi pas musim hujan sudah mereda ya .. biar puass 🙂

Tinggalkan Balasan