Cantiknya Kuil Budha dan Jernihnya Air Terjun Otowa di Kuil Kiyomizu Jepang

Kuli Kiyomizu atau lebih dikenal dengan Kiyomizu-dera terletak disebelah timur kota Kyoto. Yang mana lokasi kuil ini merupakan bagian dari gunung Otowa. Ketika hendak ke kuil ini, saya langsung membayangkan kuil megah berwarna merah menyala berdiri kokoh diantara bukit atau tebing. Dengan latar belakang pohon-pohon yang berganti warna disetiap musimnya. Yang pasti indah sekali.

Kota Kyoto menjadi pemberhentian kedua kami setelah Osaka. Dimana ketika melihat situasi kota Kyoto, dibenak saya langsung menyimpulkan kota ini sebagai kota seni atau budaya. Di Kyoto terdapat banyak peninggalan budaya dan sejarah, berupa kuil dan kastil tempat bermukimnya kaisar tempo dulu. Tentu saja, karena Kyoto pernah menjadi ibukota Jepang lebih dari satu abad.

Dan kamipun seperti terhanyut menyelami budaya Jepang dengan memakai kimono disepanjang perjalanan hari ini.

kiyomizu temple 2

Kuil Budha Kiyomizu-dera.

Karena konturnya yang berbukit-bukit, untuk mencapai kuil Budha kita harus berjalan kaki dan menanjak. Hanya jangan kuatir. Karena sepanjang perjalanan terdapat deretan gedung yang menyediakan aneka ragam pernak-pernik. Asyik melihat barang-barang dan makanan yang dijual disepanjang jalan, tidak terasa kita sudah sampai dipintu gerbang kuil Kiyomizu.

Dari pelataran kuil Kiyomizu, kita disuguhi pemandangan yang indah. Dimana posisi kuil berada diatas tebing dengan ditopang pilar-pilar kayu yang sangat besar. Didalam kuil kita dapat melihat banyaknya pengunjung yang datang untuk berdoa dan bersembahyang. Jika hendak masuk kedalam tapi tidak untuk bersembahyang, atau hanya sekedar melihat-lihat. Kita dapat dengan bebas masuk, hanya saja jangan lupa untuk terlebih dahulu melepaskan alas kaki.

Dibagian dalam terdapat aula utama dengan panggung yang sangat luas dan besar. Dimana panggung ini merupakan tempat diselenggarakannya pertunjukan seni dan budaya serta festival sumo. Konon bangunan ini dibangun tidak menggunakan paku.

 

kiyomizu temple 6

kiyomizu temple 4

Air Terjun Otowa-no-taki.

Setelah puas mengitari kuil Kiyomizu. Kita dapat menuruni tangga dan melihat tampilan kuil Kiyomizu dari perspektif yang berbeda. Karena tangga menempel dengan bangunan kuil, sehingga tampak dengan jelas kaki-kaki tiang yang menopang kuil. Dengan adanya pilar-pilar tersebut membuat tampilan kuil menjulang tinggi dan seperti mengambang diantara rimbunnya pepohonan.

Dari atas tangga sudah terlihat antrian pengunjung yang hendak mencicipi air. Tadinya saya pikir air terjun otowa seperti layaknya air terjun yang biasa kita lihat. Air terjun yang tinggi dengan debit air yang deras jatuh kepermukaan tanah.

Air disini merupakan mata air gunung Otowa yang jatuh dalam bentuk 3 pancuran. Dimana ketiga pancuran mewakili 3 harapan dan doa. Yaitu kesehatan, kesuksesan dan percintaan. Kita dapat memilih satu saja dari tiga pancuran tersebut untuk diminum. Hanya saja antriannya cukup panjang, jadi mesti sabar untuk dapat merasakan kenikmatan dari air tersebut.

kiyomizu temple 7

kiyomizu temple 8

kiyomizu temple 5

Karena berasal dari mata air gunung, jadi bisa dipastikan airnya sangat segar. Setelah selesai menikmati kesegaran air, kamipun kembali kejalan utama untuk pulang. Karena tadi buru-buru masuk ke kuil Kiyomizu untuk menghindari antrian yang memadat. Sehingga tidak terlalu leluasa melihat-lihat pernak pernik dan makanan yang dijual. Tetapi karena perjalanan pulang akan kembali ke spot yang sama, jadi kamipun ada waktu untuk berbelanja dan jajan.

kiyomizu temple 9

8 Replies to “Cantiknya Kuil Budha dan Jernihnya Air Terjun Otowa di Kuil Kiyomizu Jepang”

  1. Wuih alamnya ijo royo-royo. Pasti menyenangkan berada di alam seperti ini. Seperti saya berada di tengah hutan Kalimantan. Sangat senang. Setiap hari menghirup udara segar.

Tinggalkan Balasan