Menjadikan Kegiatan Olahraga Menyenangkan

Rutinitas berolahraga yang itu-itu saja kadang kala menjemukan, oleh karena itu perlu beberapa trik agar dapat menjadikan kegiatan olahraga menyenangkan.

Rasanya saya sudah mencoba berbagai jenis olahraga. Tetapi dengan ribetnya pekerjaan kantor dan aktivitas lainnya menjadikan pilihan olahraga pun menjadi terbatas. Olahraga yang masih rutin saya lakukan tidak jauh dari yoga, jalan kaki atau lari keliling komplek dan berenang.

Berhubung cuaca belakangan ini tidak menentu, kadang hujan terus menerus dan kadang panas terik. Jika tidak olahraga badan sakit semua, akhirnya saya memilih jalan di rel berjalan alias treadmill. Hanya saja untuk datang ke pusat kebugaran dan melakukan treadmill terus menerus koq yach bosan juga.

www.myfitnespal.com

Tips agar kegiatan olahraga lebih menyenangkan.

1. Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

Jika berjalan kaki atau lari di ruangan terbuka, fokus kita dapat teralihkan pada pemandangan disekitar kita. Dan tanpa terasa kita sudah melewati beberapa langkah. Berbeda hal nya jika kita berolahraga di ruangan tertutup seperti di pusat kebugaran. Berjalan di treadmil 15 menit saja sudah berasa berjam-jam.

Oleh karena itu kita harus mengalihkan fokus kita dengan sesuatu yang menyenangkan seperti mendengarkan musik. Rasanya kita perlu memperlengkapi koleksi musik yang lengkap di playlist hp ataupun ipod.

Untuk beberapa pusat kebugaran yang lebih keren kadang tersedia TV atau aplikasi virtual untuk menambah suasana menjadi lebih fun. Hanya pasti biaya bulanannya pun akan membengkak. Jadi tidak salah jika kita memperlengkapi hp kita dengan aplikasi musik yang memadai.

www.myfitnesspal.com

2. Menemukan Teman atau Partner Olahraga.

Memaksakan diri sendiri untuk datang ke pusat kebugaran perlu perjuangan sendiri. Dengan adanya teman yang mempunyai semangat dan komitmen yang tinggi untuk berolahraga, setidaknya ada yang mendorong kita untuk tetap semangat berolahraga.

Begitu juga sepanjang sesi olahraga, setidaknya dengan adanya teman kita fokus perhatian kita teralihkan dengan ngobrol dan bercanda gurau dengan teman atau partner olahraga kita.

Diawal keanggotaan saya di pusat kebugaran. saya mendaftar sendirian. Awalnya sich was-was dan bingung harus mulai darimana. Tapi dengan sendirinya saya menemukan teman yang tepat yang mana dapat saling mendorong dan memompa semangat untuk terus berolahraga. Kalau memang ada masa dimana kedua-duanya malas, yach dimaklumi saja. Hehehe..

3. Atur Kecepatan dan Kemiringan.

Pada lima menit pertama dan terakhir saya mengatur kecepatan dan kemiringan pada level yang rendah dan landai. Dimenit selanjutnya baru saya naikkan kecepatan dan kemiringan agar pacu jantung berdetak lebih kencang. Sehingga kardio bekerja maksimal dan keringat pun bercucuran dengan deras. Unutk pemula berada dibagian ini hanya 10-15 menit saja rasanya sudah bagus sekali.

Untuk dua minggu pertama ritme seperti ini saya lakukan. Dimana latihan dilakukan 3-5 kali seminggu. Minggu berikutnya repetisi dan waktu mulai dinaikkan bertahap. Sehingga tubuh tidak kaget dan badanpun terlatih menghadapi latihan berikutnya yang lebih menantang.

4. Variasikan Jenis Gerakan dan Ritme Latihan.

Agar latihan tidak monoton itu-itu saja. Ada baiknya setelah beberapa menit treadmill turun sesaat dan memvariasikan latihan dengan mengayuh sepeda statis, mesin dayung ataupun latihan beban. Selain untuk menghindari kebosanan, memvariasikan jenis gerakan dan ritme latihan juga melatih otot-otot tubuh secara merata.

Jika hanya berlatih di treadmill fokus tubuh hanya berat di bagian kaki dan kardio. Dengan memvariasikan jenis gerakan dan ritme latihan maka bagian tubuh lainnya pun turut bekerja.

Karena treadmill dan olahraga di pusat kebugaran merupakan hal yang baru bagi saya. Rasanya 4 tips menjadikan kegiatan olahraga menyenangkan ini yang baru kepikiran di saya. Semoga semangat olahraga di pusat kebugaran tidak hanya di awal tahun, tetapi berlanjut sampai diakhir tahun. Amin.

4 Replies to “Menjadikan Kegiatan Olahraga Menyenangkan”

  1. Nahini dia menjadikan kegiatan olah raga jadi menyenangkan. Kalau latihan sendiri di rumah jadi malas ya. Mencari terobosan biar senang berkeringat.
    Terima kasih Lina, salam sehat

    1. Benar mas, kalau ada bermacam-macam kelas memang lebih bagus ikut yach biar tau berbagai macam jenis olahraga dan juga lebih variasi, nga ngebosanin. Berhubung jadi murid pemula jadi belum tau membagikan gerakan di kelas lain di tulisan hehehehe..

Tinggalkan Balasan