Hal seputar Yoga

Karena saya cukup lama bergelut didunia Yoga. Dimana saya banyak menerima berbagai macam pertanyaan mengenai Yoga. Sehingga saya perlu untuk merangkumkan berbagai macam hal seputar Yoga. Yang saya ambil dari Yoga Journal, antara lain:

Apakah Yoga?

Kata Yoga berasal dari  kata yuj dalam bahasa Sansekerta yang berarti untuk kuk atau mengikat dan sering diartikan sebagai “kesatuan” atau bisa disebut metode disiplin. Seorang laki-laki yang mempraktek yoga disebut yogi, sedangkan seorang praktisi wanita, yogini.
Seorang India bijak bernama Patanjali dipercaya sebagai orang yang pertama kali mengumpulkan satu set latihan yoga ke dalam Yoga Sutra yang diperkirakan sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Yoga Sutra adalah kumpulan dari 195 laporan yang berfungsi sebagai buku pedoman filosofis dimana ini merupakan sebagian besar yoga yang dipraktekkan saat ini. Hal ini juga menguraikan delapan cabang yoga: yaitu yamas (hambatan), Niyamas (ibadah), asana (postur), pranayama (pernafasan), pratyahara (penarikan indera), dharana (konsentrasi), dhyani (meditasi), dan samadhi (penyerapan ).

Seperti layaknya organ tubuh manusia dibagi atas delapan anggota badan, yang mana organ tubuh tersebut dipersempit menjadi hal-hal yang menyangkut perilaku kita di dunia luar (tampilan luar), dan kemudian kita fokus dalam hati sampai kita mencapai samadhi (pembebasan, pencerahan).

Dimana latih yoga yang dipraktekkan saat ini merupakan bagian dari point ketiga yaitu asana, yang merupakan program dari postur fisik yang dirancang untuk memurnikan tubuh dan memberikan kekuatan fisik dan stamina yang dibutuhkan untuk waktu yang lama.

hal seputar yoga 1

Apa itu Hatha?

Kata hatha berarti disengaja atau kuat. Yoga hatha mengacu pada satu set latihan fisik (dikenal sebagai asana atau postur), dan urutan asana, yang dirancang untuk menyelaraskan kulit, otot, dan tulang. Postur juga dirancang untuk membuka banyak saluran tubuh terutama saluran utama, tulang sehingga energi dapat mengalir dengan bebas.

Hatha juga diterjemahkan sebagai ha yang berarti “matahari” dan makna tha “bulan.” Ini mengacu pada keseimbangan aspek aktif maskulin, panas, matahari dan feminin aspek-reseptif, dingin, bulan dalam diri kita semua. Hatha yoga adalah jalan menuju menciptakan keseimbangan dan menyatukan yang berlawanan. Dalam tubuh fisik kita mengembangkan keseimbangan kekuatan dan fleksibilitas. Dimana dengan hatha juga belajar untuk menyeimbangkan upaya tubuh kita untuk menyerah dalam setiap pose.

Hatha yoga adalah alat yang ampuh untuk transformasi diri. Ini meminta tubuh kita fokus kepada napas kita, yang membantu tubuh untuk tetap fluktuasi baik secara pikiran dan lebih hadir dalam penyingkapan setiap saat.

 

hal seputar yoga 2

Apa Arti Om?

Om adalah mantra, atau getaran, yang secara tradisional dilantunkan pada awal dan akhir sesi yoga. Hal ini dikatakan suara alam semesta. Maksudnya itu apa?

Entah bagaimana para yogi kuno tahu apa yang para ilmuwan saat ini seluruh alam semesta bergerak. Segala sesuatu yang ada berdenyut, menciptakan getaran ritmis bahwa yogi kuno mengakui dengan suara Om. Kita mungkin tidak selalu menyadari suara ini dalam kehidupan kita sehari-hari, tapi kita bisa mendengarnya melalui gemerisik daun gugur, ombak di pantai, bagian dalam kulit kerang.

Nyanyian Om memungkinkan kita untuk mengenali pengalaman kami sebagai cerminan bagaimana seluruh alam semesta bergerak, matahari terbenam, bulan naik, pasang surut dan aliran pasang surut, pemukulan hati kita. Seperti kita mengucapkan Om, itu membawa kita untuk naik kegerakan universal, melalui napas kita, kesadaran kita, dan energi fisik kita, dan kita mulai merasakan koneksi yang lebih besar yang bersifat membangkitkan semangat dan menenangkan.

Apakah saya harus menjadi vegetarian untuk menjadi Yogi/Yogini?

Prinsip pertama filsafat yoga adalah ahimsa, yang berarti tidak merugikan diri dan orang lain. Beberapa orang menafsirkan bahwa hal ini termasuk tidak makan produk hewani. Ada perdebatan tentang hal ini dalam yoga dimana didalam masyarakat percaya bahwa itu adalah keputusan pribadi setiap orang. Jika kamu mempertimbangkan untuk menjadi seorang vegetarian, pastikan untuk mempertimbangkan masalah kesehatan pribadi kamu serta bagaimana pilihanmu akan mempengaruhi orang-orang dan dengan siapa kamu tinggal.

Berapa kali dalam seminggu saya harus mempraktekan Yoga?

Yoga adalah kegiatan yang menakjubkan dimana jika saya hanya berlatih selama satu jam seminggu, Saya akan mengalami manfaat dari latihan. Jika saya dapat melakukan lebih dari itu, saya pasti akan mengalami lebih banyak manfaat. Disarankan mulai dengan dua atau tiga kali seminggu, selama satu jam atau satu setengah jam setiap kali.

Jika diawal saya hanya dapat melakukan 20 menit per sesi, itu bagus juga. Jangan biarkan batasan waktu atau tujuan realistis menjadi kendala. Kita akan menemukan bahwa setelah beberapa saat keinginan  untuk mempraktek Yoga akan berkembang secara alami dan mulai menemukan diri sendiri melakukan lebih dan lebih.

Apakah perbedaan Yoga dengan jenis olahraga lain?

Tidak seperti peregangan atau kebugaran, yoga lebih dari postur fisik saja. Jalur delapan kali lipat Patanjali menggambarkan bagaimana latihan fisik hanyalah salah satu aspek dari yoga. Bahkan dalam latihan fisik, yoga adalah unik karena kita menghubungkan gerakan tubuh dan fluktuasi pikiran dengan irama napas kita.

Menghubungkan pikiran, tubuh, dan napas membantu kita untuk mengarahkan perhatian kita ke dalam tubuh kita sendiri. Melalui proses ini perhatian ke dalam, kita belajar untuk mengenali pola pikiran dan kebiasaan kita tanpa label.

Tubuh kita kemungkinan besar akan menjadi jauh lebih fleksibel dengan melakukan yoga, begitu juga dengan pikirian kita.

 Apakah Yoga Agama?

Hal seputar Yoga yang secara tidak langsung sering dipertanyakan dan kadang membuat orang urung untuk melakukannya karena pertanyaan seperti ini. Yang pasti adalah Yoga bukanlah agama. Ini adalah filosofi yang dimulai di India diperkirakan 5.000 tahun yang lalu. Ayah dari ashtanga yoga klasik yang disebut dalam Patanjali, pada saat menulis Yoga Sutra. Tulisan suci ini menyediakan kerangka kerja untuk pertumbuhan rohani dan penguasaan atas tubuh fisik dan mental. Yoga kadang-kadang menjalin filsafat lainnya seperti Hindu atau Budha, tetapi tidak perlu untuk belajar filsafat tersebut untuk berlatih atau mempelajari yoga.

Intinya adalah untuk berlatih yoga tidak bersangkutan dengan keyakinan agama yang kita percaya.

Bagaimana Saya Lakukan Yoga sedangkan tubuh saya tidak fleksibel?

Ini dia! Kamu adalah kandidat yang sempurna untuk yoga. Banyak orang berpikir bahwa mereka harus fleksibel untuk memulai yoga. Sama saja seperti ketika kita memulai bermaini tenis, kita tidak harus jadi ahli dulu sebelum mengambil pelajaran tenis. Datang seperti apa adanya kamu, maka kamu sendiri akan menemukan bahwa latihan yoga akan membantu kita menjadi lebih fleksibel.

Apa yang saya butuhkan untuk Mulai Yoga?

Yang diperlukan adalah  tubuh, pikiran dan sedikit rasa ingin tahu. Hanya diperlukan peralatan berupa legging atau celana pendek, dan t-shirt yang tidak terlalu longgar. Tidak ada alas kaki khusus yang dibutuhkan karena kita akan bertelanjang kaki. Adalah lebih baik untuk membawa handuk. Supaya latihan berlangsung dengan baik, perlu untuk mempunyai atau membeli tikar yoga/matras sendiri. Walaupun kadang di studio ataupun tempat kebugaran menyediakan matras, tetapi ada baiknya kalau kita punyai sendiri matras Yoga.

Apakah saya harus menahan diri dari makan 2-3 jam Sebelum kelas?

Dalam latihan yoga kita menggerakkan badan, jungkir balik, dan membungkuk ke depan dan ke belakang. Jika makanan belum sepenuhnya dicerna pada sesi terakhir kali, maka makanan tersebut akan membuat diri kita sendiri tidak nyaman. Jika Anda adalah orang dengan sistem pencernaan cepat mungkin kita takut kalau entar kita akan lapar atau merasa lemah selama kelas yoga. Cobaan dengan memakan makanan ringan seperti yogurt, beberapa kacang-kacangan, atau jus sekitar 30 menit sampai satu jam sebelum kelas.

Demikianlah hal seputar yoga yang harus kita ketahui. Semoga apa yang saya kutip dari Yoga Journal dapat membantu teman-teman yang selama ini masih bingung dan ragu untuk menetapkan Yoga sebagai pilihan dalam berolahraga. Hal seputar Yoga lain kalau misalnya ada akan saya rangkumkan dikesempatan berikutnya.

6 Replies to “Hal seputar Yoga”

  1. Aku baca tulisanmu ini langsung tercerahkan Lin. Awalnya tahun ini aku mengejar akan ikutan race half marathon (21km), tapi karena ada sesuatu yg direncanakan, porsi lari akhirnya aku kurangi. Trus aku bingung olahraga apa ya yg kira2 ga terlalu memforsir tenaga. Trus baca postinganmu ini akhirnya aku cari2 di youtube tentang Yoga. Ada serial 30days Yoga for beginner. Kalo tiap hari gpp kan ya Lin? Jadinya aku mantab belajar Yoga sekarang

    1. Sama-sama Deny. Yang pasti lakukan dengan rutin dan dengan hati yang senang yach. Karena Yoga itu benar-benar melatih ego kita bangat.

Tinggalkan Balasan