Pose Yoga untuk mengatasi Nyeri pada Bahu

Jika bahu atau pundak terasa nyeri, ada beberapa gerakan yoga untuk bahu yang dapat kita lakukan.

Banyaknya aktivitas yang saya kerjakan belakangan ini, terutama dengan lama nya waktu yang saya pergunakan didepan komputer, saya sampai tidak menyadari kalau area sekitar bahu, leher dan pundak saya mulai terasa pegal dan nyeri.

Pertolonga pertama yang biasa saya lakukan jika keluhan tersebut datang adalah dengan memanggil tukang pijat langganan datang ke rumah. Tapi berhubung si-mbak nya lagi pulang kampung, dan pundak berat apa daya saya harus melakukan gerakan stretching untuk mengatasi pegal-pegal tersebut.

Tahapan Gerakan Yoga untuk Bahu

1. Wall Chest Stretch.

Posisi tubuh berdiri tegak, dengan badan menghadap 90 derajat dari dinding. Kemudian tangan diangkat setinggi bahu dan menjauhi badan. Dimana posisi badan open dan ketarik. Tahan posisi ini selama 5 menit setelah selesai ganti posisi kearah yang berlawanan.

2. Wall Down-dog.

Jika biasanya kita melakukan down-dog di lantai, kali ini kita coba variasikan gerakan down-dog tapi menggunakan bantuan dinding. Dimana badan menjauhi dinding sejauh mungkin, dimana telapak tangan masih dapat menyentuh dinding. Posisi tubuh dari perut keatas condong kedepan dan lurus.

Dengan gerakan ini punggung otomatis ketarik dan otot-otot disekitar bahu akan stretch. Jika dilihat dari foto, berat badan cenderung untuk turun kebawah. Tetapi dengan memposisikan tubuh dan mempertahankan agar tubuh tidak cenderung turun, perut juga akan ikut stretch. Tahan posisi ini dalam waktu 5 menit.

3. Wall Prayer Stretch.

Wall Prayer Stretch hampir mirip dengan Wall Down-dog. Perbedaannya terletak pada posisi tangan yang diangkat lebih tinggi dari badan atau kepala. Dengan tangan diangkat lebih tinggi maka bahu belakang dan punggung atas akan lebih ketarik jika dibandingkan dengan pose wall down-dog.

4. Child Pose.

Child Pose sering kali menjadi gerakan penutup pada saat melakukan latihan yoga full. Gerakan ini banyak sekali manfaat nya dan menjadi gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan. Ketika badan sangat letih, duduk tersungkur dengan tangan ditaruh diatas kepala, tubuh bagian atas ketarik dan stretch. Sehingga pegal-pegal pun hilang.

5. Variasi Child Pose

Variasi lain dari Child pose yang mana menjadi salah satu gerakan yoga untuk bahu adalah seperti foto diatas.

Badan tengkurap, wajah menghadap ke lantai, kemudian tangan diangkat keatas belakang. Dimana area sekitar dada, bahu, tangan dan punggung stretch kebelakang. Posisi ini membuat dada open dan area tubuh bagian atas ketarik.

6. Sitting Pec Strecth

Gerakan Sitting Pec Strecth biasanya saya lakukan jika pekerjaan sedang banyak-banyaknya tapi tidak ada waktu untuk latihan. Cukup di kursi kerja kantor disela-sela istirahat saya melakukan gerakan stretching. Dengan meletakkan kedua tangan dibelakang badan sejauh mungkin, dimana kursi menjadi sandaran kedua tangan.

Dengan 6 gerakan diatas, diharapkan pegal-pegal serta nyeri pada bahu, pundak, lengan dan punggung dapat diatasi.

6 Replies to “Pose Yoga untuk mengatasi Nyeri pada Bahu”

Tinggalkan Balasan