Eka Pada Viparita Dandasana

Gerakan Eka pada Viparita Dandasana merupakan nama pose yoga yang cukup rumit untuk diingat. Ketika menulis ini pun saya harus buka buku primbon untuk mengingat pose yang satu ini. Kalau dijabarkan arti Eka pada Viparita Dandasana akan berarti seperti yang di bawah ini:

Ekam (एकम्, Ekam) = one
Pada (पाद, Pāda) = foot, leg
Viparita (विपरीत, Viparīta) = reversed, turned around
Danda (दण्ड, Daṇḍa) = stick
Asana (आसन, Āsana) = Posture, Seat
Eka-Pada Viparita Dandasana (एकपाद विपरीत दण्डासन, Eka-Pāda Viparīta Daṇḍāsana) = One-legged-reversed-Stick-Posture

ekapada viparita dandasana

Kalau dengan kalimat gampang adalah Pose Yoga dengan satu kaki diatas, gitu kali yach perkiraan artinya.

Eka pada adalah pose lanjutan dari Dwi pada. Gerakannya dapat dilihat seperti pada foto dibawah ini. Dimana perbedaan kedua gerakan terletak pada kaki. Pada dwi pada, kedua kaki ditaruh dimatras sedangkan pada eka pada, satu kaki naik keatas.

gerakan yoga untuk tulang belakang

Sumber Yoga Journal.

Harusnya sebelum membahas eka pada terlebih dahulu saya membahas dwi pada. Tetapi ketika menulis halaman ini saya sepertinya merasa yakin kalau pembahasan mengenai dwi pada sudah pernah saya tulis. Ternyata setelah bongkar-bongkar file taunya nga ada. wkwkwk.

Tapi nga masalah sich, kita bisa bahas terpisah dilain hari mengenai dwi pada viparita dandasana. Semoga saya nga kelupaan lagi.

Manfaat Gerakan Yoga Eka Pada Viparita Dandasana

Tumpuan tubuh yang paling utama ada di tulang belakang. Oleh karena itu dalam banyak gerakan di Yoga kita selalu diingatkan untuk terus menerus membenarkan cara duduk atau berdiri yang baik serta menegakkan tubuh. Sehingga dengan posisi tersebut menunjang proporsi tulang belakang yang sehat dan bokong yang indah.

Kesehatan tulang belakang memungkinan kita terhindar dari keletihan, ketidaknyamanaan dan rasa nyeri. Terutama khusus buat saya pribadi, masalah tulang belakang dan kebiasaan punggung bungkuk masih menjadi keluhan terbesar buat saya.

Oleh karena itu gerakan backbend adalah gerakan rutin yang selalu ada didalam agenda yoga saya. Begitu juga di kelas Yoga yang saya ikuti, backbend adalah gerakan yang selalu ada dalam sequence latihan.

Untuk tahapan melakukan gerakan eka pada viparita dapat dilakukan dengan cara seperti berikut ini:

  • Posisi badan berbaring.
  • Taruh kedua tangan diubun-ubun kepala dengan posisi dikepal.
  • Angkat badan setinggi mungkin dengan tumpuan ubun-ubun di matras. Posisi mengangkat badan seperti melakukan gerakan kayang.
  • Kedua kaki menapak di matras. Pada kondisi seperti ini badan sering sekali melorot, oleh karena itu perlu telapak kaki mencengkeram ke matras. Pada posisi disini, gerakan yoga dinamai dwipada viparita dandasana. Untuk melanjutkan kegerakan ekapada viparita dandasana kita harus melakukan step selanjutnya.
  • Kedua kaki perlahan-lahan dipindahkan mendekati kepala. Dengan posisi kedua kaki dibuka selebar pahu.
  • Jika kita sudah menemukan titik nyaman perlahan-lahan salah satu kaki diangkat lurus keatas. Lakukan bergantian dengan kaki yang satunya.

Jika dijelaskan dengan kalimat diatas kelihatannya gerakan ini sangatlah sulit. Tapi dengan ada panduan berupa video dibawah, gerakan tersebut dapat dengan mudah dilakukan sendiri di rumah baik bagi pemula yang baru belajar yoga.

Berikut ini adalah video panduan gerakan Dwi pada dan Eka pada Viparita Dandasana. Selamat mencoba dan semangat berlatih yach!

16 Replies to “Eka Pada Viparita Dandasana”

  1. Tiba2 inget itu Matras mahil2 masih di segel aja,,, kapan bisa makenya yak..
    Ah tulisanmu bikin merasa berasa bersalah nih,, kagak mulai2 Yoganya hahahahah
    Thank you Lina… jangan bosen2 bikin racun Yoga yak…

  2. Ini sekarang bisa masuk kolom komentar, berarti internet atau apa yang error kemarin waktu masuk di komentar Cinta Indonesia itu, nggak ngerti say.

    Wah, udah beberapa bulan nggak yoga, udah kaku badannya…
    saya juga senang lihat video say, visual saya lebih jalan.

    ayo, ditunggu video versi ini ya…

    1. akhirnya masuk juga, hehehe berarti benar jaringan internetnya kemaren yang masalah.

      iya kak, untuk gerakan ini emang paling gampang ngejelasin dengan menggunakan video. semoga aku nga kelupaan yach hehehe.. terima kasih yach kak.

      1. Iya say, tampaknya internet berarti yang masalah ya…
        baca urutannya ada banyangan, dengan video pasti lebih mantap…

        dan yang terpenting, harus mulai nggak males dulu nge yoga… huaaammm…. maccam mana ini… hahaha

Tinggalkan Balasan