Mengenang Pasar Ikan Tsukiji Tokyo

pasar ikan tsukiji tokyo 1

Menceritakan kembali perjalanan kami mengunjungi Pasar Ikan Tsukiji Tokyo, mengingatkan saya akan ucapan Ishai Gohlan seorang host acara TV Street Food yang tayang di NatGeo People. “Jika sedang mengunjungi suatu kota ataupun daerah, sempatkan untuk berkunjung ke pasar tradisional dimana kita berada. Kamu akan melihat budaya, kebiasaan dan tradisi suatu negara dari makanan yang disajikan di pasar tersebut”. 

Benar juga sich. Pada saat kita berkunjung ke pasar tradisional, kondisi pasar, hiruk pikuk, tingkat kebersihan dan bahan-bahan yang disajikan mempresentasikan kehidupan masyarakat tempat dimana kita berkunjung.  Begitu juga dengan pasar Tsukiji, pasar ikan tradisional terbesar yang ada di Tokyo.

Beberapa hari yang lalu saya mendapat kabar dari sahabat saya Tiara dimana Pasar Ikan Tsukiji Tokyo akhirnya direlokasi juga. Berita tersebut sebenarnya sudah santer terdengar sebelum keberangkat kami ke Jepang. Hanya beberapa kali rencana pemerintahan Jepang untuk memindahankan pasar tersebut ditunda. Dan ini memberikan kami berpeluang untuk menjadikan pasar ikan tersebut menjadi salah satu objek yang harus kami kunjungi jika kami ke Tokyo.

Jikalau rencana pemindahan pasar ikan tersebut benar akan direlokasi, setidaknya kami sudah pernah menginjakkan kaki disini.  Dan benar saja tepat tanggal 1 Oktober 2018 resmi pasar ikan Tsukiji dipindahkan ke Toyosu.

Pasar Ikan Tsukiji Tokyo, Tinggal Kenangan.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan pasar ikan Tsukiji sulit untuk dilupakan.

Lokasi Pasar Ikan Tsukiji.

Pasar Ikan Tsukiji yang merupakan pasar induk Tsukiji lokasinya berada di Tenggara kota Tokyo, berdekatan dengan kawasan Ginza. Sehingga pencapaian dari dan menuju pasar ikan Tsukiji gampang dicapai. Dari tempat kami menginap yaitu di Day Nice Hotel ke pasar Tsukiji hanya berkisar 3,8 – 4 km saja atau sekitar 15 – 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Sejarah dan Latar Belakang Pasar Ikan.

Ternyata pasar ikan Tsukiji sudah beroperasi selama 83 tahun yaitu tepatnya Februari 1935. Yang mana merupakan salah satu pasar tertua yang ada di Tokyo. Dan merupakan pasar ikan terbesar di dunia.

Sama seperti pasar pada umumnya yang ada di berbagai tempat. Pasar ikan Tsukiji menjual berbagai macam buah, sayur, cemilan, pernak pernik serta peralatan dapur yang cukup lengkap disini. Hanya yang membuat pasar Tsukiji terkenal yaitu adanya acara pelelangan ikan yang diadakan pada dini hari.

Pelelangan ikan yang diadakan di pasar dalam Tsukiji tidak dapat disaksikan oleh pengunjung umum. Hanya pelaku bisnis, orang yang terdaftar dan pihak-pihak yang ikut serta dalam pelelangan yang boleh masuk ke area dalam pasar Tsukiji. Sebenarnya disediakan quota bagi pengunjung umum untuk dapat masuk ke area dalam pasar, hanya saja peluang cukup sedikit yaitu 120 pengunjung per hari yang dapat masuk.

Objek wisata kuliner bagi turis.

Bagi pecinta kuliner sangat disarankan untuk menjadikan pasar Tsukiji sebagai tempat memuaskan keingin tauan akan kuliner khas Jepang. Kami yang memang tidak berencana untuk datang subuh dan menghadiri acara pelelangan ikan.  Sudah cukup senang dengan mengitari pasar luar Tsukiji. Dimana sepanjang jalan tersedia berbagai macam makanan yang unik dan hanya tersedia di pasar ini.

Kami yang tiba di lokasi yaitu sekitar jam 9 dan selesai jam 11, yaitu sekitar 2 jam sudah cukup puas mengitari pasar dan mencicipi jajanan yang ada di pasar tersebut. Dimana perut kenyang walaupun tadi pagi sudah menyediakan ruang kosong di perut dengan sarapan seadanya di hotel. Dengan harapan bisa dengan leluasa mencicipi beraneka ragam cemilan yang disediakan di pasar Tsukiji.

Keluar dari pasar, perut benar-benar penuh, padahal sudah menanti makanan utama yang sudah disediakan di restaurant selanjutnya yang memang akan kami kunjungi untuk makan siang. Hikssss…

pasar ikan tsukiji tokyo 4

pasar ikan tsukiji tokyo 3

Mochi red bean dengan topping strawberry utuh. Ukuran mochi besar dan cukup mengenyangkan untuk porsi saya.

pasar ikan tsukiji tokyo 2

Berbagai jenis mochi yang disediakan di kios ini.

pasar ikan tsukiji tokyo 10

Ice cream black bean merupakan cemilan favorite di pasar Tsukiji. Antriannya sangat panjang dan merupakan cemilan yang cocok diujung musim semi saat itu.

Relokasi Pasar Ikan Tsukiji.

Relokasi pasar ikan Tsukiji sudah cukup lama direncanakan. Dikarenakan lokasinya yang berada dipusat kota Tokyo membuat turis dan pengunjung yang berdatangan ke pasar ini membludak. Yang mana alasan sanitasi dan kenyamanan membuat pasar tersebut harus direlokasi.

Belum lagi bencana gempa dan kebakaran besar yang terjadi di tahun 2017, membuat struktur bangunan yang ada di pasar Tsukiji terancam. Oleh karena itu diharapkan perpindahan pasar ikan Tsukiji ke Toyosu dapat mengakomodir kebutuhan pedagang dan penjual yang ada di pasar tersebut. Dan turis serta pengunjung pun nyaman untuk datang kesana.

pasar ikan tsukiji tokyo 12

Berikut ini beberapa foto yang bisa saya bagikan sebagai kenang-kenangan selama berkunjung ke Pasar Ikan Tsukiji Tokyo. Semoga menikmati.

pasar ikan tsukiji tokyo 5

pasar ikan tsukiji tokyo 6

pasar ikan tsukiji tokyo 7

pasar ikan tsukiji tokyo 8

pasar ikan tsukiji tokyo 15

pasar ikan tsukiji tokyo 18

pasar ikan tsukiji tokyo 19

pasar ikan tsukiji tokyo 20

pasar ikan tsukiji tokyo 14

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

11 thoughts on “Mengenang Pasar Ikan Tsukiji Tokyo”

Tinggalkan Balasan