Belajar Berkuda di Kentauros Stable and Horse Riding School

belajar berkuda di kentauros stable 15

Pengalaman pertama belajar berkuda di Kentauros Stable and Horse Riding School rasanya seperti nano-nano. Penasaran, senang dan takut campur jadi satu. Pada saat memasuki area lapangan untuk latihan berkudaan, saya sangat ragu-ragu dengan diri saya sendiri. Bisa tidak yach saya menikmati pelajaran hari ini tanpa was-was dan takut menghadapi  kuda.

Berhadapan langsung dengan kuda-kuda yang ada di Kentauros nyali saya langsung ciut duluan. Karena berbeda dengan kuda yang pernah saya lihat sebelumnya, kuda yang ada disini tampilannya kekar, berotot, maskulin dan gagah.

Pada saat kami berkunjung ke Kentauros, kami langsung menyaksikan pertunjukan para murid yang sedang berlatih berkuda untuk persiapan pertandingan yang kebetulan diselenggarakan minggu depan. Tepatnya tanggal 14-15 April di Arthayasa Stable pada ajang Djiugo seri ketiga. Melihat mereka berlatih merupakan pemandangan yang membuat saya berdecak kagum.

Posisi tubuh atau postur mereka diatas kuda itu sangat elegan. Dan ritme tubuh mereka sangat sinkron dengan kuda yang mereka tunggangi. Terutama pada saat meloncat melewati palang besi penghalang. Yang pastinya dibutuhkan skill, keterampilan dan latihan yang panjang untuk bisa diposisi tersebut.

kentauros stable 1

kentauros stable 2

kentauros stable 3

Belajar Berkuda di Kentauros Stable.

Tidak pernah sedikitpun dalam benak saya untuk mempelajari pelajaran berkuda. Kalaupun harus melatih skill saya, pasti bidangnya tidak jauh-jauh dari menyelam, panjat tebingataupun yoga. Pertemuan saya dengan mas Andoko Aribowo mengubah pikiran saya mengenai dunia perkudaan, wkwkwk istilahnya koq aneh bangat yach.

Pertama kali mengenal mas Ari itu pada saat mengunjungi Rumah Ramah Lingkungan milik beliau. Yang mana pada saat berkunjung ke rumah, saya diterima langsung dengan istri mas Ari yaitu mbak Sherly yang baru pulang dari sekolah berkuda milik mereka. Obrolan mengenai berkuda hanya sekilas dan kemudian nga ada kelanjutannya.

Sampai beberapa bulan sebelum, sahabat saya Nik menyinggung kembali niat kami untuk belajar berkuda. Dan langsung saya sanggupi. Karena bagi saya, mempelajari hal yang baru itu merupakan sesuatu yang menyenangkan. Walaupun pertama kali belajar pasti ada rasa takut.

Kentauros Stable and Horse Riding School.

Kentauros Stable and Horse Riding School adalah tempat sekolah berkuda dimana kita dapat belajar dan berlatih menunggang kuda. Sekaligus tempat pelatihan kuda yang mana pemilik kuda dapat menitipkan kuda untuk dirawat dan dilatih. Di Kentauros terdapat 14 kuda yang mana terdiri dari 6 ekor kuda milik member dan 8 ekor kuda milik Kentouros.

Pelatih dan tim yang ada di Kentauros adalah pelatih-pelatih kuda profesional. Dimana selain ahli, mereka punya kepedulian yang tinggi dengan kuda-kuda yang mereka miliki. Salah satu pelatih senior yang menjadi pelatih di Kentauros Stable adalah om Wempy Kaunang. Salah satu dari 4 pelatih senior bertaraf internasional yang dimiliki oleh Indonesia.

Saya yang baru pertama kali belajar saja merasa nyaman diajari oleh pelatih-pelatih yang ada di Kentauros Stable. Dari yang takut sampai saya merasa nyaman untuk berinteraksi dengan kuda.

Kuda-kuda yang ada disini dirawat dengan sangat baik. Terlihat dari postur dan perawakan kuda. Seperti yang saya utarakan diatas, semua kuda-kuda yang saya lihat berperawakan anggun, gagah, maskulin dan berotot. Dikarenakan tampilannya yang perkasa tadinya saya pikir kuda-kuda disini pada galak. Ternyata pas didekatin kuda-kuda tersebut terlihat ramah dan nurut.

Kuda yang saat itu kami tunggangi adalah Pumpkin dan Savvy. Pumpkin yang merupakan kuda asli Aceh dan Savvy asli Australia ini dengan sabar menunggu instruksi saya untuk maju, berhenti ataupun berbelok kekiri ataupun kanan. Karena pelajaran pertama yang saya dapatkan dipertemuan kemaren masih seputar bagaimana saya nyaman dengan kuda yang saya tunggangi.

Untuk informasi lebih detail mengenai kuda dan pelatih dapat langsung mengunjungi website mereka di www.kentaurostable.com. Menurut saya buat teman-teman yang tinggal di area Jakarta-Bogor Lokasi Kentauros Stable and Horse Riding School bisa dibilang cukup dekat dan mudah pencapaiannya.

kentauros stable 16

kentauros stable 17

kentauros stable 18

kentauros stable 19

kentauros stable 9

Manfaat Belajar Berkuda.

Mungkin bagi murid pemula seperti saya, manfaat belajar berkuda belum terlalu terasa. Karena kebanyakan sesi yang saya habiskan lebih banyak kepada memupuk rasa nyaman bersama kuda yang saya tunggangi. Dan diakhir sesi belajar setelah turun dari kuda saya diajar untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada kuda dengan memberi belaian dan kecupan.

Saya bisa manatap mata Savvy, kuda yang saya tunggangi merespon kecupan atau belaian saya.  Jujur rasanya kayak menerima balasan cinta yang sudah lama ditunggu-tunggu. Setidaknya cinta saya tidak bertepuk sebelah tangan. Ya ampun ini bahasanya lebay dech. Tapi serius, respon Savvy membuat saya enggan untuk pulang dan sudah tidak sabar untuk kembali melanjutkan pelajaran berikutnya.

Belajar berkuda ada baiknya dimulai ketika masih anak-anak ataupun remaja. Dengan belajar kuda sedini mungkin dapat memupuk rasa percaya diri, fokus, dan ikatan atau interaksi dengan lingkungan.

Terapi bagi anak berkebutuhan Khusus.

Masa usia anak-anak sampai remaja adalah masa paling efektif untuk membangun dan mengembangkan rasa empati. Empati diperlukan untuk berinteraksi dan memiliki rasa kasih sayang dengan sesama. Sikap empati merupakan modal seorang anak pada saat bergaul dengan anggota keluarga ataupun teman.

Semakin baik seorang anak mengembangkan sikap empati, semakin sehat lah pertumbuhan mental dan jiwa sang anak. Empati ini dapat dilatih dengan cara berinteraksi dengan alam dan juga binatang.

Khusunya bagi anak berkebutuhan khusus, binatang merupakan salah satu terapi untuk menumbuhkan emosional dan sosial skill. Maka tidak salah jika anak berkebutuhan khusus dibiasakan dekat dengan binatang. Sehingga ekspresi rasa sayang terhadap binatang membuat stimulasi anak meningkat.

Dengan belajar berkuda, anak dilatih untuk mempunyai ikatan atau bonding dengan kuda yang ditunggangi.

Melatih Postur dan Tulang Punggung.

Pada saat berada diatas kuda, posisi tubuh haruslah tegak. Dengan posisi tubuh tersebut penunggang kuda terlihat anggun, percaya diri dan berwibawa. Nga lucu aja kudanya sudah gagah, trus yang nunggangin badannya bongkok.

Dengan posisi tubuh tegak memungkinkan gerakan tubuh dan kuda menjadi sinkron. Berat badan menumpu ditengah sehingga dapat dengan luwes mengikuti arah gerakan kuda. Berlama-lama diatas kuda dengan posisi tubuh tegak membuat tulang belakang menjadi kuat dan tegak.

Selain kedua manfaat diatas belajar berkuda punya banyak manfaat lain antara lain meningkatkan kekuatan otot, belajar fokus, bertanggung jawab terhadap kuda yang kita tunggangi dan yang pasti membakar kalori.

Semua foto diambil oleh Iwan Kurniawan.

kentauros stable 13

Biaya Belajar Berkuda di Kentauros Stable and Horse Riding School bisa dibilang cukup aman dikantong. Yang tadinya saya pikir biaya belajar berkuda lebih mahal daripada diving ternyata salah besar. Untuk Pony Ride sendiri  Rp. 150.000,- sedangkan private Rp. 300.000,- dan langsung ditangani oleh pelatih-pelatih profesional. Menurut saya biaya tersebut sangatlah terjangkau.

Bagi yang berminat datang ke Kentauros Stable ada baiknya mempersiapkan bawaan makanan dan cemilan seperti wortel untuk diberi kepada kuda. Sebagai sarana interaksi kita dengan kuda-kuda yang ada disini.

Rasanya tidak salah dech pilihan saya untuk belajar berkuda di Kentauros Stable and Horse Riding School. Kira-kira membaca ulasan saya ada yang berminat menyusul ikutan belajar bareng saya tidak yach.

kentauros stable 8

kentauros stable 6

kentauros stable 4

kentauros stable 5

kentauros stable 20

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

18 thoughts on “Belajar Berkuda di Kentauros Stable and Horse Riding School”

  1. Seru ya, Mbak. Pengalaman naik kuda memang seru… saya pernah coba sekali di Bromo, dan cukup menyenangkan. Saya setuju, berinteraksi dengan binatang butuh banyak waktu, banyak kesabaran, dan pengertian. Mungkin benar, bahwa kuda (dan binatang lain) pasti bisa merasakan perasaan manusia yang sedang berinteraksi dengannya. Kalau tulus dan baik, ia juga akan baik dan memberikan yang terbaik. Semangat terus ya, Mbak!

  2. Keren Lina…dari menyelam, panjat tebing, yoga dan kiri merambah berkuda. Gesture tubuh Lina sudah nyaman menyatu di punggung kuda bak pendekar putri loh. Selamat berkuda yakk putri Lina

  3. Kalau untuk kuda poni, ada batasan usia tidak ya? Anak saya, masih tiga tahun, suka sekali naik kuda. Karena di Jakarta jarang ada kuda, akhirnya seringnya saya ajak naik kuda mainan yang di mall 🙁

Tinggalkan Balasan