Pesona Alor yang Wajib Dikunjungi

Jika sebelumnya saya banyak bercerita mengenai keindahan pantai dan bawah laut Alor, point dibawah ini adalah beberapa pesona Alor yang wajib dikunjungi.

Menurut saya kekayaan alam dan budaya yang ada Alor itu sangat lengkap. Dan adanya tulisan ini berarti cerita mengenai pulau Alor pun berakhir.

1. Air Terjun Ilawe

pesona alor yang wajib dikunjungi 1

Air terjun Ilawe berada di desa Alila Timur kecamatan Kabola Alor. Menuju ke air terjun ini kami menempuh perjalanan 1 jam dari penginapan menuju desa Alila dan kemudian berjalan kaki selama 1,5 jam melewati hutan dan sungai kecil.

Kalau diingat-ingat lagi saya juga bingung koq bisa yach kami jalan sejauh ini demi sebuah air terjun. Padahal sehari sebelumnya saya sempat jackpot ketika diving akibat kondisi badan yang nge-drop. Dan hari ini kami malah trekking ke hutan untuk melihat air terjun.

Untuk kondisi kami yang bukan tipe pejalan kaki, rasanya mengitari hutan kemarin adalah perjalanan yang cukup menakjubkan dan menantang. Jalanannya benar-benar masih alami sampai berkali-kali nyasar dan pengen menyerah rasanya.

Tapi untungnya kami sempat ketemu dengan penduduk yang sedang mengambil pisang atau buah-buahan liar yang ada di hutan. Jadilah kami diantar sampai ke tujuan.

pesona alor yang wajib dikunjungi 14

Air terjun ilawe tingginya nya sekitar 20 meter. Dan menurut bapak yang mengantar kami disini diatas masih ada beberapa undakan air terjun lagi diatas. Hanya mengingat perjalanan yang kami tempu hanya ke satu air terjun saja sangat jauh akhirnya kami pun mengundurkan diri.

Agak lama juga kami berendam dan mengabadikan dokumentasi di air terjun dan masih dalam kondisi basah-basah kamipun turun ke tempat dimana kendaraan kami parkirkan. Karena mengingat hari sudah menjelang sore dan kami tidak mau kemalaman berada di hutan,

2. Kain Tenun Tradisional – Pulau Ternate

pesona alor yang wajib dikunjungi 12

Pulau Ternate Alor, terkenal sebagai desa tenun ikat tradisional. Disini Thomas guide kami selama di Alor memang menjadwalkan kami singgah di desa ini untuk melihat aneka ragam jenis kain tenun ikat untuk kami beli sebagai cinderamata.

Penduduk desa Ternate pada umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Tetapi ibu-ibu dan wanita muda secara turun temurun diajarkan untuk dapat membuat kain tenun sebagai kegiatan sampingan mereka. Disini semua dilakukan dengan cara tradisional mulai dari memintal kapas menjadi benang, mewarnai, menenun sampai jadi sebuah kain yang siap untuk dijual.

Hanya demi kepraktisan, beberapa kain sudah ada yang dibuat dengan menggunakan benang yang sudah jadi. Mungkin kalau dilihat dari beberapa kain yang dijemur. Kita dapat melihat perbedaan yang sangat kontras, mana kain yang terbuat dari benang jadi dan mana yang dari benang asli yaitu dari warna-warna kain yang dihasilkan.

Untuk kain dengan warna yang sangat kontras bisa dipastikan bahwa kain tersebut menggunakan benang yang sudah siap jadi. Dan itu juga sangat mempengaruhi harga dan kualitas.

pesona alor yang wajib dikunjungi 17

Saya tidak begitu mengerti mengenai filosofi dari motif kain, hanya dari beberapa kain yang sekilas saya perhatikan, motif-motif yang ada itu cukup sederhana. Mulai dari kura-kura, ikan, kupu-kupu sampai naga.

Saya tidak begitu mengerti mengenai kain dan bingung kalaupun beli bakalan dijadiin apa nantinya. Oleh karena itu ketika teman-teman saya asyik memilih-milih kain yang hendak mereka beli, yang ada saya malah jalan-jalan mengelilingi pulau untuk mengambil foto dan melihat aktivitas para nelayan memperbaiki jangkar.

pesona alor yang wajib dikunjungi 16

Masing-masing rumah dihalaman belakang pasti ada jemuran kain seperti ini.

pesona alor yang wajib dikunjungi 15

Beberapa jenis kain yang sudah jadi. Dan siap untuk dijual.

pesona alor yang wajib dikunjungi 2

Bersama mama yang sedang menenun kain.

3. Kampung Adat – Desa Takpala

pesona alor yang wajib dikunjungi 13

Desa Takpala merupakan salah satu kampung adat yang ada di Pulau Alor yang masih menjaga adat istiadat nenek leluhur. Dimana aturan dan peletakan rumah masih mengikuti cara-cara lama.

Pada saat kami berkunjung ke desa ini, sedang ada jamuan menyambut kedatangan pemuka agama yang memang dijadwalkan berkunjung ke desa ini. Oleh karena itu pemuka adat sudah bersiap-siap dengan baju kebesaran dan peralatan dalam rangka penyembutan tersebut.

Penduduk desa Takpala sangat ramah dan menyambut tamu dengan sangat terbuka. Selain kami dan rombongan pemuka agama, saya sempat bertemu dengan seorang kewarganegaraan asing yang menetap disana dalam rangka penelitian.

Sempat berdiskusi lama dengan tamu asing ini, ternyata kunjungan beliau ke desa Takpala adalah kunjungan kedua dan beliau sudah menetap disana selama 6 bulan. Tadinya saya mengira subjek penelitian beliau berhubungan dengan budaya dan masyarakat Alor dan ternyata dugaan saya salah besar. Yang beliau teliti adalah biota yang ada disekitaran pulau Alor.

pesona alor yang wajib dikunjungi 9

 

pesona alor yang wajib dikunjungi 5

Berpose dengan mama Alor

pesona alor yang wajib dikunjungi 10

Puncak jalan salib di Desa Takpala Alor

pesona alor yang wajib dikunjungi 18

Foto bersama sebelum meninggalkan desa Takpala. Senja nya masih kelihatan, dan wajah kami kelihatan sangat lelah walaupun senang dan puas menikmati hari yang sangat padat. Foto diambil oleh Moles driver kami dengan menggunakan kamera Nina Wong.

4. Bukit Cinta Alor

pesona alor yang wajib dikunjungi 11

Memandang langit dengan taburan bintang. Pada saat itu kami tidak ada rencan untuk hunting foto bintang. Ketika hendak keluar dari penginapan untuk membeli keperluan obat-obatan di kota, setelah selesai driver kami Moles membawa kami ke tempat ini.

Spot dimana kita dapat melihat pemandangan kota dengan leluasa beserta taburan bintangnya. Hanya sayangnya saya tidak membawa tripod jadi fotonya agak blur.

Rasanya pemandangan seperti ini sangat jarang bisa kita jumpai di kota besar. Salah satu pesona Alor yang wajib dikunjungi dan diabadikan.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

19 thoughts on “Pesona Alor yang Wajib Dikunjungi”

  1. Untuk air terjun Ilawe…saya cukup nebeng perjalanan Lina..
    Untuk desa adat dan taburan bintang di langit Alor..wah Lina berhasil tebar virus pengin mencicip keelokan bumi Alor.
    Terima kasih Lina duta wisata Alor membabar alam Alor buat kami pembaca. Salam wisata

    1. Terima kasih juga Bu Prih. Menuju air terjun memang perjalanannya rada dasyat, beberapa teman juga pada mundur karena mesti melawan arus sungai dan permukaan jalan yang nga rata :-).

  2. kain2nya kereeen… jempol deh buat ketelatenan mama2 Alor
    dan beruntung banget Lin datang ke desa adat pas ada acara, jadi bisa melihatpara tokoh masyarakat berpakaian adat lengkap

    1. iya kak Monda, bersyukur bangat pas waktu nya.

      aku beli kain tenun tapi hanya buat syal doang. nga berani beli kain yang ukurannya besar takut nga tau makenya kapan.

  3. Air terjunnya cakep.
    Salut sama desa adat dan penduduknya yang melestarikan tenun kain. Inilah wisdom lokal yang harusnya dilestarikan di tiap daerah Indonesia.

    1. Sebenarnya tiap daerah pasti punya kebijakan lokal semacam ini yach uda. Sayangnya nga terlalu terekspos.

      Perjuangan mencapai air terjun juga cakep uda, untung saat itu stamina lagi fit. kalau nga sudah berhenti ditengah jalan dech akunya.

  4. Aih alor, aku cuma bisa sandar di pelabuhan kalabahinya aja kak itu pun cuma 2 jam jadi hanya muter seputar pelabuhan.
    Tapi alor masih jadi misteri bagiku. Banyak sekali yang belum ku ketahui
    Makasih ya udah di bagi ceritanya

    1. Sayang juga yach hanya di pelabuhan kalabahi. Semoga ada kesempatan kesini lagi yach mas mengunjungi tempat-tempat cantik lainnya di Alor.

      Terima kasih sudah berkunjung kesini.

Tinggalkan Balasan