Menyelam di Menjangan

menyelam di menjangan 5

Merasakan sensasi menyelam di Tulamben membuat saya ketagihan untuk merasakan suasana menyelam di Menjangan. Masih berada di Propinsi yang sama yaitu Bali, kali ini kami khususkan perjalanan menyeberangi pulau kecil yang ada di Pulau Bali.

Ada dua alasan khusus kenapa kami kembali berkunjung ke Bali untuk yang kesekian kalinya. Yaitu pertama adanya keinginan untuk merasakan suasana Nyepi dan kedua memenuhi bucket list saya menyelam di Menjangan.

Sebenarnya masih ada beberapa daftar spot penyelaman yang ingin saya kunjungi. Tapi karena keterbatasan waktu, akhirnya saya harus puas hanya turun satu spot dilokasi ini.  Kami pun akhirnya mengambil waktu menyelam sebelum perayaan Nyepi dikarenakan para master dive yang akan menemani saya menyelam sudah mulai bersiap-siap pulang ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan Nyepi bersama keluarga.

Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan berada disebelah Utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Dari Kuta menuju kawasan ini dibutuhkan 3 jam perjalanan darat. Kami berangkat jam 6 pagi dan sampai dilokasi tempat operator penyelaman yang kami tuju yaitu sekitar jam 9.

Kemudian menyeberang dengan speed boat sekitar 30-45 menit. Dan menemukan pulau kecil dengan gapura Ganesha dipintu gerbang pulau sebagai petanda kami telah sampai di pulau Menjangan.

menyelam di menjangan 7

Saat kedatangan kami cuaca mendung dan sempat hujan dengan curah ringan. Pada saat itu sedang musim ikan, sehingga sepanjang perjalanan kami menemukan sekumpulan lumba-lumba berseliweran. Pemandangan yang cukup menyenangkan. Walaupun sempat hujan rintik-rintik, permukaan air tenang dan jarak pandang didalam air cukup bersih. Sehingga bisa dibilang kesan penyelaman yang saya alami sangat lancar dan nyaman.

Menyelam di Menjangan

Lokasi penyelaman tidak begitu jauh dari pintu gerbang Gapura Ganesha. Beberapa speed boat sudah terlebih dahulu merabat disekitar pintu gerbang pulau Menjangan. Saya melihat banyak turis mancanegara yang menjadi peserta penyelaman. Dan berhubung teman-teman saya kebanyakan hanya ingin bersnorkling saja, jadi saya digabungkan dengan peserta yang ada dikapal tetangga.

Dive master saya bapak Gede, membantu saya mengenakan pakaian menyelam dan menemani saya turun perlahan-lahan menyusuri wall atau dinding yang ada di Menjangan.

Wall nya sangat panjang dan cukup dalam. Karena sertifikasi menyelam saya masih pemula, saya hanya diperbolehkan turun sedalam 18 meter saja. Tapi itupun rasanya sangat menyenangkan.

Dengan kedalaman 18 meter saya sangat puas mengelilingi dinding dan mengamati terumbu karang dan ikan-ikan serta penghuni yang ada disekitar wall tersebut. Dan seperti biasa saya lupa mengatur settingan yang ada dikamera underwater, sehingga tampilan yang saya dapatkan berwarna biru seperti yang ada pada foto dibawah ini. Hiksss.. sedih.

menyelam di menjangan 4

menyelam di menjangan 3

menyelam di menjangan 2

Menikmati keindahan bawah laut Pulau Menjangan

Selain menyelam, kami pun menghabiskan waktu di Pulau Menjangan dengan bersnorkling dan mengambil dokumentasi foto dengan berbagai pose. Guide kami yaitu Dhika, selain menemani kami menyelam dan bersnorkling. Ternyata dia pun sangat ahli memainkan kamera underwater nya.

Jadilah hasil foto-foto selama di Pulau Menjangan semuanya bagus-bagus berkat hasil pengarahan dari beliau. Terima kasih yach Dhika, kamu masih berhutang menemani saya menyelam dilain kesempatan.

Berikut ini beberapa foto yang diambil oleh Dhika, selama kami bersnorking dan menyelam di Menjangan.

menyelam di menjangan 8

menyelam di menjangan 9

menyelam di menjangan 11

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

14 thoughts on “Menyelam di Menjangan”

  1. Suksma Lina berbagi keelokan bawah laut kawasan Menjangan melalui diving maupun snorkeling yg tak bisa saya lakukan, hiks. Variasi koralnya masih banyak ya semoga lestari biodiversitas tinggi di perairan kita.

  2. Sisi lain dari keindahan alam bawah laut yang disimpan Menjangan diulas disini.
    Kalau ga salah saya juga sempat membaca gapura penyambutan pulau Menjangan di blognya Gara. Satu Menjangan aja menyimpan banyak keindahan dan budaya. Indonesia memang elok.

    1. Aku juga membaca tulisan Gara. Sehari kunjungannya ke Menjangan ulasannya terperinci sekali, dari baca tulisan Gara saja aku seperti mengenal itu pulau dengan detail. Emang keren dech Gara.

      Kemaren aku nga naik ke darat, hanya menikmati pemandangan bawah laut dan sekitarnya. Itupun mendung, tapi oke lah untuk waktu yang singkat hehehehe… Terima kasih yach mbak.

  3. Cantik juga spot menyelam di Pulau Menjangan ini ya.

    Saya juga kepengen menyelam lagi. Terakhir saya menyelam di gua laut Hukurila sampai kedalaman 25 meter, padahal itu baru penyelaman saya yang kedua dan tidak punya sertifikasi menyelam. Untuk mencapai kedalaman itu dive master-nya (dari marinir) berulang kali membimbing saya untuk melakukan ekualising karena telinga saya sakit setiap terjadi penurunan kedalaman.

    1. Iya uda, aku pernah baca tulisan uda tentang penyelaman di Ambon. Ayo menyelam lagi biar bisa berbagi pengalaman menyelam di Indonesia bagian Timur, dan pastinya cantik2 pemangandangan bawah lautnya.

    1. Sama mas, Indonesia Timur emang berasa beda yach. Ternate dan Tidore apalagi. Sudah lihat postingan mu sich buat ngiri aja hehehehe..

      Lebaran ini ada rencana mau ke Alor. Semoga cuacanya bagus yach.

Leave a Reply