Pesona Labengki, Pesonanya Indonesia

pesona labengki pesonanya indonesia 1

Pesona Labengki, pesonanya Indonesia. Itu kalimat pertama yang ada dibenak saya ketika menginjakkan kaki di pulau ini.

Setahun belakangan ini mendengar kata pesona sangat gencar kita dengar. Khususnya jika dikaitkan dengan slogan pariwisata kita yaitu pesona Indonesia. Kata pesona itu sendiri dapat diartikan sebagai daya tarik atau daya pikat.

Daya tarik atau daya pikat itu ibarat kilau yang memancar dari sebuah berlian jika terpantul sinar. Itu yang saya rasakan ketika berada di pulau Labengki. Pesonanya memabukkan dan membuat saya lupa untuk pulang.

Pesona Labengki, apa saja sich yang bisa kita lakukan disana?

pesona labengki pesonanya indonesia 2

Berenang dan snorkling.

Penginapan Kimaboe Resort sendiri berada diantara bukit-bukit karang. Dimana terdapat sekitar 9 rumah dan 1 area makan. Diantar 9 rumah tersebut ketika kami berkunjung kesana baru 5 rumah yang siap untuk dihuni, sisanya sedang dalam proses finishing.

Masing-masing rumah langsung berhadapan dengan laut dan selama di kimaboe resort saya puas berenang dan ber-snorkling. Bangung tidur langsung nyemplung adalah suatu pengalaman yang rasanya langkah saya temui di kota tempat saya tinggal. Jadi hanya cukup di penginapan saja, saya sudah sangat puas berenang dan ber-snorkling tanpa harus menghabiskan tenaga pindah ke tempat lain.

pesona labengki pesonanya indonesia 4

Menikmati Keindahan Kima.

pesona labengki pesonanya indonesia 22

Keistimewaan yang saya temukan di Labengki adalah menemukan kima dengan ukuran yang sangat besar. Disepanjang area penginapan kita dapat leluasa melihat kima dengan ukuran sekitar 60 – 80 cm dan dengan beraneka ragam warna.

Dikarenakan semakin langkahnya keberadaan kima di alam bebas, maka pengelola penginapan berusaha mencari dan memindahkan kima yang dia temui dan dilestarikan disekitar penginapan. Kalau boleh dibilang penginapan ini merupakan tempat pelestarian kima, oleh karena itu nama kima diabadikan pada setiap tempat yang ada disekitar penginapan.

pesona labengki pesonanya indonesia 20

Treking

Dari satu rumah ke prumah lainnya jarak nya lumayan jauh. Belum lagi dari tempat penginapan ke tebing-tebing yang mengelilingi area penginapan. Dan masing-masing terhubung oleh jembatan kayu dan jalan setapak berupa tangga semen dan batu.

Jika dilihat dari pengelolahan area penginapan sudah sangat memudahkan pengunjung untuk mengeksplor area disekelilingnya. Dari Kimoboe Resort ke Kimaboe Hills atau Kimaboe Rock kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Berupa perairan yang jernih berwarna hijau tosca, belum lagi dari kimoboe Rock kita bisa melihat view teluk cinta dari atas bukit. Tapi kemasing-masing tempat tersebut kita harus treking dan berjalan kaki.

Walaupun tidak begitu jauh tapi cukup menguras energi dan keringat. Jika bangun lebih pagi, kita masih sempat mengitari area penginapan dengan menanjak ke Kimaboe Hills dan Kimaboe Rock, pemandangannya sangat menakjubkan.

pesona labengki pesonanya indonesia 7

Jalanan atau jembatan kayu masih dalam tahap penyelesaian.

pesona labengki pesonanya indonesia 6

Signage yang ada disekitar penginapan. Mau menuju Teluk Cinta atau Kimaboe Beach, keduanya sama-sama bagus.

pesona labengki pesonanya indonesia 5

Dari Kimaboe Hills kita dapat melihat view sekitar penginapan dan juga teluk cinta yang ada dibelakangnya.

Menginap di Hammock

pesona labengki pesonanya indonesia 12

Selain menyediakan penginapan berupa kamar di rumah-rumah apung, Kimaboe Resort juga menyediakan hammock bagi pengunjung yang hendak merasakan sensasi adventure. Pada saat kami berkunjung kesana yaitu bertepatan pada saat pergantian tahun, membuat kamar-kamar yang ada disini pun penuh.

Ada beberapa pengunjung yang hendak memperpanjang masa menginap tetapi kamar nya sudah terhuni oleh pengunjung lain akhirnya dipindahkan ke penginapan hammock. Yang ada saya pun sempat ikut melihat penampakan penginapan yang ada hammock nya dan rasanya sich cukup menyenangkan.

Disini juga disediakan kamar mandi dan tempat mengganti pakaian. Karena posisi tempat menginap hammock tempatnya cukup jauh dibelakang, jadi tidak mungkin mereka berbagi kamar mandi dengan penghuni yang ada di kamar. Lagian kalau hendak menyebur di pantai yang ada disekitar hammock masa iya mereka harus berlarian bergantian pakaian di tempat lain hehehehe..

Setidaknya semuanya sudah dipikirkan dengan matang oleh pengelola penginapan. Dan menginap disini rasanya menyenangkan. Mungkin perlu sekali waktu saya coba jika saya berkunjung ke tempat ini lagi.

pesona labengki pesonanya indonesia 11

Kanoying atau canoeing

pesona labengki pesonanya indonesia 16

Di penginapan juga tersedia beberapa kano yang merupakan fasilitas dari penginapan. Ada yang single seperti yang ada di foto dan ada juga kano yang bisa ditumpangi oleh 2 orang. Kalau lihat sekilas mengayuh kano sangat lah gampang tapi ketika pertama kali saya mencobanya saya langsung kehilangan keseimbangan dan terjungkal atau terguling jatuh.

pesona labengki pesonanya indonesia 25

Nga mau kalah sama anak-anak yang pada ikutan trip, mereka semua pada bisa kanoying yang ada saya pun memberanikan diri untuk mencoba lagi. Dan berkano mengitari penginapan sungguh amat sangat melelahkan tapi seru. Dengan mengenakan life jacket dan membawa kamera underwater, saya puas mengeksplore keindahan pemandangan sekitar penginapan.

Bersantai dan Meluangkan waktu bersama keluarga.

pesona labengki pesonanya indonesia 9

Esensi dari liburan itu sendiri adalah kita bisa menikmati pemandangan yang ada di suatu tempat tanpa harus memaksakan diri mengeksplore semua tempat. Yang ada kita kelelahan dan kehabisan tenaga dan waktu dengan keluarga.

Justru yang saya rasakan pada saat liburan ke pulau labengki kemaren, selain menikmati pemandangan yang indah kami masih sempat ngumpul dan membiarkan anak-anak ini bermain sepuas mereka.

Saya rasa moment yang paling menyenangkan pada saat itu mungkin pengalaman anak-anak ini kali yach? Mereka mendapatkan banyak pelajaran berharga dari sebuah perjalanan. Dimana penginapan sendiri menyediakan banyaknya fasilitas dan kemudahan buat anak-anak untuk menikmati liburan. Bersantai, main dengan ditemani kedua orang tua sambil menikmati pemandangan yang indah, rasanya nilainya sangatlah mahal,

Ber-Yoga Ria

pesona labengki pesonanya indonesia 8

Sebelum berangkat menuju tempat lain untuk mengeksplore keindahan sekitar pulau Labengki tidak lupa kami pun ber-stretching ria dengan melakukan beberapa gaya yoga. Sebenarnya lebih banyakan untuk property foto sich ketimbang berpose. Tapi dengan beberapa gerakan saja rasanya sudah cukup menguras keringat. Dan kamipun siap menjelajahi pulau-pulau yang ada disekitar penginapan.

Yang saya cukup apresiasikan dari Kimboe Resort ini adalah pengelolah cukup matang memikirkan konsep dengan berusaha mengakomodir semua kebutuhan pengunjung. Dengan menyediakan banyak tempat-tempat seperti ini yang ada membuat tamu yang datang dapat melakukan kegiatan apa saja selama di penginapan.

Intinya nga bakalan mati gaya dech selama berada di Kimaboe Resort.

Menikmati Pemandang Bawah Laut yang cantik

pesona labengki pesonanya indonesia 24

Jika berada di kawasan Indonesia Timur hal yang pertama kali terlintas dipikiran adalah pasti lautnya yang jernih dan pemandangan bawah lautnya yang cantik. Itu lah yang saya rasakan selama berada di Labengki.

Hanya sayangnya banyak area yang sudah mengalami bleaching atau pemutihan dan terumbu karang yang rusak akibat penangkapan ikan secara pengeboman. Dan saya berharap semoga pemulihan kawasan Labengki cepat pulih.

Secuil keindahan bawah laut yang bisa saya rekam selama di pulau Labengki.

pesona labengki pesonanya indonesia 23

pesona labengki pesonanya indonesia 21

Menanti datangnya Matahari Terbit dan Tenggelam

Moment yang selalu saya nanti-nanti disetiap tempat yang saya kunjungi adalah bisa merasakan pengalaman menanti datangnya matahari terbit dan tenggelam. Nuansa mistis dari pendar cahaya yang dihasilkan pada saat-saat itu mampu membuat saya terhipnotis sejenak.

Walaupun cuaca mendung dan secara jujur saya pun bingung dimana letak posisi matahari terbit atau tenggelam karena ketutup awan dan tebing. Yang pasti saya bisa duduk termenung dan menikmati perubahan warna yang ada didepan mata saya.

pesona labengki pesonanya indonesia 3

Terima kasih Labengki, terima kasih buat keindahan yang kau tawarkan yang mana bisa saya nikmati saat itu. Dan rasanya pesona Labengki dari beberapa foto diatas dapat tertular dan mengundang teman-teman yang membaca untuk berkunjung ke Kimaboe Resort.

Tetapi yang tetap diingat yang datang berkunjung kesini mesti, kudu, wajib dan harus tetap menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Agar pengunjung yang lain juga dapat merasakan keindahan yang sama yang kita rasakan.

Bagi yang membutuhkan contact person ataupun informasi seputar penginapan dapat menghubungi saya di kolom comment ataupun email saya. Saya akan berusaha menjawab sebisa saya. Dan mungkin akan saya cicil beberapa tempat yang kami kunjungi selama di Pulau Labengki pada halaman berikut nya.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

29 thoughts on “Pesona Labengki, Pesonanya Indonesia”

  1. Cantik sekali, Mbak. Sepertinya nilai finansial yang dikeluarkan untuk bisa mencapai tempat ini dan menginap di sana tidak sedikit, tapi hasilnya dan kebersamaannya, dan kegiatannya selama di Labengki akan jadi salah satu yang paling susah dilupakan seumur hidup ya. Oh, Sulawesi Tenggara. Tadi saya sempat bingung Labengki ini ada di provinsi mana, haha. Siplah, Indonesia memang penuh pesona. Sekarang semoga kegiatana konservasi biota laut di sana tetap berjalan sehingga membawa dampak baik bagi semua orang.

    1. Sulawesi Tenggara Gara. Jadi dari Kendari kita mesti ke Toli-toli dulu sekitar 1 jam. Kemudian lanjut naik kapal 3 jam. Awalnya aku juga bingung pas nyari di peta. Karena Labengki yang aku maksud sama di peta beda.

      Itu dia hikkss sayang banyak terumbu karang yang rusak. Pengeboman sich sudah berhenti tinggal menunggu pemulihan dan konservasi laut nya ini agar terumbu karangnya kembali sehat. Terima kasih yach Gara.

      1. Lumayan juga ya jauhnya, hehe.
        Iya Mbak, yang penting sekarang sudah tidak ada pengeboman dulu. Pelan-pelan dilestarikan dan diperbaiki. Nanti anak cucu yang akan beroleh manfaat dan keindahannya, hehe.

    1. Labengki itu di Sulawesi Tenggara Uda. Menuju ke pulau ini cukup memakan waktu sekitar 3-4 jam melalui darat dan laut. Air nya bening dan landscape nya keren. Kalau sudah nyampe disini pasti males bangat mau pulang hehehehe..

  2. Waw sulawesi tenggara ya mba ade. Keren ya Indonesia ini, semua keindahan tumpah di sini semua…
    Pemandangan di pinggir laut dan pantai begitu emang enak sih buat yoga. Sambil dengerin deburan ombak.. wuih seru..

  3. Terima kasih Lina berbagi pesona Labengki untuk kami. Apresiasi dg konsep pelestarian Kima biota Nusantara ini. Cakep banget integrasi fun, olah raga, rekreasi dan membuhul kebersamaan keluarga. Salam

    1. Sama kak Nela, waktu kesini kan pas pergantian tahun. Beneran dech rasanya makin malas pulang. Iya kak, semoga kelestarian dan kebersihan lingkungan disana terus terjaga yach.

    1. Karena orang belum familiar dengan namanya Nia jadi rada nga ngeh ini dimananya Sulawesi. Tepatnya di Sulawesi Tenggara, masih butuh perjalanan 4 jam menuju pulau ini dari Kendari. Aku lihat di peta juga rada-rada bingung sich posisi persisnya dimana hehehehe.

  4. Ya Allah….Cantiknya….. tidak heran semua wisatawan bakal jatuh cinta pada Labengki. Akhirnya beneran hijau kebiruan seperti batu zamrud. Camera kepake banget disini karena nggak bosan bosan mengambil gambar 🙂

    1. Setuju mbak Evi. Pemandangan nya masih asri dan indah. Dan orang juga belum terlalu familiar sama tempat ini. Beneran kamera kepake bangat disini, aku yang malas ngedokumentasi jadi mau nga mau mengabadikan tempat ini dengan foto yang banyak. Terima kasih yach mbak 🙂

  5. baru denger saya Labengki …. tapi yang pasti keren dan indah benerrrr.
    Alam seindah ini memang asyik banget untuk aktifitas outdoor …. air lautnya biru jernih begitu … memang mesti nyebur snorkling 🙂

    1. Namanya juga baru-baru ini sich kedengeran. Dan kebetulan pas aja waktunya kesana. Benar mas, tempatnya keren dan masih asri. Lihat airnya langsung pengen nyebur aja dech rasanya.

  6. Hai mbak Adelia, apa kabar?
    Kima itu unik dan sy belum pernah lihat langsung… Mudah2an suatu saat nanti bisa, hehehe…

    Resortnya keren, ngebayangin bangun tidur langsung nyebur… Seger bgt… Hehehe…

Tinggalkan Balasan