Indahnya Pemandangan Summer Palace Beijing di Musim Dingin

Musim penghujan seperti ini saya teringat akan perjalanan saya beberapa tahun yang lalu di Summer Palace Beijing. Dimana di hari sebelumnya saya berkunjung ke Ming Tombs dan Mutianyu Great Wall, ceritanya pernah ada di halaman ini. Dan keesokan harinya kami berencana mengunjungi Summer Palace Beijing.

Dimana perjalanan ini adalah hari terakhir kami di Beijing. Rasanya saat itu masih banyak tempat yang ingin kami kunjungi. Tapi karena sudah tidak ada waktu lagi kami hanya fokus ke Summer Palace. Sedangkan yang lainnya optional, tergantung kondisi dan situasi saja.

Perjalanan Menuju Summer Palace Beijing

Menuju Summer Palace Beijing, kami naik subway dengan tujuan Beigongmen. Karena posisi penginapan kami yaitu di Novotel Xin Qiou yang terletak di line 2, oleh karena itu kami mesti transfer ke line 4 terlebih dahulu.

Pemberhentian untuk transfer dari Line 2 ke Line 4 ada di halte Xizhimen. Kemudian pindah ke Line 4 dan berhenti di halte Beigongmen. Line 4 melewati jalur Beijing Zoo, National Library, Renmin University dan Beijing University, sehingga Line ini merupakan line yang sangat sibuk dan penuh dengan para pelajar.

Dari penginapan menuju Summer Palace hanya RMB 2/person. Tiket sekali pergi, rasanya ini tiket subway termurah yang pernah saya kunjungi dengan jarak yang sangat jauh. (RMB 1 = Rp 1.560 jadi Rp 3.120 rate saat itu).

Perjalanan yang kami tempuh dari penginapan menuju Beigongmen sekitar 45 menit. Akhirnya kami sampai juga di Summer Palace. Suhu pada saat ini mencapai -18 derajat. Lebih rendah dari Mutianyu, tempat yang kami kunjungi hari sebelumnya. Angin nya kencang bangat dan rasanya menusuk sampai tulang dan persendian (lebay dech!!).

Harga tiket masuk ke Summer Palace RMB 20/person.

Ternyata Summer Palace itu luas bangat. Kita harus mendaki dan menuruni bebukitan terjal dan mengitari kuil/istana yang ada, tapi untungnya jalanannya rapi dan gampang untuk dilalui.

Dengan nafas tersendat-sendat kami tetap semangat meneruskan perjalanan.. Untung saya sering yoga, jadi stamina nya cukup kuat untuk jalan. wkwkwkwk..

Sejarah Summer Palace.

Terletak di Barat Laut Distrik Haidian Kota Beijing, Summer Palace berada 15 kilometer (9,3 mil) dari pusat Beijing. Merupakan Taman Terindah di China dan lanskap yang terkenal dengan pemandangan alam dan kaya budaya. Summer Palace disebut juga sebagai ‘The Museum of Royal Gardens’.

Pembangunan Summer Palace dimulai pada tahun 1750 sebagai taman kerajaan yang mewah bagi keluarga kerajaan untuk beristirahat di Musim Panas. Ini kemudian menjadi kediaman utama anggota kerajaan di akhir Dinasti Qing.

summer palace beijing 4

Namun, seperti kebanyakan kebun dari Beijing, tidak bisa dihindari dari serangan Pasukan Sekutu Anglo-Perancis dan pernah sempat dihancurkan oleh api.

Menurut dokumen sejarah, dengan nama asli sebagai ‘Qingyi Garden’ (Taman Ripples Clear), Istana Musim Panas (Yiheyuan) diganti namanya setelah rekonstruksi pertama pada tahun 1888. Pada tahun 1924, Summer Palace dibuka untuk umum. Dan diangkat sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1998, serta sebagai salah satu tempat pertama AAAAA wisata nasional di Cina.

Summer Palace memancarkan keindahan alam dan kemegahan kerajaan kebun. Terutama terdiri dari Longevity Hill (Wanshou Shan) dan Kunming Lake, total luas area 300,59 hektar (742,8 hektar).

summer palace beijing 1

summer palace beijing 3

Masuk ke pelataran Summer Palace, terlihat banyak orang yang bermain sky. Karena danau yang seharusnya mengitari istana membeku dan dijadikan ajang bermain oleh penduduk dan turis disana.

summer palace beijing 2

Indah sekali pemandangan di Summer Palace. Dan saya bersyukur mengunjungi istana ini di musim dingin. Dimana tampilan istana nya sangat syahdu dan indah. Menyerupai istana yang pernah saya lihat dan bayangkan di tv atau photo majalah wisata.

Melihat photo ini setidaknya kerinduan saya akan Summer Palace Beijing terobati. Dan berdoa semoga bisa berkunjung ke negeri menarik lainnya secepatnya.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

16 thoughts on “Indahnya Pemandangan Summer Palace Beijing di Musim Dingin”

    1. Harusnya sich summer palace bagusnya pas di summer yach pak. hehehehe.. tapi kebetulan aku datangnya winter jadi yach yang ku rekam hasilnya seperti ini. Ayoo pak kesana lagi, hehehe..

Leave a Reply