Menelusuri Kilas Balik Sejarah Kota Bandung

Kota Bandung tidak hanya identik dengan wisata kuliner dan panorama alam yang indah. Di kota ini, kita pun bisa mempelajari sejarah dan budaya yang menjadi latar belakang masyarakat Bandung. Jadi rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke kota ini menelusuri kilas balik sejarah kota Bandung.

Siapa yang tidak mengenal lagu yang berjudul “Halo-halo Bandung”, Salah satu lagu wajib nasional yang ditulis oleh Ismail Marzuki. Apa sudah cukup mengingatkan kita tentang seluk beluk Kota Bandung?

Menginap di Hotel Ibis Bandung

Jadi, kapan lagi punya rencana berkunjung ke Bandung? Biasanya kalau kamu berkunjung ke Bandung, kemana saja sich? Kalau menginap, memilih hotel yang seperti apa?

Jika dalam waktu dekat kamu punya rencana mengunjungi kota yang dijuluki Paris van Java ini, cobalah untuk merasakan sensasi menginap di Hotel Ibis Bandung.

Kalau saya sich setiap kali ke Bandung pasti memilih menginap di hotel ini. Karena lokasinya dekat dengan tempat yang hendak saya kunjungi.

Jadi nga ada salahnya kamu pun bisa nyobain pengalaman bermalam di Hotel Ibis Bandung. Dan kalau kamu berminat bisa kunjungi situs online travel agent yang kamu percaya. 

Lokasinya masih berada dalam kawasan terpadu dengan Trans Studio Hotel, Trans Studio Mall, dan Trans Studio Bandung loh. Karena lokasinya masih bersebelahan dengan Trans Studio Hotel dengan segala kemewahannya yang memiliki rating bintang 6 ini, tentu membutuhkan budget yang besar untuk sekadar bermalam di Trans Studio Hotel.

Maka dari itu, bagi kamu yang tetap ingin merasakan kemewahan lain dengan harga terjangkau, Hotel Ibis Bandung adalah pilihan yang tepat.

Trans Studio Mall dan Trans Studio Bandung ialah lokasi wisata yang paling dekat keberadaannya dengan Hotel Ibis Bandung. Lalu, bagaimana jika sudah pernah kesana? Tak perlu khawatir, masih banyak lokasi wisata lainnya yang tersebar di Bandung.

Wisata Sejarah Kota Bandung

Jadi, kamu tinggal pilih, tema wisata apalagi kali ini? Wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, wisata sejarah, atau wisata religi? Mau wisata yang jauh atau dekat pun ada di kota yang terkenal dengan kecantikan mojang Priangannya ini.

Bagi yang ingin tahu lebih banyak seputar perjalanan sejarah di Kota Bandung, berarti pilihan  wisata kali ini yaitu wisata sejarah. Menelusuri kilas balik sejarah kota Bandung, tidak hanya penuh dengan kisah masa lalu.

Wisata sejarah juga akan menambah pengetahuan yang diharapkan bisa meningkatkan jiwa nasionalisme yang telah tertanam pada diri kita. Berikut beberapa museum peninggalan zaman sejarah terdekat dari Hotel Ibis Bandung, lokasinya kurang lebih hanya sekitar 3 kilometer saja kok.

1. Museum Pos Indonesia.

Museum Pos Indonesia terletak di Jalan Cilaki No. 73, kurang lebih sekitar 2.6 kilometer dari Hotel Ibis Bandung. Museum ini berada tepat di sebelah kanan Kantor Pusat PT Pos Indonesia.

Museum ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Hindia-Belanda loh. Dalam museum ini, kita bisa melihat berbagai koleksi perangko, mesin cetak perangko, timbangan paket, surat berharga, armada pengantar surat, hingga diorama pengantaran surat yang dilakukan oleh Pak Pos.

menelusuri kilas balik sejarah kota bandung 1

Sumber disini.

2. Museum Mandala Wangsit (3 km)

Museum Mandala Wangsit terletak di Jalan Lembong No. 38, Braga, kurang lebih sekitar 3 kilometer dari Hotel Ibis Bandung. Di dalam museum ini, kita akan melihat berbagai macam koleksi persenjataan yang digunakan oleh masyarakat, khususnya di Jawa Barat untuk berperang merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain koleksi persenjataan, ada juga foto-foto perjuangan serta kendaraan yang digunakan semasa perang.

menelusuri kilas balik sejarah kota bandung 2

Sumber disini.

3. Museum Konferensi Asia-Afrika.

Museum Konferensi Asia-Afrika terletak di Jalan Asia-Afrika No. 65, kurang lebih sekitar 3.1 kilometer dari Hotel Ibis Bandung. Salah satu maksud pendirian museum ini ialah untuk mengenang peristiwa bersejarah bagi Indonesia yang menjadi tuan rumah dalam pertemuan internasional.

Dalam museum ini, kita akan melihat diorama, dokumenter, foto, profil negara anggota KAA, dan koleksi lainnya yang berhubungan dengan Konferensi Asia-Afrika.

menelusuri kilas balik sejarah kota bandung 3

Sumber disini.

4. Museum Geologi (3,5 km).

Museum Geologi terletak di Jalan Diponegoro No. 57, kurang lebih 3.5 kilometer dari Hotel Ibis Bandung. Dalam museum ini, kita akan melihat material geologi yang edukatif dan bersejarah, dibagi dalam 3 ruangan utama yaitu ruang sejarah kehidupan, ruang geologi Indonesia, ruang geologi dan kehidupan manusia.

Selain itu, kita akan mempelajari mengenai mineral, batuan, fosil, meteorit, bencana alam, pemanfaatan sumber daya, hingga cara mengolah energi.

menelusuri kilas balik sejarah kota bandung 4

Sumber disini

5. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga terletak di Jalan BKR No. 185, Astaanyar, kurang lebih sekitar 3.8 kilometer dari Hotel Ibis Bandung. Museum ini mengoleksi beragam benda peninggalan budaya, khususnya Jawa Barat, mulai dari koleksi zaman pra-sejarah sampai kontemporer.

Di sini, kita juga bisa menyaksikan bagaimana kehidupan masyarakat Jawa Barat sejak ratusan tahun silam, melihat jenis perkakas yang digunakan, hingga model bangunan masyarakat di Tanah Sunda.

menelusuri kilas balik sejarah kota bandung 5

Sumber disini.

Kelima museum yang ada diatas mewakili museum yang ada di kota Bandung. Dimana lokasinya tidak berjauhan dengan tempat saya menginap saat itu yaitu di Hotel Ibis Bandung.

Maka lengkap lah sudah pengalaman saya mempelajari kota ini dengan menelusuri kilas balik sejarah kota Bandung.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

42 thoughts on “Menelusuri Kilas Balik Sejarah Kota Bandung”

  1. yang belum pernah saya kunjungi adalah museum mandala wangsit … beberapa kali kesana .. tapi pas tutup mulu .. hikss. Ya sudah next time … nanti saja di luar musim hujan 🙂

    1. hehehe.. nga apa2 teh Orin. Biar makin sering kesana mengunjungi semua museum yang ada di Bandung.

      btw blog nya baru yach, hehehe selamat yach. Soalnya aku sempat nyari dan berkunjung ke teh Orin tapi nga ketemu. nongol2 tampilan dan rumahnya baru nich hehehe. 🙂

  2. dari dulu sering ke bandung, tapi ga pernah ke museum yang diatas sekalipun. lain kali bandung setidaknya jadi ada referensi mau kemana. makasih infonya, mba! 🙂

    1. Soalnya di Bandung banyak sekali kan yach objek wisata, jadi suka bingung nentuin prioritas mana duluan yang hendak dikunjungi. Tapi setidaknya ada alasan untuk datang dan datang lagi ke Bandung kan yach?

Leave a Reply