Gerakan Tibetan Yoga

Rasanya sangat jarang saya ketahui bahwa gerakan Tibetan Yoga diajarkan di studio-studio Yoga. Pertama kali mendengar gerakan ini beberapa tahun yang lalu. Saya sempat bertanya-tanya, ini gerakan apa lagi sich?

Jadi kalau dibilang Tibetan Yoga merupakan salah satu aliran yoga. Sejujur-jujurnya saya pun tidak terlalu faham.

Hanya dari beberapa artikel yang saya baca. Gerakan Tibetan Yoga merupakan gerakan yang dilakukan oleh para biksu didalam kuil di Tibet. Gerakan tersebut mereka lakukan setiap hari. Dan dalam penelitian disebutkan bahwa kemungkinan gerakan inilah yang merupakan salah satu rahasia awet muda para biksu di Tibet sana.

Tibetan Yoga.

Tibetan Yoga adalah gerakan yoga yang amat sangat sederhana. Rasanya semua golongan umur dapat dengan mudah mempraktekannya di rumah. Dimana hanya terdiri hanya 5 gerakan saja. Dan dapat dijadikan gerakan rutin sehari-hari.

Sedangkan manfaat dari gerakan ini sangat banyak. Salah satu yang paling banyak disebut-sebut adalah untuk kecantikan dan awet muda.

Pada saat pertama kali saya melakukan latihan ini. Keluhan yang saya rasakan adalah mual, pusing, perut berasa baal/kencang selama beberapa hari.

Kemudian saya mencoba gerakan ini lagi setelah beberapa bulan. Rasanya mulai terbiasa, walaupun kesan mual, pusing dan perut kencang masih saya alami. Tapi tidak separah latihan pertama.

Dimana beberapa bulan belakangan ini, saya lumayan rutin berlatih Tibetan Yoga. Terutama kalau saya mulai kehilangan ide, gerakan apa yang akan saya lakukan selain Suryanamaskara. Saya pasti berlatih gerakan Tibetan Yoga.

5 Alur dalam Gerakan Tibetan Yoga.

Ada baiknya berlatih Tibetan Yoga sesuai dengan alur yang sudah ditetapkan. Jangan di skip atau diubah-ubah. Walaupun cuma lima gerakan kadang saya sendiri suka ketukar dan yang ada saya mesti buka contekan supaya tidak salah.

Dan agar efektif biasanya setiap gerakan saya lakukan 21 kali repetisi. Ada yang bilang sebaiknya dilakukan bertahap dan tiap minggu meningkat. Tetapi saya sendiri lebih senang jika langsung melakukan 21 kali repetisi sekaligus.

gerakan tibetan yoga

sumber disini.

1. Gerakan Memutar.

Posisi tubuh berdiri tegak, dengan kedua tangan direntangkan. Kemudian lakukan gerakan memutar searah jarum jam sebanyak 21 kali. Ketika merasa mual, kepala pusing dan pijakan kaki bergoyang. Ada baiknya kecepatan diperlambat, jangan terburu-buru.

Setelah menyelesaikan 21 putaran, masih dalam posisi berdiri, taruh kedua telapak tangan mendekati jantung. Tarik nafas yang dalam dan usahan tetap tenang. Sampai goncangan perlahan-lahan hilang dan mulai bisa merasakan kaki menapak di lantai.

Baru kemudian dapat duduk dan istirahat sebentar. Pada gerakan ini, saya diajarkan untuk melepaskan energi negatif dan menyeimbangkan emosi.

2. Gerakan perut.

Gerakan kedua menyerupai gerakan sit up. Dimana posisi badan berbaring dengan telapak tangan menghadap ke matras. Tarik nafas, angkat kepala dan kedua kaki berbarengan. Buang nafas, taruh kepala dan kaki kembali ke posisi awal di matras. Lakukan hal yang sama sebanyak 21 kali.

3. Gerakan Punggung

Gerakan punggung menyerupai camel pose. Dimana posisi badan tegak dengan lutut ditekuk. Tangan ditaruh dibawah pantat, menekan bokong sebagai tumpuan.

Tarik nafas, dagu menempel didada. Buang nafas kepala dongak kebelakang dan badan ditekuk sejauh mungkin kebelakang sampai punggung melengkung. Lakukan hal yang sama sampai 21 kali dengan perlahan-lahan.

4. Backbend dengan posisi seperti meja.

Posisi badan duduk tegak dengan kedua kaki lurus kedepan. Tangan ditaruh disamping badan. Tarik nafas dengan posisi yang awal. Buang nafas angkat badan dengan lutut ditekuk sehingga posisi badan menyerupai meja. Lakukan hal yang sama sampai 21 kali.

Gerakan ini membuat lutut, punggung dan tangan bekerja dengan baik. Sehingga engsel lutut menjadi fleksibel, punggung dan tangan menjadi kuat.

5. Downward Dog Pose – Cobra Pose.

Gerakan terakhir adalah penggabungan 2 gerakan sekaligus yaitu downward dog pose dan cobra pose. Kedua gerakan ini sangat bermanfaat untuk perkuatan bahu, lengan dan tangan. Yang mana jika dipadukan dengan cobra pose menambah manfaat untuk punggung juga.

Untuk mempermudah memahami dan mengikuti gerakan Tibetan Yoga. Dibawah ini saya sertakan video dari Youtube dengan model yaitu Ellen Wood. Di video ini Ellen Wood memperagakan gerakan Tibetan Yoga dengan sangat gemulai dan iramanya pelan. Semoga tulisan ini dapat membantu yach.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

30 thoughts on “Gerakan Tibetan Yoga”

  1. Lin, Bener deh lu nginep di tempat gue sekali terus pagi2 ajarin gue ini.. entar gue cetak deh nih gambar tempel di kamar .. biar bangun tidur gue lakuin rutis. #serius #nuruninbadan

    1. hehehe, atur aja nik.

      iya beneran nginap. trus ngobrol-ngobrol sampai subuh. Trus bangun kesiangan, makan, tidur, ngopi2 cantik. kapan yoga nya? yang ada cuma wacana wkwkwkwk.. #becanda

  2. Lihat gerakannya sih kelihatan mudah, tapi pas dipraktekkan lumayan sulit juga ya… :’)) *badan kaku*

    Oh iya, ayo ikutan giveaway saya. Ada hadiah berupa buku dan pulsa, deadline 7-21 Oktober 2016. 😀

    1. Ini gerakan yang paling dasar dan cocok untuk pemula, jadi dapat dilakukan untuk semua kalangan baik itu anak-anak maupun yang lanjut usia. Sebaiknya cobain dulu mas hehehe..

Leave a Reply