Lord of Dance atau Natarajasana

lord of dance atau natarajasana 1

Lord of Dance atau Natarajasana dalam bahasa sanskrit. Merupakan perpaduan unsur keseimbangan, fleksibilitas, kekuatan dan backbend.

Dari beberapa tulisan yang pernah saya buat, backbend adalah satu dari sekian banyaknya kekurangan saya. Jadi bisa dibilang pose ini adalah salah satu pose yang menuntut perjuangan.

Semakin menantang suatu gerakan, maka semakin gigih saya berusaha. Dimana selain menuntut perjuangan, Lord of Dance atau Natarajasana adalah pose yang sangat indah. Jadi amat lah disayangkan bagi saya kalau saya tidak berusaha untuk bisa melakukan pose ini.

Oleh karena itu tidak salah kalau asal kata Natarajasana adalah perwujudan dari Siwa dalam bentuk penari kosmis.

lord of dance atau natarajasana 2

Variasi lain dari lord of dance atau natarajasana.

Tahapan Melakukan Gerakan Lord of Dance

1. Latihan Keseimbangan dan Kekuatan Kaki.

Bagi pemula, saya sangat menyarankan untuk terlebih dahulu menguasai gerakan balancing pose atau keseimbangan. Terutama gerakan Warrior Pose III.

Pada awalnya memang sulit dan sering kali diawal latihan kami belajar gerakan ini dengan cara berpegangan ke dinding sebagai penyeimbang. Latihan ini menuntut agar kaki kita kuat terlebih dahulu. Dengan melakukan gerakan satu kaki dan kemudian bergantian.

Setelah itu perlahan-lahan pegangan pada dinding dihilangan. Dan latihan selanjutnya adalah bagaimana menyeimbangkan pantat agar posisinya sama dan seimbang. Jika sudah melewati proses ini, saya rasa ada baiknya untuk naik ke tahap berikutnya yaitu lord of dance atau natarajasana.

warrior pose 3 lord of dance atau natarajasana 3

Sumber disini

2. Open hips.

Gerakan-gerakan open hips pernah saya utarakan disini. Dimana tulisan tersebut adalah latihan untuk mempersiapkan kita dalam melakukan gerakan split.

Dan dari contoh gerakan yang saya tulis dihalaman tersebut, gerakan yang paling cocok untuk lord of paradise khusus untuk open hips menurut saya adalah pigeon pose.

gerakan split yoga 1 lord of dance atau natarajasana

Pigeon Pose.

3. Gerakan Punggung atau Back.

Untuk latihan punggung atau back bend sebagai persiapan dalam gerakan lord of paradise adalah kayang atau wheel pose.

Gerakan kayang sangat efektif untuk melemaskan tulang punggung dan tulang belakang kita. Sehingga memberi kekuatan ketika akan melakukan gerakan lord of dance atau natarajasana.

kayang wheel pose lord of paradise atau natarajasana

Kayang atau wheel pose. Model Kresna.

Untuk dapat melakukan suatu gerakan, adalah lebih baik jika terlebih dahulu kita menguasai gerakan-gerakan dasar pendukung. Karena masing-masing gerakan saling berhubungan satu dengan lainnya. Dan dapat dikombinasi sesuai kemampuan kita masing-masing.

Manfaat gerakan Lord of Dance atau Natarajasana.

Setiap gerakan mempunyai benefit tersendiri, tidak terkecuali gerakan lord of dance atau natarajasana.

Karena gerakan ini adalah perpaduan dari kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan dan back bend jadi pastinya manfaatnya berkisar di area punggung, kaki, hips.

  • Memperkuat pergelangan kaki, lutut dan sendi pinggul.
  • Membuka bahu, dada, bisep dan trisep
  • Memperpanjang dan memperkuat paha.
  • Memperkuat backbend dan fleksibilitas tulang belakang.
  • Meningkatkan fokus pikiran dan kemampuan dalam berkonsentrasi.
  • Menstabilkan napas dan otot perut.
  • Meningkatkan kapasitas napas.
  • Meningkatkan kesehatan psikologis dan emosional.

Selain memberi manfaat seperti yang diutarakan diatas, bagi saya gerakan lord of dance atau natarajasana adalah gerakan yang sangat indah. Dan memberikan suatu tantangan tersendiri buat saya. Bahwa untuk kondisi seperti saya saat ini ternyata saya pun bisa melakukannya. Dan dengan catatan bahwa semuanya butuh proses yang cukup lama.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

22 thoughts on “Lord of Dance atau Natarajasana”

    1. Haiii Kak Monda, ngerasa sudah lama bangat nga nge blog.

      Terima kasih banyak yach kak. Ini sebenarnya nga niat foto yoga kak, karena bajunya nga cocok bangat. Pas besok nya sudah niat mau sesi foto pas pula datang bulan, bubar jalan dech. hehehehe..

  1. sungguh saya pujikan semangat Lina…..Semakin menantang gerakan semakin gigih Lina berusaha…….
    Lord of dance berlatar alam duh eloknya. Salam hangat

    1. nga bisa kayang, nga apa-apa mbak Salma. karena masih banyak pose-pose dasar yang mudah dilakukan dan kalau dilatih rutin disela-sela kesibukan kita lebih banyak manfaatnya. Yang pasti sich sesuaikan dengan kemampuan tubuh kita.

  2. Mba Adel, itu posisi yang no 1 sampe skg aku masih kadang mau jatoh krn berasa ga imbang kalo kaki sebelah dinaikkan 😀 😀 trus yang no 3, kayang-kayang itu masih gak sanggupp..

    1. Posisi no 1 emang rada susah Asti. Awal2nya kita semua berpegangan ama dinding dulu, kalau nga pasti gemeteran mulu hehehe.. Tapi tetap coba terus yach biar bisa. hehehe..

      entah kenapa comment mu masuk spam hiksss.. padahal lu uda beberapa kali comment disini yach?

  3. Natarajasana memang kudu fokus, ya? Kalau saya justru musatin perhatian di satu titik, napasnya juga diatur, dan perlahan naikin kakinya. Beberapa kali terhuyung-huyung, namun sebulan lalu udah bisa kok, walaupun belum ke tahap ekapada-nya.

    1. Salah satu cara untuk fokus adalah dengan musatin satu titik segaris dengan mata/diatas mata/dibawah mata. baik itu dalam posisi mata terbuka maupun mata tertutup. Ketika melakukan gerakan perhatikan keluar masuknya nafas itu sangat membantu kita melakukan gerakan dengan baik. Semakin lama suatu pose bertahan kita lakukan maka akan semakin stabil gerakan tersebut. Jika gerakan tersebut konsisten kita lakukan maka kemampuan kita akan naik seiring dengan waktu.

  4. aduh hebat banget kalau bisa begini …. butuh extra keras kalau sudah berumur untuk bisa begini .. hehehe
    btw .. keren juga tuh pose yoga di destinasi wisata … ayo mba adel .. foto2 pose yoga di tempat2 keren

    1. aku juga kalau ngebayangin mas bersepedahan berkilo-kilo meter gitu juga nga kuat hehehehe..

      terima kasih yach mas. entar mau direncanakan lagi buat sesi foto outdoor.

Leave a Reply