Latihan untuk Mempermudah Gerakan Split Yoga

Gerakan Split Yoga atau istilah lain Hanumanasana (Monkey Pose). Adalah gerakan dimana kedua kaki bisa kebuka 180 derajat dari depan kebelakang. Untuk membuat kedua paha belakang fleksibel dan lentur dibutuhkan proses latihan yang cukup panjang.

Saya bisa dibilang cukup beruntung karena “khusus” untuk pose ini, badan saya dapat dengan mudah mengikuti. Walaupun belum terlalu sempurna dan harus berlatih cukup lama sehingga dapat lulus di pose ini.

Karena saya bisa melakukan gerakan Split yoga, sehingga pose ini menjadi salah satu gerakan favorite bagi saya. Saya pernah cerita disini gerakan-gerakan apa saja yang masuk kategori favorite.

Berbeda hal nya jika saya diminta melakukan gerakan punggung atau backbend, saya pasti tidak bisa melakukan dengan sempurna. Walaupun sudah berlatih bertahun-tahun.

Jadi kesimpulannya, masing-masing kita punya kelebihan dan kekurangan. Jika kita kesulitan pada area tertentu, berarti kita perlu ekstra latihan dan waktu khusus untuk pose tersebut.

Dan untuk gerakan split yoga, saya akan coba membantu memberikan sedikit tips, sehingga teman-teman dapat fokus berlatih khusus digerakan ini.

gerakan yoga rutin split

4 Gerakan Yang Rutin dilakukan.

Gerakan Split Yoga sendiri akan sempurna bila kedua paha belakang kita fleksibel. Oleh karena itu kita perlu melatih agar kedua paha belakang kita menjadi lentur. Dengan cara rutin melakukan beberapa gerakan yang ada dibawah ini:

1. Pigeon Pose.

gerakan split yoga 1

Pigeon Pose atau Ekapada Rajakapotasana pernah saya ceritakan disini. Memungkinkan pinggul kita terbuka dan memperpanjang kaki belakang.

Organ-organ sekitar paha, pinggul, pantat dan punggung akan terasa ditarik.

2. Lizzard Pose.

memilih matras yoga

Lizzard Pose atau Utthan Pristhasana memungkinkan paha kita terpaksa untuk dibuka. Kedua kaki menjauh dan badan condong kebawah. Membuat area sekitar hip menjadi lentur dan pantat kencang.

 3. Parivrtta Parsvakonasana.

cara memilih matras yoga yang baik dan pose yoga favorite saya gerakan split

Parivrtta Parsvakonasana atau Revolved Side Angle Pose memperkuat area paha dan kaki. Memungkinkan hip terbuka dan punggung ketarik lurus.

4. Upavista Konasana.

gerakan split yoga 2

Upavista Konasana atau Wide-Angle Seated Forward Bend hampir mendekati gerakan split yoga. Hanya saja dipose ini kedua kaki kebuka kesamping, sedangkan split yoga kedua kaki dibuka kearah depan belakang.

Keempat gerakan ini lah yang sering saya lakukan sehingga hip atau paha belakang saya lentur. Sehingga dapat lebih mudah melakukan gerakan split yoga.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

25 thoughts on “Latihan untuk Mempermudah Gerakan Split Yoga”

    1. Benar Nia, pigeon pose itu membantu membuka hip biar splitnya lebih mudah.

      Nga apa2, berarti kamu niat mau yoga bareng hehehe.. kita lagi nyari tempat dan waktu nich, semoga nga pas musim hujan aja sich.

    1. Bagian paha emang rada nyut2an sich mas walaupun sering latihan, karena kita mulainya dari umur sekian, coba kalau dari muda yach hehehe.. sama mas, akupun kagum sama master2 yogi lihat foto mereka menakjubkan.

    1. Kalau lihat foto ada orang melakukan gerakan split trus backgroundnya pemandangan gitu, pasti keren bangat yach lihatnya dan pengen bisa.hehehehe..

      Tapi yach gitu dech perjuangan untuk bisa split itu yang harus ekstra latihan biar badannya lentur. Hehehe.. tetap semangat yach untuk terus mencoba.

  1. aku msh belum bisa pose 1 dan 4 Lin, msh kaku2. dan kalo aku kebalikannya Lina, yg ga bisa itu bend ke depan, nyium lutut ga bisa, kayang malah bisa hiks hiks

    1. Hehehe kita kebalikan yach. Kalau melakukan gerakan kayang rasanya kepaksa bangat dech. Tapi yach gitu dech mbak, jadi takjub kan yach masing-masing kita itu ternyata punya keistimewaannya sendiri :-).

  2. Tiap kali liat orang yoga dengan gerakan Split, aku kok ngeri yaa mba Adel hehehe… tpi sekaligus salut jugaa, soalnya nih gerakan susah bingit, klo ga rajin2 latian ya kagak bisa bisa paling yah.. bteweh good job mba Adell

    1. Terima kasih Asti. Hehehehe iyaa, semua nya mesti latihan rutin. Kayak back bend atau model kayang aja aku sudah latihan cukup lama tapi masih belum mahir koq. Kadang bawaan badan kita. Tapi yach tetap harus dilatih :-).

  3. Halo Mbak Adel, saya baru pertama kali berkunjung ke blog ini, Hehe. Salam kenal.
    Wah saya sebenernya lumayan kepengin Mbak, mulai yoga. Tapi bingung juga kalau otodidak karena nggak tahu postur yang saya lakukan bener atau salah… takutnya sia-sia gara-gara melakukan sembarangan ( ・―・) *tatapan menerawang*
    Jika berkenan, saya mau ikut belajar yoga bareng dong Mbak 😀

    Oh ya, silakan mampir juga ke blog saya jika ada waktu. Terima kasih!

    1. Hallooo juga Zulfana, salam kenal yach. Aku pasti akan berkunjung balik ke halamanmu hehehehe..

      Kalau saranku sich untuk pertama kali mau belajar emang sebaiknya ada guru atau trainer yang bisa ngarahin. Karena selain memandu gerakan, guru yoga suka ngasih penjelasan dan aturan dasar yang harus kita lakukan. Yang kadang tidak bisa kita dapat kalau kita otodidak. Dan kalau ngerjain bareng-bareng didalam grup gitu aura dan semangatnya beda. hehehe, semoga nemu tempat yoga yang pas yach.

  4. kerennn bisa split kayak begini … jadi meskipun sudah berumur asal mau usaha ,,, step step seperti disampaikan disini .. pasti bisa split ya mba … tapi prosesnya aja sudah bikin ngilu 😀

Leave a Reply