Bird of Paradise Pose

bird of paradise pose

Sumber disini

Menurut saya, salah satu gerakan menantang yang pernah saya lakukan dari sekian banyak nya gerakan yoga adalah bird of paradise pose. Dibilang menantang bukan karena gerakannya serumit bakasana pose atau headstand dan gerakan yoga ngejelimet lainnya.

Dimana di gerakan ini kita tidak harus sampai menukik dan melintir-melintir. Bisa dibilang gerakannya sangat sederhana. Tapi entah kenapa, saya pribadi tidak pernah sanggup melakukan pose dengan posisi perfect 1 menit saja.

 

Bird of Paradise pose atau Svarga Dvijasana

Awalnya saya pikir Bird of Paradise adalah gerakan yoga yang menyerupai burung cendrawasi. Tetapi setelah saya baca artikel dari www.doyouyoga.com, ternyata Bird of Paradise adalah bunga yang melambangkan seluruh genus tumbuhan tropis.

Apapun bentuk perwujudan dari bird of Paradise pose itu sendiri. Saya rasa gerakan yoga yang satu ini adalah gerakan yang sangat indah dan juga sederhana. Menurut saya inti dari gerakan ini adalah keseimbangan dan fokus.

Setelah beberapa kali merekam langkah-langkah melakukan gerakan dengan video. Saya bolak balik mengulang, karena beberapa kali saya terjatuh dan tidak bertahan lama untuk diam disatu pose.

 

Langkah-langkah melakukan Bird of Paradise Pose:

  1. Gerakan dimulai dengan gerakan Warrior Pose II. Yaitu kaki depan ditekuk 90 derajat, sedangkan kaki belakang dibuka sedikit dengan posisi lurus. Tangan direntangkan dan tarik nafas yang panjang.

  2. Kemudian buang nafas dengan membawa lengan dibawah paha depan. Sedangkan tangan yang satu lagi menggapai lengan yang lain dari belakang punggung.

  3. Kedua tangan menyatu dan dikepal sehingga posisi badan memutar. Arahkan kepala mendongak keatas. Diposisi ini kedua kaki masih manapak dan mencengkeram matras, sehingga kondisi badan masih stabil.

  4. Diposisi ini badan kita mulai mencari keseimbangan. Dimana kaki belakang didekatkan ke kaki depan. Masih dalam posisi tangan mengepal dibelakang punggung. Kemudian setelah mendapatkan keseimbangan, perlahan-lahan kaki depan dinaikkan setinggi mungkin. Dimana badanpun ikut terangkat.

  5. Disini badan mulai bergoyang dan mencari titik keseimbangan, dimana hanya satu kaki yang menjadi tumpuan seluruh badan. Dengan kaki sebelah dicengkeran dengan kedua lengan.

  6. Setelah bertahan beberapa nafas. Kaki dan badan diturunkan. Dan kembali ke posisi Warrior 2 dan gerakan selesai.

 

Manfaat dari Bird of Paradise Pose.

Berdiri dengan posisi seperti pose berikut memberi manfaat memperkuat pinggul, panggul, dan paha depan. Memperpanjang paha belakang dan betis. Membuka bahu dan menguatkan kaki.

Untuk pelajaran sebelum melakukan gerakan bird of paradise pose ada baiknya jika kita berlatih gerakan keseimbangan seperti pernah saya tulis disini. Gerakan-gerakan untuk keseimbangan akan sangat membantu kita dalam melakukan gerakan advance seperti bird of paradise pose. Selamat mencoba dan semoga selalu sehat yach!

 

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

24 thoughts on “Bird of Paradise Pose”

  1. huwaaaahhh…keren bgt Liiiiin, aku msh belajar bgt yoganya nih, tapi skrg udah dirutinkan seminggu 2x, cuma ya gitu, kalo di rumah kok ya males latihan hihihihi *ngumpet di matras*

  2. Kalau aku yg coba, jangankan 1 menit. 15 detik juga belum tentu bisa hahahaha … kadang aku penasaran sih, klo seumur gini aku baru belajar Yoga masih bisa apa nggak?

  3. Kagum dg kelenturan tubuh Lina. Usai terpesona dg kegigihan jeng Nella pursuingmydreams menumbuhkan biji peony, lanjut dg mengagumi bird of paradise nya Lina. Salam

Leave a Reply