Cinta Indonesia? Haruskah..!

loh buaya pulau rinca 6 saya cinta indonesia

Lahir dan tinggal di bumi Pertiwi Indonesia, tidak membuat saya dengan mudah dan lantang mengatakan bahwa saya cinta Indonesia. Butuh waktu berminggu-minggu untuk saya berpikir, nulis dan menjabarkan apa yang membuat saya cinta akan negeri ini.

Bila kita mengikuti berita dan melihat apa yang terjadi disekitar kita hari demi hari, pasti akan menemukan begitu banyak daftar kekurangan dan keburukan yang ada di negeri kita.

Wajar saja, dari bangun tidur, berangkat ke kantor atau aktivitas sehari-hari kemudian pulang ke rumah dan kembali tidur. Kita sudah diperhadapkan dengan banyak hal yang membuat kita kesel.

Mulai dari polusi atau udara yang kotor, hiruk pikuk dan suara kendaraan atau bunyi klakson yang sangat mengganggu, kemacetan, commuter line yang padat, sistem birokrasi yang ngejelimet, dan lain sebagainya. Membuat saya sulit mengatakan bahwa saya cinta Indonesia.

Tapi dibalik semua itu saya mencoba melihat dari perspektif yang berbeda. Dimana sebenarnya dengan lahir dan tinggal di Indonesia, itupun sudah bisa dijadikan alasan kenapa saya harus cinta Indonesia.

 

kenapa saya harus membaca 2 saya cinta indonesia

Kenapa saya cinta Indonesia? Ini alasannya :

1. Data dan Fakta mengenai keberadaan Indonesia.

      • Secara Geografi Indonesia berada diantara 2 benua (benua Asia dan benua Australia) dan 2 samudera (samudera Hindia dan samudera Pasifik).
      • Secara Astronomi Indonesia terletak pada 6 derajat LU (Lintang Utara)-11 derajat LS (Lintang Selatan) dan antara 95 derajat BT (Bujur Timur)- 141 derajat BT (Bujur Timur). Sehingga berada di lintasan garis khatulistiwa.
  • Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dimana terdiri dari 13.466 pulau.
  • Populasi penduduk terbesar keempat di dunia.
  • Motto “Bhineka Tunggal Ika” berbeda-beda namun tetap satu.Sumber Wikipedia.Diantara semua data yang ada diatas yang benar-benar membuat saya tiba-tiba tersentak dan mengaku kalau saya cinta Indonesia adalah adanya motto “Bhineka Tunggal Ika”. Berbeda-beda namun tetap satu. Apa yang berbeda? Budaya, bahasa, agama, kebiasaan, adat istiadat dan lain-lain dalam satu payung negara “Indonesia”. Perbedaan itu tidak membuat kita menjadi orang yang asing tetapi justru membuat kita saling memahami dan menghargai keberagaman tersebut.

Sebenarnya kalau dibuat daftar pasti masih banyak fakta dan data yang bisa kita buat. Tetapi dengan ini saja sudah membuat saya terkagum-kagum. Gimana tidak, model negara seperti ini tidak ada loh kita temukan duplikasinya di negara lain.

pertunjukan seni tari barong bali saya cinta indonesia

Kalau bisa saya rangkumkan, gambaran diatas bisa jadi ringkas seperti yang pernah Samuel tulis di blog nya.

“Saya lahir dari keluarga Batak yang tumbuh di Riau. Sekarang orang tua saya tinggal di Siantar, Sumatera Utara. Lalu kuliah di Bandung dan sekarang bekerja di Denpasar, Bali. Semua terasa unik dan berbeda.”

Masing-masing kita pun punya versi bhineka tunggal ika mini seperti yang diutarakan oleh Samuel. Dan inilah yang membuat kita belajar menghargai ke-bhineka tunggal ika-an milik orang lain.

foto black and white 5 saya cinta indonesia

2. Potensi yang dimiliki oleh Indonesia.

Dengan data dan fakta mengenai keberadaan Indonesia seperti yang diuraikan diatas, maka kitapun akan menemukan banyaknya potensi yang dimiliki oleh negeri kita. Antara lain:

            • Kekayaan alam. Di Indonesia kita dapat menemukan berbagai macam jenis kekayaan alam. Baik itu hasil tambang, kekayaan laut, rempah-rempah. Keindahan panorama alam baik itu pantai, bukit, lembah maupun pegunungan. Keberagaman flora dan fauna, vegetasi, keberagaman jenis tanah, dan lain-lain.
            • Keberagaman budaya, adat istiadat, kesenian, masakan. Sebenarnya kalau ngomongin budaya bisa satu halaman sendiri kali yach. (Setelah masuk di paragraf ini kenapa tulisan saya jadi seperti bahan pelajaran sejarah dan kewarganegaraaan yach?) Padahal diawal nulis, saya sudah niat nga bakalan ngomongin hal-hal yang umum dan membuat terkesan seperti bahan pelajaran. Tapi yang namanya penjabaran mengenai Indonesia itu terlalu besar, mau tidak mau saya harus kembali ke hal-hal yang umum kita ketahui.
            • Bangsa Indonesia itu baik, ramah dan sopan. Walaupun diberita-berita banyak mewartakan tingkat kriminalitas yang ada di Indonesia, tidak membuat saya beranggapan kalau orang Indonesia itu jahat-jahat. Buktinya saya banyak menemukan orang yang baik disekeliling saya.
            • Bangsa Indonesia itu bangsa yang kreatif. Jika kita berada didaerah manapun di Indonesia apakah itu ke Jogjakarta, Pekalongan, Bali, kita pasti menemukan kerajinan dan kesenian yang unik-unik. Apakah itu angklung, gamelan, batik, ukiran dan pahatan, ditiap-tiap daerah pasti ada. Batik yang ada di Pekalongan akan berbeda motif dan jenisnya dengan yang ada di Madura, Jogjakarta, Cirebon.

snorkling di gili laba 14 saya cinta indonesia

3. Indonesia itu Unik.

Sesuatu yang beda atau lain daripada yang lain bisa disebut dengan unik. Bagi saya banyak hal yang unik yang saya temukan di Indonesia yang membuat saya bisa bilang kalau saya cinta Indonesia, antara lain:

  • Komodo, binatang purba adanya di Indonesia.
  • Rafflesia Arnoldy bunga bangkai terbesar di dunia.
  • Tarsius, primata terkecil dan endemik yang hidup di Sulawesi Utara.
  • Danau Toba, Gunung Tambora, candi Borobudur, Batik, Ulos, dan lain-lain.
  • Bangsa Indonesia mampu menguasai minimal 2 bahasa. Satu bahasa Ibu dan satu bahasa Indonesia. Belum lagi dalam pergaulan sehari-hari tiap-tiap orang Indonesia pasti berhubungan dengan teman, rekan, sejawat yang berbeda latar belakang budaya. Sehingga paling tidak kita masing-masing mampu mengerti dan memahami bahasa daerah yang teman/lawan bicara kita punyai. Walaupun hanya berupa percakapan sehari-hari.
  • Yang mana makin kebawah tulisan ini, saya seperti kehilangan kata-kata ketika menyebut satu persatu.

 

loh buaya pulau rinca 6 saya cinta indonesia

Jadi, sudah tau dong yach alasan kenapa saya cinta Indonesia? Tulisan ini diikut sertakan dalam Giveaway 3 Tahun Komunitas IDC.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

30 thoughts on “Cinta Indonesia? Haruskah..!”

  1. Orang-orang Indonesia itu hidup sesukanya haha! Bule-bule disini suka bingung dan juga merasa tertarik ngeliat kelakuan orang-orang yang gak ada aturan. Turis-turis yang datang ke Indonesia selalu merasa kagum dengan Indonesia. Sayang sekali kalau kita malah gak ngeh kita hidup di tanah yang luar biasa hebat!

    Keren sekali tulisannya kak! Kecintaannya menjadi jelas karena dijabarkan dengan detil. Kalau aku ditanya, “Suka ya suka!” Gak menjawab pertanyaan ya hahaha

    1. Setuju Muel, rasanya itu efek dijajah dech wkwkwk. Mulai teori konspirasi.

      Walaupun kelihatannya nga menjawab pertanyaan sebenarnya dibalik kata-katamu sudah terjawab koq. Buktinya dengan kutipan yang ada di halaman ini lahir dan besar dimana, kuliah dan kerja dimana aja sudah tau kan jawabannya apa? Keren dech pokoknya. hehehe..

  2. Hi Lina…..kereen….Para juri akan terkesima dengan tulisan ini, semoga berjaya
    Cinta Indonesia…cinta apa adanya…dan bergulir ke arah lebih baik. Bravo indonesia

  3. HORAS!!! Aku suka dengan tulisannya hihhihihi. Setuju banget deh kalau Indonesia luar biasa. Ngelihat foto – foto ini jadi makin memantapkan hati untuk punya cita – cita hanimun di Labuan Bajo, ahhhhh indah bangettttttt. Aku juga cinta Indonesia.

    1. Horas juga Roosvansia, terima kasih yach telah berkunjung dan salam kenal. Ayokkk ayookkk berkunjung ke Labuah Bajo, benar-benar menggoda hati bangat dech.

  4. Saya sepakat dengan poin-poinnya say, itu juga yang membuat Indonesia tetap di hati…
    lagi penasaran dengan sumber daya manusia kita yang semestinya bisa mendongkrak prestasi dibanyak bidang ke depan, semoga, terwujud…

    Lihat pose di Komodo, ingat list yang belum kesampean ini…

    1. Nah itu dia kak, SDM nya nich yang masih susah diangkat. Lihat berita tawuran, kriminal dll rasanya koq gimana gitu yach. Bisa nga sich energi, pikiran, tenaga dan waktu dipakai buat yang lebih bermanfaat. Tapi kita masih punya pengharapan sich SDM kedepan akan lebih baik.

      Komodo dan labuan bajo tempat yang harus kakak kunjungi. #kompor

  5. Weh, weh, weh,,,, mbak Adelina, tulisannya menginspirasi buat nambah akan kecintaan kita terhadap negara kita Indonesia,,,, Padahal Indonesia banyak pulaunya ya mbak ya? tapi tetep aja ada reklamasi,,,, Why
    Kayak nggak mensyukuri nikmat Sang Pencipta,,,, I Love Indonesia,,,, Semoga menang mbak, jangan lupa buat traktir akyu, hehehehe pizzzzz a

    1. Harus dong Anis, kalau bukan kita yang bangga dan mensyukuri trus siapa lagi. Hehehehe, yang pasti Indonsia itu indah.

      Amin, semoga menang yach.

Leave a Reply