Gerakan Yoga untuk Pemula

gerakan yoga untuk pemula 2

Beberapa pose dibawah ini adalah gerakan yoga untuk pemula yang umum dilakukan di tiap kelas yoga. Dimana gerakan ini dapat dilakukan sendiri di rumah dan menjadi gerakan dasar yang mudah dilakukan untuk latihan sehari-hari, antara lain:

Latihan Dasar untuk Tangan.

Dog Pose.

Upward and Downward Facing Dog Pose adalah salah satu bagian dari Surya Namaskar atau Sun Salutation. Dimana gerakan ini banyak melatih dan memperkuat bagian tangan, bahu dan lengan. Jika saya mengajarkan latihan ini di kelas, cukup satu gerakan ditahan 5 – 10 nafas atau 1 menit saja, mampu membuat badan keringatan.

Manfaat dari pose ini selain untuk perkuatan lengan, bahu dan tangan, juga membuat bagian-bagian tubuh seperti tulang belakang dan perut menjadi kencang. Untuk bahasan khusus mengenai perkuatan tangan saya pernah tulis disini.

gerakan yoga untuk pemula 4

 

Dolphine Pose

Dolphine Pose kalau digambar diatas berada dibagian tengah, hampir sama fungsi nya dengan dog pose. Hanya digerakan ini tangan dilipat sehingga siku menempel di matras. Untuk dolphine pose biasanya gerakan ini kami lakukan di kelas yoga sebagai persiapan untuk melakukan headstand.

Latihan Dasar untuk Punggung atau Back Bend Pose

 

gerakan yoga untuk pemula 2

Beberapa gerakan back bend pose pada gambar diatas ini antara lain Bridge Pose, Wheel Pose dan Upward Bow. Dimana tulang belakang dilatih dengan cara ditekuk berlawan arah dengan kebiasaan kita sehari-hari. Sehingga posisi tulang belakang kita menjadi tegak atau lurus sehingga tubuh bungkuk bisa dicegah sedini mungkin.

Bridge Pose

Pada gambar diatas bridge pose dilakukan dengan mengangkat punggung kita setinggi mungkin dengan cara kaki ditekuk serta tangan menumpu di matras. Variasi dari bridge pose digambar diatas bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu tangan diluruskan dan ditekuk dibawah pantat kemudian punggung didorong keatas atau kaki diangkat bersamaan setinggi mungkin.

Wheel Pose atau kayang

Bentuk badan menyerupai huruf U terbalik, dimana posisi punggung diangkat lebih tinggi sehingga otot-otot punggung ketarik. Dimana tangan dan kaki sebagai tumpuan diatas matras. Tahapan dalam melakukan wheel pose atau kayang pernah saya tulis disini.

Upward Bow

Pada gambar paling kanan, posisi tubuh menyerupai papan. Gerakan awal dimulai dengan posisi badan berbaring, kedua kaki saling berdekatan/menempel di matras, tangan ditaruh diatas bahu sejajar dengan kepala. Pada saat badan diangkat yang didorong hanya bagian perut keatas. Dimana kaki tetap menempel di matras.

 

Latihan Dasar untuk Keseimbangan

Gerakan Keseimbangan terdiri dari gerakan-gerakan standing pose, dimana saya pernah jelaskan ditulis sebelumnya,  bahwa pada saat kita berdiri dengan kedua kaki, kita tidak terlalu berasa mana kaki yang kuat atau mana yang lemah. Karena kedua-dua nya saling menyeimbangkan. Cara menguji kekuatan kaki dan keseimbangan kita dengan cara melatih salah satu kaki secara bergantian dengan posisi seperti di gambar yang ada dibawah ini.

Dimana gerakan tersebut melatih tubuh kita untuk seimbang, fokus serta  kuat. 

gerakan yoga untuk pemula 3

Gerakan Yoga untuk Pemula yang ada di gambar diatas merupakan gerakan mandiri yang bisa kita latih sehari-hari. Jika saya hanya punya waktu sedikit dipagi hari sebelum berangkat ke kantor, saya bisa menjadwalkan kalau hari ini saya khusus melatih perkuatan tangan. Dengan hanya mengkhususkan hari tersebut melakukan gerakan upward facing dog, downward facing dog serta dophine pose, tiap gerakan semenit.

Kemudian setelah istirahat, saya mandi dan berangkat ke kantor. Begitu juga dengan keesokan harinya saya ganti dengan gerakan perkuatan punggung atau backbend pose. Dan demikian besoknya lagi dengan gerakan balancing atau keseimbangan. Rasanya tiap hari 3 gerakan secara rutin cukup untuk membuat badan lebih bugar dan sehat.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

12 thoughts on “Gerakan Yoga untuk Pemula”

  1. Waaaah makasih Lin. Keren ini postnya. Itu fotomu sendiri kan ya? Gw perasaan dulu sekalinya Yoga prakteknya ya gerakan-gerakan ini, tapi kok berat yaaa.. Hahaha..

    1. Benar Dani, kalau pertama-tama lakuin gerakan ini pasti rasanya berat bangat. Kalau aku sich anjurin jangan sekaligus dilakuin. 3 gerakan yang sama aja dulu dilakukan selama seminggu, baru minggu berikutnya coba divariasikan. Foto-foto ku jaman dahulu ini, masih pede jadi model untuk blog sendiri wkwkwk.. sekarang disuruh foto begini lagi sudah malas.

    1. Kalau pengen latihan sendiri bisa mulai dari standing pose atau latihan keseimbangan dan perkuatan tangan aja dulu mbak. Tapi kalau mau serius sich enakan ada instruktur biar ada yang bantu perkembangan kita. hehehe salam kenal yach mbak dan terima kasih sudah berkunjung.

Leave a Reply