Pantai Lombang Sumenep

pantai lombang sumenep 2

pantai lombang sumenep 1

Tulisan mengenai Pantai Lombang Sumenep pernah saya tulis dihalaman sebelumnya. Tetapi berhubung blog saya sudah mengalami beberapa kali gonta-ganti hosting jadinya beberapa tulisan dan foto ada yang hilang. Oleh karena itu mau tidak mau saya harus menulis ulang dan memperbaiki serta melengkapi beberapa kalimat.

Perjalanan kami ke Pantai Lombang Sumenep tepatnya di bulan Maret 2015. Dimana pada saat itu kami penasaran dengan Pulau Madura dan pengen mengeksplore keindahan yang ada dipulau ini. Walaupun tidak begitu banyak orang yang menceritakan kecantikan pulau ini, rasanya kami tidak merasa rugi telah sampai kesini.

Bonus tambahan yang kami dapatkan adalah kami bertemu dengan sahabat yang sebelumnya kami tidak pernah tau dan kenal. Hanya melalui seorang teman yang mana saat itu kami pengen menanya-nanya apa aja sich tempat yang bagus untuk dikunjungi selama di Pulau Madura. Yang ada dari percakapan tersebut beliau justru menawarkan tempat tinggalnya untuk kami tumpangi.

Setiba di rumahnya yang ada kami disuguhi makanan dan kendaraan untuk kami berkeliling selama disana. Hehehe, tuan rumah yang kami temui ini benar-benar amat baik. Terima kasih untuk mas Dayat dan mbak Dora untuk kebaikan hati kalian telah menerima kami di rumah kalian.

 

pantai lombang sumenep 2

 

Pantai Lombang terletak di kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, kira-kira jaraknya 30 km arah Timur kota Sumenep dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Jalan raya menuju pantai ini lumayan bagus. Sebagian besar sudah diaspal dan lebar jalan cukup besar. Hanya ketika menuju Pantai Lombang Sumenep, kami mulai menemukan jalan berlubang-lubang.

Dikarenakan kami datang ke Pulau Madura bukan di musim liburan sehingga pengunjung yang datang kesini tidak banyak. Mungkin hanya kami dan anak-anak sekolah yang sedang mengadakan tour.

Untuk ke pantai ini hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.500,- per-orang dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Murah bangat dong yach? Sepanjang pantai kita dapat menemukan pohon cemara udang dan tidak seperti pantai pada umumnya dipenuhi pohon kelapa, rasanya saya jarang melihat pantai yang mana hidup pohon cemara udangnya.

Keberadaan pohon cemara udang membuat sejuk pantai ini karena cuaca disekitar pantai ini sangat terik. Sambil menikmati pemandangan kita bisa berteduh dibawah pohon.

pantai lombang sumenep 7

Pantai Lombang

Pantainya bersih, pasirnya kuning dan halus membentang sepanjang bibir pantai. Ombaknya tenang dan pihak pengelola pantai ini cukup bagus mengelolah kebersihan pantai.

 

pantai lombang sumenep 3

Pantai Lombang

Disepanjang pantai sudah diatur dengan rapi warung atau kios-kios jajanan juga toilet serta mushola. Hanya yang menurut saya yang kurang adalah wahana bermain untuk anak-anaknya tidak banyak. Yang saya lihat hanya ada penyewaan kuda jika kita mau berjalan-jalan mengitari pantai dengan biaya Rp. 30.000,-

pantai lombang sumenep 6

Cemara Udang

pantai lombang sumenep 4

Karena sepi dengan pengunjung tidak banyak yang menyewa kuda.

Kalau menurut penjual yang menjajakan makanan yang ada disini, jika libur sekolahan ataupun weekend pengunjung yang datang bisa membludak. Jadi kalau boleh saya bilang, rasanya kami cukup beruntung karena pada saat kami datang kesini pantai nya sepi dan cuacapun sangat baik.

Hanya entah kenapa kami tidak bermain air disini, padahal ombak nya tenang dan pasirnya sangat halus. Saya cukup puas berjalan mengitari pantai sambil mengambil foto ekspresi anak-anak yang saat itu sedang bermain di pinggir pantai.

pantai lombang sumenep 5

Teman saya dan anaknya sedang asyik bermain-main diatas kuda.

Tulisan mengenai Pantai Lombang Sumenep membuat saya kangen bertemu mas Dayat, mbak Dora beserta keluarganya. Begitu juga dengan teman seperjalanan saya saat itu. Moment yang menurut saya cukup indah dan rasanya saya pengen kembali ke Pulau ini lagi, mengunjungi air terjun yang belum kesampaian kami singgahi.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

18 thoughts on “Pantai Lombang Sumenep”

  1. Pantai Lombang ini memang sudah terkenal ya. Aku dulu sering ke Sumenep karena ada teman kuliah asalnya darisana. Tapi ya kok ga sempet2 ke Lombang. Makanan di Madura enak2 ya *lah ini malah ngomongin makanan haha

    1. Kalau ke Madura sempatin kesini yach Den. Benar makanan khas Madura emang terkenal enak, ngebayangin langsung ngiler. upsss maaf lagi puasa hehehehe…

Leave a Reply