Buku Yoga Rekomendasi Saya

buku yoga rekomendasi saya 3

Pengenalan dan kecintaan saya akan Yoga, membuat saya haus untuk lebih mendalami dunia Yoga itu sendiri. Kecintaaan saya akan Yoga pernah saya ceritakan disini. Dan tepatnya tahun 2014, saya dipercaya untuk membimbing beberapa teman untuk berlatih Yoga. Kepercayaan tersebut membuat saya makin giat untuk berlatih dan mencari tau lagi tentang Yoga itu sendiri. Salah satu media yang sangat membantu saya adalah membaca buku khusus tentang Yoga.

Buku yang ada dibawah ini adalah buku Yoga rekomendasi saya, yang menjadi buku inspirasi saya di tahun 2016. Yang mana saya sebagai pemula pun bisa memahami isi nya karena ditulis dengan bahasa yang sederhana dan illustrasi yang menarik.

Dikarenakan buku-buku tersebut banyak dijadikan referensi sehingga sering dipinjam oleh teman saya, dan saya nya pun senang membuka serta membolak balikkan halaman demi halaman. Yang ada kondisi buku nya tersebut sudah tidak berbentuk lagi. Jadi ketika hendak mengambil foto buku-buku tersebut, saya jadi mengurungkan niat karena bentuknya sudah tidak karuan.

Buku Yoga Rekomendasi Saya, antara lain:

1. Yoga Anatomy.

buku yoga rekomendasi saya 1

Menurut saya buku Yoga Anatomy adalah buku wajib yang harus dipunyai oleh setiap yogi.  Buku yang sangat lengkap dengan penjabaran secara detail apa yang terjadi pada bagian tubuh kita jika kita melakukan gerakan demi gerakan. Sehingga menjadi panduan buat saya untuk tau bagaimana melakukan gerakan yang benar dari setiap pose beserta bagian-bagian mana yang dititik beratkan didalam pose tersebut.

Yang paling saya suka dari buku ini adalah pelajaran dasar mengenai Yoga itu sendiri bukan hanya tentang gerakan tetapi juga spesifik dijelaskan mengenai nafas dan cara bernafas yang benar. Karena inti dari Yoga itu sendiri sebenarnya ada dinafas dan itu menjadi bagian pertama dan point penting dari buku ini.

2. Ashtanga Yoga.

buku yoga rekomendasi saya 2

Ashtanga Yoga sendiri adalah salah satu aliran Yoga yang sering menjadi gerakan wajib di studio-studio Yoga. Di kelas saya, ini termasuk gerakan yang harus dihafal dan dalam sebulan gerakan ini pasti ada.

Didalam buku ini dijelaskan dengan sangat detail satu persatu philosophy dari setiap gerakan. Selain itu saya juga belajar banyak mengenai sejarah dan silsilah Yoga, penjelasan tiap postur dijelaskan secara detail berikut mitologi, illustrasi dan tips praktis dari gerakan tersebut.

Panduan dan rangkuman mengenai spiritual Ashtanga Yoga dijabarkan dengan sangat baik. Sehingga pengenalan saya akan Ashtanga mempunyai nilai tersendiri, tidak hanya sekedar gerakan semata.

3. Light on Yoga.

buku yoga rekomendasi saya 3

Light on Yoga ditulis oleh Guru Besar Yoga yang sangat terkenal dan menjadi inspirasi para yogi seluruh dunia yaitu B.K.S. Iyengar. Buku Yoga paling tebal yang saya punya yaitu 544 halaman. Dan buku ini adalah buku yang dicari karena isinya sangat lengkap baik itu menjelaskan tentang gerakan dan sejarah Yoga juga panduan step by step dalam setiap pose.

Buku ini masih dalam tahap penyelesaian buat saya, karena tidak seperti buku bacaan biasa yang umumnya saya baca. Rasanya saya tidak sanggup menyerap halaman demi halaman dalam waktu pendek. Karena penjelasannya sangat panjang hanya khusus satu topik ke topik berikutnya.

Dimana ketika membaca buku ini saya seperti merasakan Guru Besar Iyengar menjelaskan langsung kepada saya. Dengan istilah dan bahasa sansekerta yang tidak familiar buat saya. Kadang saya harus dalam kondisi mood yang baik untuk mengikuti alur penjelasan dari buku ini. Tapi banyak sekali penjelasan yang saya dapatkan, berikut semua pose seperti nya lengkap ada disini.

4. The Yoga of Pregnancy

buku yoga rekomendasi saya 4

Buku ini adalah buku yang baru akan masuk kategori list bacaan saya. Sudah lama ada ditumpukan lemari buku tapi sampai sekarang belum kesampaian membacanya.

Dibuku ini banyak menceritakan perjalanan kehamilan selama 9 bulan, perubahan apa yang terjadi didalam kandungan dan gerakan atau pose apa yang cocok dilakukan oleh calon ibu selama proses kehamilan.

Berhubung saya tidak mempunyai murid yang hamil yang bisa saya praktekan untuk melakukan gerakan dalam buku ini. Saat ini saya hanya baru bisa membeli dan sekilas membacanya. Semoga nantinya bisa menjadi acuan jika suatu hari nanti menemukan kasus serupa untuk dijadikan bahan referensi dan panduan saya nantinya mengajar.

Ke-4 Buku Yoga Rekomendasi saya diatas adalah buku favorite dan menjadi buku inspirasi saya di tahun ini.  Jika nantinya menemukan buku lain yang bagus dan cocok buat saya akan saya tulis di halaman berikutnya.

Yuk ikutan Giveaway for booklover di blognya Anne Adzkia

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

12 thoughts on “Buku Yoga Rekomendasi Saya”

  1. waah….jadi ingat buku punya papaku dulu, namanya Yoga Asanas, kk cuma liat2 gambarnya doang sih…
    nggak ingat deh apa papa dulu baca doang apa ikut latihan yoga juga

    1. Nga apa-apa mbak. Bedanya kalau ada instruktur untuk gerakan-gerakan susah bisa dibantu dan diperbaiki aja sich. kalau untuk gerakan dasar ngikutin dari buku atau youtube cukup koq mbak.

  2. Tahun ini belum ketemu tanggal dan bulan yaa Lin , buat Yoga barengnya.. yuuk ahh di jadiin ..
    btw itu buku light on Yoga menggoda deh buat di baca hihihi

    1. Ayolah nik dijadwalkan hehehe.

      Buku Light on Yoga itu banyak bahasannya mengenai sejarah Yoga dengan istilah sanskerta gitu nik. Hehehe..

Leave a Reply