Side Plank Pose

yoga pose di alam terbuka side plank pose 4

Gerakan yoga yang ingin saya bahas dalam tulisan kali ini adalah Side Plank Pose. Dimana ini adalah variasi lain dari plank pose. Bagi yang sudah terbiasa melakukan gerakan plank pose dan bosan hanya sampai gerakan itu saja, pastinya akan lebih termotivasi untuk melakukan gerakan yang lebih sulit lagi.

Saya sich menyarankan untuk mencoba Plank Pose terlebih dahulu dan jika sudah mahir didalam gerakan ini baru dapat mencoba variasi lain yang lebih menantang, antara lain side plank pose. Dimana bagi pemula rasanya melakukan plank pose saja membutuhkan ekstra kekuatan dibagian bahu, lengan dan tangan.

Oleh karena itu memang alangkah baiknya terlebih dahulu membiasakan diri dengan lebih giat melatih bahu dan tangan. Gerakan untuk perkuatan lengang, bahu dan tangan dapat dilihat disini.

pose yoga untuk perkuatan lengan plank pose 3

Plank Pose

Tahapan Side Plank Pose:

  1. Side Plank Pose merupakan lanjutan dari plank pose, dimana setelah stabil beberapa nafas atau menit diposisi seperti yang ada pada foto diatas, badan perlahan-lahan diputar kesisi kiri, kedua tumit bertumpu dengan posisi kaki kanan menempel di matras.
  2. Kemudian tangan kiri berpindah keatas, sehingga hanya tangan kanan yang ada di matras dan menjadi tumpuan beban seluruh tubuh. Pada saat tangan kiri berpindah keatas, otomatis badan cenderung oleng dan tidak stabil. Oleh karena itu pada posisi ini dibutuhkan keseimbangan dan kekuatan tangan sebagai penopang.
  3. Dimenit-menit selanjutnya badan mulai menyesuaikan diri dengan posisi yang pas. Dimana posisi tubuh berbentuk lurus seperti papan. Pada kondisi seperti ini perut dan paha dikencangkan dimana secara otomatis nafas diatur untuk membantu kita lebih konsentrasi. Tahan diposisi tersebut tetap stabil dalam hitungan 10 nafas.
  4. Lakukan dengan posisi tangan dan kaki bergantian, dimana badan diputar kesisi kanan sama dengan point no.1.

Manfaat Side Plank Pose

  1. Manfaat utama yang saya dapat dari gerakan ini adalah saya merasakan kekuatan pada bahu, lengan dan tangan.
  2. Agar tetap stabil di posisi side plank, perut dan paha saya dilatih untuk kencang. Dan ini juga berfungsi untuk mengencangkan bagian perut dan paha.
  3. Kestabilan dan keseimbangan dengan dibantu oleh konsentrasi pada nafas.

Sayangnya saya belum sempat membuat video tutorial mengenai step by step gerakan side plank pose. Kalau ada kesempatan dikemudian hari mungkin akan saya lampirkan tautan videonya. Untuk sementara saya berharap panduan diatas dapat menolong teman-teman yang ingin mencoba gerakan Side Plank Pose. Selamat mencoba yach dan salam olahraga!

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

10 thoughts on “Side Plank Pose”

    1. kamu sudah mencoba gerakan side plank bagiku itu sudah keren loh. kalau kondisi tubuh lemah mending plank pose dulu yang diseringin, walaupun tetap sesekali nyobain side plank buat men-challenge tubuh kita. semangat yach nia.

    1. salam kenal aiko, senang kamu berkunjung kemari. benar aiko, side plank itu gerakannya menantang, tapi kalau mau membiasakan diri plank pose dilakukan sesering mungkin juga baik koq. entar aku sempatin berkunjung ketempat mu yach.

  1. udah berapa lama Del belajar yoga…?
    kirain side plank itu langsung aja ambil posisi nyamping gitu, nggak boleh ya ? harus melalui posisi plank dulu?

    1. Belajar yoga sudah 8 tahun kak. Sebenarnya bisa aja sich langsung side plank kalau tangan dan bahunya kuat kak. tapi kalau aku sich mesti latihan plank dulu baru setelah mantap nyobain side plank. Hehehe..

Leave a Reply