David Attenborough

David_Attenborough_-_Life_Stories_-_Audiobook

Sumber : disini

Bagi yang senang mengikuti acara BBC Earth pasti tau dong siapa tokoh yang ada di foto ini. Tokoh yang ada diatas bernama David Attenborough, dia adalah orang yang membuat saya mencintai film dokumenter baik itu mengenai alam dan binatang.

Jika diperhatikan acara BBC Earth dalam bulan ini, bulan Mei 2016 pasti liputan mengenai David Attenborough akan selalu ada setiap hari. Karena apa? Karena bulan ini beliau genap berusia 90 tahun.  Keren nga sich? BBC Earth sendiri khusus membuat liputan Celebrating Attenborouht at 90, dimana acaranya dapat langsung dilihat di website BBC.

Karirnya dalam dunia penyiaran dimulai tahun 1952, dan pada tahun 1954 David Attenborough bergabung dalam seri Zoo Quest. Serial ini dibuat ulang dan minggu lalu mulai ditayangkan. Dimana diseri awal diceritakan bahwa peran David saat itu di Zoo Quest adalah sebagai penata gaya yang bekerja dibelakang layar.

Tetapi berhubung pembawa acara utama yaitu Jack Lester terkena penyakit tropis yang oleh dokter sendiri tidak tau obatnya apa, akhirnya David lah yang menggantikannya menjadi pembawa acara Zoo Quest. Dengan pembawaan David yang komunikatif dan interaktif acara tersebut diminati banyak orang. Dimana acara inilah yang membawa David memulai karir dalam bagian terliar didunia ini.

“An estimated 500 million people worldwide watched the 13-part series Life on Earth, written and presented by Sir David. At the time it was the most ambitious series ever produced by the BBC Natural History Unit. Its sequel, The Living Planet, came five years later in 1984 and in 1990 the final part of the trilogy, The Trials of Life was broadcast. He also wrote and presented two shorter series, The First Eden, on the long history of mankind’s relationship with the natural world in the lands around the Mediterranean, and Lost Worlds, Vanished Lives, about fossils”.

“Diperkirakan 500 juta orang di seluruh dunia menyaksikan 13 bagian seri Life on Earth, yang ditulis dan disajikan oleh Sir David. Pada saat itu seri paling ambisius yang pernah diproduksi oleh Unit BBC Natural History. sekuelnya, The Living Planet, berselang lima tahun kemudian pada tahun 1984 dan pada tahun 1990 bagian akhir dari trilogi, The Trials of Life disiarkan. Ia juga menulis dan disajikan dua seri lebih pendek, The First Eden, tentang sejarah panjang hubungan manusia dengan alam di tanah sekitar Mediterania, dan Lost Worlds, Vanished Lives, yang bercerita mengenai fosil”. http://web.archive.org/web/20020610202423/http://www.bbc.co.uk/nature/programmes/who/david_attenborough.shtml

Diseri kedua dalam Zoo Quest ditampilkan petualangan David pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Komodo Indonesia yang mana harusnya tayang jam 11:00 siang ini. Hanya karena jam kantor saya akan mencari tau jadwal tayangan ulangnya di TV.

Karena kecintaan dan dedikasinya dengan dunia alam dan binatang, pada tahun 1985, David Attenborough dianugerahi gelar kebangsawan dan sejak saat itu namanya berganti menjadi Sir David Attenborough.

Untuk seseorang yang hidup selama 90 tahun didunia ini rasa-rasanya sepanjang umurnya tidak habis karya yang dia hasilkan. Dan beliau telah membuat semua mata terpesona dengan kepiawaiannya menampilkan kehidupan binatang dan alam dalam format yang indah dan dengan narasi yang mudah dimengerti oleh banyak orang.

Seri Life on Earth adalah seri favorite saya. Dan saya nga tau kebetulan apa nga, adik saya juga pecinta serial ini. Terbukti waktu kita tukeran laptop (bukan tukeran sich, tepatnya laptop lamanya dihibahkan ke saya). Saya menemukan serial Life on Earth komplit di foldernya dia. Betapa bahagianya saya, jadi saya bisa menonton acara ini sesuka hati saya dan berulang-ulang tanpa harus menunggu tayang di TV.

 

images

Ini adalah foto David diawal penampilannya di Zoo Quest. Ganteng yach? Sumber : disini

Pada bulan Mei 2015, tahun lalu bertepatan ulang tahunnya yang ke 89. Beliau dipanggil dan diwawancarai oleh Presiden Barrack Obama dimana terjadi diskusi yang cukup menarik diantara keduanya mengenai Global Warming. Dan ternyata Bapak Presiden Obama menghabiskan masa kecilnya dengan mengikuti acara yang dibuat oleh Sir David Attenborough. Salah satu cuplikan liputan wawancara dapat dilihat di link dibawah ini.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

11 thoughts on “David Attenborough”

  1. Linaaa… Makasih banget ya udah share ini. Gw selama ini gak pernah perhatian ama belio. Cuman pas lihat dokumenternya BBC emang kayak ikrib ama namanya. Ehlhadalah. Hahahaha. Parah ya gw. Emang bagus-bagus program buatannya beliau Lin…

    1. Sama-sama Dani. Aku juga nulis ini pas perayaan ulang tahun beliau di BBC Earth dan akhirnya ditampilin semua acaranya dia dan semua bagus-bagus. Hehehe..Senang dech ada yang suka juga ama dia.

  2. aduhhh .. saya malah baru tahu …. hehe
    ketahuan deh .. sukanya nontong sinetron … 😀
    hebatnya beliau ini .. bisa membuat film dokumenter yang dibawakannya menjadi menarik

  3. Del…kk juga suka dokumenter.., dulu seringnya nonton acaranya Jacques Costeau, marine biology, jaman TVRI deh
    sama doku Silk Road dan tentang kebudayaan gitu deh..
    filmnya Sir David cuma nonton beberapa kali

    1. Belum kelar nulis sdh ke publish. Seru yach kak nonton film dokumenter. Ilmu berpuluh2 tahun bisa dirangkum dengan sederhana dan menarik. Aku sekarang lagi senang2nya ngikutin acara sir david nich kak.

Leave a Reply