Bikram Yoga

bikram yoga atau biasa dikenal dengan sebutan hot yoga adalah salah satu aliran yoga yang jika dilakukan akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

bikram yoga 1

Bikram Yoga atau Hot Yoga adalah salah satu aliran yoga yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dimana ketika melakukan gerakan ini, ruangan dikondisikan menjadi 30-40 derajat celcius dengan kelembapan sekitar 40%. Sehingga dengan suhu sedemikian akan membuat tubuh cepat mengeluarkan keringat.

Gerakan ini diperkenalkan oleh Bikram Choundhory dimana gerakan ini dinamai sesuai dengan nama sang penemu. Sepanjang gerakan terdiri dari 26 gerakan yang mana tiap gerakan dilakukan 2 kali. Sesi gerakan memakan waktu sekitar 90 menit. Bagi yang berminat untuk mengikuti aliran yoga yang satu ini, saat ini sudah banyak pusat kebugaran ataupun studio yang khusus menyediakan ruangan untuk bikram yoga.

Awalnya gerakan ini dilakukan di daerah yang mengalami 4 musim, dimana pada saat musim dingin tubuh cenderung kaku dan malas untuk bergerak. Oleh karena itu dibuatlah suatu kondisi yang panas sehingga ketika musim dingin pun para pelaku yoga dapat tetap melakukan gerakan tanpa terhambat situasi cuaca.

Jika badan kita panas apalagi dengan bantuan suhu yang sudah dikondisikan sedemikian rupa, maka ketika melakukan gerakan akan lebih luwes dan lentur. Setidaknya dalam satu sesi dapat membakar kalori sekitar 500. Lumayan kan yach?

Saya sudah 2 atau 3 kali melakukan gerakan bikram yoga tapi saat itu suhu ruangan kebetulan memang lagi panas tapi sepertinya tidak sampai 40 derajat. Untuk pertama kali melakukan gerakan bikram yoga rasanya seperti kepiting rebus. Panas, dehidrasi dan semaput dech, tapi karena gerakan ini ritmenya lebih pelan dan sederhana jadi kami pun dapat menyelesaikan seluruh gerakan dengan baik dan lancar.

 

Manfaat melakukan Bikram Yoga

Yang pasti badan kita jadi lebih gampang lentur, racun-racun kebuang melalui keringat, peredaran darah lancar dan pastinya jika sering melakukan gerakan ini maka akan membuat tubuh menjadi lebih kencang dan langsing, karena kalori yang dikeluarkan cukup banyak.

Hanya tidak lupa, jika selesai melakukan bikram yoga adalah baik minum air putih lebih banyak daripada latihan yoga biasa. Untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar akibat keringat yang bercucuran selama melakukan sesi yoga.

Langkah dalam melakukan gerakan bikram yoga dapat dilihat seperti gambar yang ada dibawah ini:

 

bikram yoga 1

 

bikram yoga 2

 

bikram yoga 3

 

bikram yoga 4

Sumber : http://bikramyogabrickcanvas.com/about/26-bikram-yoga-poses

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

24 thoughts on “Bikram Yoga”

  1. Wuiiih. Keren Liiin. Makasih banyak ya. Gw baru tahu kalo ternyata Yoga itu juga ada aturan tentang suhu dan kondisi ruangan tempat melaksanakannya. Kalo lihat dari gerakannya keknya dulu gw pernah deh ikutan Bikram Yoga ini. Hihihi… 😀
    Makasih yaaa

  2. Waaaak! Aku udah lama banget nih, Mbak, pengin nyobain Yoga tapi belum juga kesampaian. Oooh ternyata ada aturan-aturan lain juga, ya. Aku kira awalnya cuma sekadar gerakan statis itu aja.

    1. Untuk awal sich memang gerakan yang diajarin lebih lambat dan sederhana. setelah 2-3 kali pertemuan baru dikasih gerakan yang lebih bervariasi dan menantang. kalau bikram ini salah satu jenis yoga yang kalau peserta pemula malah lebih mudah mengikutinya.

  3. Namanya banyak banget ya mbak, dan baru tahu juga kalau ada aturan suhu juga 🙂
    nggak berniat bikin gerakan sendiri mbak? lalu dikasih namanya mbak 😀

    1. ini sebenarnya lebih mempermudah peserta saja sich supaya badannya lebih lentur karena badannya sudah dibuat panas terlebih dahulu. yang ada gerakannya pun disesuaikan. hehehe.. semoga aja yach besok-besok ketemu ilham dan pengalaman yang panjang biar ketemu gerakan baru.

    1. banyak yusuf. dengan beberapa jenis gerakan tersebut kita bisa menyesuaikan dan memvariasikan gerakan mana yang kita mau. misalnya minggu ini hatha, minggu besok bikram, besoknya lagi gerakan yang lain, jadinya nga bosan. tapi kalau mau gerakan yang itu-itu aja juga boleh koq hehehe, suka-sukanya kita aja sich.

    1. kamu gemuk segimana sich Fasya? hikkkss orang kecil gitu koq. yoga tidak dibatasi ama ukuran dan berat badan koq. karena beberapa temanku yang berat nya lumayan besar tapi tulangnya lentur bangat. dan semangat bangat ikutan yoga hehehe..

    1. Untuk beberapa keluhan tertentu sebaiknya memang ditreatment terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga termasuk yoga mbak. Sebenarnya yoga sangat membantu penderita penyakit tulang belakang dan saraf kejepit tapi aku pribadi lebih menganjurkan ditreatment terlebih dahulu.

      1. untuk treatment aku udah treatment mbak.. cuma ada bbrp gerakan yoga yg ternyata aku ga kuat, yaitu posisi nunduk, yoga banyak posisi nunduk. kira2 bs rekomen gerakan yoga yg gmn ya yg bgs u saraf kejepit di leher dan u menjaga tulang punggung?? yg ga ada posisi nunduk. makasih sebelumnya ^ ^

        1. Kalau ada kesempatan aku coba foto tulis gerakannya dech mbak. Karena aku sempat ngajar yg mana tmnku itu sakit syaraf kejepit dileher dan dia bilang gerakan itu membantu dia bangat. Hehehe..

Leave a Reply