Pertunjukan Seni

Pertunjukan seni yang pernah saya kunjungi pada saat berkunjung kesuatu tempat

pertunjukan seni tari kecak di pura uluwatu

Pada saat berkunjung kesuatu tempat, selain melihat budaya, suasana dan kehidupan suatu kota. Saya berusaha menyempatkan diri untuk melihat pertunjukan seni yang menjadi kekhasan ditempat tersebut. Walaupun tidak begitu banyak pertunjukan seni yang pernah saya kunjungi, tapi rasa-rasanya pertunjukan seni yang ada dibawah ini cukup membuat saya terkagum-kagum.

Pertunjukan seni yang pernah saya kunjungi antara lain:

1. Tari Kecak di Pura Uluwatu.

pertunjukan seni tari kecak di pura uluwatu

 

Pertunjukan tari kecak sebenarnya dapat kita lihat dibeberapa tempat di Bali. Tapi waktu itu saya kepengen bangat lihat pertunjukan tari kecak di Pura Uluwatu. Sewaktu saya dan teman-teman kesini pada tahun 2011 kisaran harga pertunjukan saat ini seharga Rp. 90.000,- Kalau sekarang saya lihat di website harganya dikisaran Rp. 120.000 –

Kesan yang saya dapat selama melihat pertunjukan tari kecak adalah merinding dan takjub. Karena pertunjukan yang ada disini kesan mistisnya kental bangat, dengan iringan musik dan ritme gerakan yang sangat kompak dari penari, warna kostum dan juga suasana sunset yang pas bangat menambah kesan fenomenal buat saya.

Tari kecak sendiri bercerita mengenai kisah pewayangan Ramayana dan Shinta, dimana semua orang pasti sudah hafal dengan isi cerita dan tokoh pewayanganyang sangat melegenda ini. Hanya ketika dipertunjukan disini, semua pemain yang ada sangat klop satu sama lain. Tokoh yang paling berkesan buat saya adalah Hanuman, gerakannya lincah bangat dan  tingkahnya yang kolokan dan urakan membuat kesan yang ada menjadi lebih hidup.

Karena pertunjukan dimulai jam 18:00 WITA, dimana matahari mulai tenggelam dan pemandangan sunset itu pas bangat didepan matanya kita, membuat kesan mistis menjadi lebih kerasa. Disini tidak ada pencahayaan listrik yang ada cuma sinar matahari yang akan turun dari peraduan dan kemudian ketika gelap baru obor disekeliling arena dinyalakan.

 

pertunjukan seni tari bali bersama rama dan shinta

Bersama Rama dan Shinta

2. Tari Barong.

 

pertunjukan-seni-tari-barong-bali

 

Pertunjukan tari Barong Batu Bulan dimulai jam 09:30 – 10:30 yang mana terdiri atas 5 babak dan diiringi oleh gamelan. Dipertunjukan ini banyak menampilkan simbol-simbol seperti burung merak, harimau, babi hutan, barong yang mana semua simbol tersebut berusaha menceritakan arti kebaikan dan kejahatan.

Waktu itu rasanya seharian saya estafel mengikuti pertunjukan tari selama di Bali, siangnya menonton tari Barong dan malamnya menyaksikan tari kecak. Dan saya puas bangat melihat keindahan budaya yang ada di Bali melalui pertunjukan tari.

 

pertunjukan seni tari barong di batu bulan bali

 

3. Pertunjukan Kung Fu di Red Theater Beijing.

 

pertunjukan seni kung fu di red theater beijingGedung Red Theater dari luar.

 

Pertunjukan kung fu di red theater Beijing adalah pertunjukan yang menggabungkan seni bela diri kung fu, tari dan akrobat yang mana bercerita tentang perjuangan seorang anak muda menggapai mimpinya untuk menjadi master kung fu.

Semua adegan diceritakan dengan gerakan dan instrumentasi yang sangat apik. Perjuangan anak muda ini sangat mengharukan dan penuh tetesan air mata karena untuk mencapai cita-citanya tidak dengan mudah didapatkan tetapi ada harga yang harus dibayar.

Gedung pertunjukan yang ada disini dari luar sangat mewah dengan lampu merah membuat gedung ini sangat meriah. Pertunjukan Kung Fu diadakan setiap hari pada jam 17:15~18:20; 19:30~20:50 dengan tiket sebesar CNY180/280/380/680.

 

pertunjukan seni di red theater beijing

Suasana didalam gedung Red Theatre.

 

pertunjukan seni di red theater beijing

Berpose dengan latar belakang para pemain kung fu.

 

4. Nanta Show.

 

pertunjukan seni nanto cooking show di seoul

Nanta Show adalah pertunjukan tari yang menggambarkan situasi dapur pada saat mempersiapkan suatu perjamuan pesta pernikahan pembesar. Dimana kondisi dapur sangat sibuk dan para koki memperagakan kesibukan mereka memotong-motong sayuran dan bahan makanan dengan teknik yang luar biasa.

Para pemain dan penari yang berperan sebagai koki memperagakan adegan kekacauan didapur sangat lincah dan energik. Dengan adegan yang lucu dan penuh kekonyolan membuat pertunjukan Nanta Show sangat dicari dan menjadi agenda beberapa tour and travel kalau sedang berada di Korea Selatan. Saya melihat peluh keringat mereka disepanjang acara. Dan kadang pemain juga melibatkan penonton dengan mengajak keatas dan melakukan adegan lucu. Sehingga interaksi antara pemain dan penonton sangat interaktif dan hidup.

Di Korea Selatan sendiri terdapat beberapa tempat yang menampilkan pertunjukan Nanta Show antara lain MyeongDong Nanta Theater, Hongdae Nanta Theater, Chungjeongno Nanta Theater, Jeju Nanta Theater. Di Indonesia sendiri pertunjukan ini pernah beberapa kali diadakan dan terakhir yang saya tau tahun lalu diadakan di ICE BSD.

pertunjukan seni nanta show 2

Panggung Nanta Show

 

pertunjukan seni nanta show 3

Panggung Nanta Show

Demikian beberapa pertunjukan seni yang pernah saya kunjungi selama saya berkunjung kebeberapa tempat.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

29 thoughts on “Pertunjukan Seni”

  1. Kayaknya kalo dateng ke satu daerah baru wajib tuh nonton satu kesenian lokal. Biar tau. Dulu pas awal awal ke Bali juga nyempetin tuh nonton tari2an nya 🙂

  2. Dari listmu ini, cuma tari kecak yang sudah pernah. Kalo di Bali nonton yang di GWK juga, suka ada pertunjukan tarinya juga. Pas ke Solo kami juga nonton tari rama shinta yang dipelataran prambanan. Jadi habis nonton yg versi Bali trus nonton yg versi jawa tengah temponya berasa lambat 😀

    1. Pertunjukan tari di Prambanan aku belum kesampaian nich. Beda versi yach, kalau di Bali itu gerakan tari nya interaktif dan enerjik kalau di jawa tengah sepertinya dia lebih fokus ke isi cerita dan cara pembawaannya lebih anggun.

  3. pertunjukan seni terakhir … hmm 3 tahun lalu nontor teater di TIM, itu juga karena dapet tiket gratisan 🙂
    kalau film juga termasuk pertunjukan seni … berarti saya sering .. hehehe

    1. di TIM pertunjukan tari kah? iya yach pertunjukan seni itu umum sifatnya. tadi mau buat pertunjukan tari tapi kung fu itu termasuk tari nga sich? hehehe yang ada aku nulis judulnya pertunjukan seni dengan maksud sesuatu yang diperagakan secara langsung dan dilakukan diatas panggung. 🙂

  4. Kemarin waktu di Uluwatu pengen banget nonton tari kecak. Namun belum rejeki..Waktu sampai di lokasi sudah berlangsung 30 menit. Jadi malas…:)

  5. Idem mbak Lina, menikmati pertunjukan seni di daerah yg kita kunjungi selalu menarik. Naksir yg nanta show. Baru nonton yg kecak dan barong. Di Banjar ada mamanda. Salam

    1. jadi tertarik pengen tau mamanda nich bu prih. hehehe kalau tiap daerah yang kita kunjungi kitanya sempat lihat pertunjukan budaya gitu keren yach bu.

  6. wahhh seruu kak!! Aku yang di bali aja gak pernah liat pertunjukan seni haha asik keliling pantai 😀
    Ayo kak, nulis lagi!! ditunggu yaa

  7. Menonton pertunjukan seni seperti ini sangat memperkaya jiwa kita. Sewaktu masih kuliah saya masih banyak waktu melakukannya, sekarang agak sulit euy.

    1. benar mas lihat pertunjukan seni itu buat jiwa kita menjadi kaya. cerita dan cara penyampaiannya itu bagus dan pas. hehehe.. mesti nyari waktu pas libur kali mas baru bisa nonton pertunjukan seni walaupun bisa dipastikan bakalan ramai 🙂

      1. saya jadi malu. orang asing aja udah pada kesana, masak iyha saya yang benar-benar WNI belum bisa kesana 😀

        tapi ngomong2 gak ada Hanuman deh, adanya Hanoman 😀 wkwkwkwkw salam..

Leave a Reply