Manfaat Yoga untuk Anak

manfaat yoga untuk anak 1

Karena saat ini saya belum punya anak, jadi beberapa hal yang ada dibawah ini bukanlah pengalaman saya sendiri. Melainkan dari sharing beberapa teman yang telah mempunyai anak dimana mereka mengajarkan atau mengenalkan yoga kepada anak-anaknya dan ternyata dengan kegiatan tersebut mereka melihat manfaat yoga untuk anak yang mereka rasakan.

Dari pengamatan yang saya lihat secara langsung, saya dapat merasakan bahwa tantangan yang dihadapi anak-anak saat ini sangatlah berat. Anak-anak diperhadapkan oleh banyaknya gangguan dari teman sebaya, godaan dari kemajuan jaman, pola makan yang tidak sehat serta kurangnya kegiatan fisik yang mana diperparah oleh permainan game atau gadget serta tontonan televisi.

Oleh karena itu orang tua dan sekolah diperhadapkan dan ditantang untuk berbuat lebih banyak agar anak menjadi aktif, kreatif serta tidak terisolasi dengan kondisi yang ada sekarang. Oleh karena itu tidak jarang sekarang terdapat pusat kebugaran untuk anak-anak dan beberapa sekolah menyertakan kegiatan yoga sebagai bagian dari pelajaran di sekolah.

 

manfaat yoga untuk anak

Sumber : https://www.qykapp.com/

Manfaat Yoga untuk Anak:

Yoga adalah olahraga dengan biaya yang relatif rendah. Dimana memberi manfaat positif untuk anak-anak, antara lain:

  • Mengembangkan kesadaran tubuh.
  • Mengetahui bagimana menggunakan tubuh mereka dengan cara yang sehat.
  • Mengelolah stres dengan pernafasan, meditasi dan olah tubuh yang benar.
  • Meningkatkan konsentrasi.
  • Meningkatkan kepercayaan dan citra diri yang positif.
  • Menjadi orang yang kompetitif secara sehat.
  • Mengalihkan perhatian dan membatasi kecenderungan mereka terhadap perangkat elektronik.

Manfaat Yoga bagi guru atau sekolah

  • Memberi kegiatan alternatif untuk guru agar anak-anak dikelas lebih aktif.
  • Memberi kegiatan fisik yang menyehatkan.
  • Menjadi bagian dalam suatu komunitas yang mana mereka dapat berbaur.

 

manfaat yoga untuk anak 1

Sumber : http://casadekarma.com.au/

Manfaat kegiatan yoga bagi anak di rumah atau sekolah:

1. Melatih  nafas

Latihan pernapasan bagi anak-anak berguna untuk mendorong mereka lebih relaks. Permainan dan gerakan yang bervariasi serta teknik yang diterapkan kepada mereka akan membantu anak-anak terhubung dengan perasaan tubuh mereka sebagai akibat dari pernapasan dalam. Hasil akhir yang didapat adalah anak menjadi lebih konsentrasi dan fokus meningkat. Ketika mereka belajar melatih dan mengenal napas mereka, hal tersebut secara bertahap dapat meningkatkan kapasitas paru-paru mereka. Stres secara alami berkurang dan hormon yang sehat dilepaskan.

2. Kekuatan dan energi yang positif

Yoga untuk anak-anak sangat baik untuk membangun kekuatan. Mengolah otot-otot berbeda pada setiap pose dengan menggabungkan permainan dan urutan, akan membantu mereka membangun kekuatan, kesadaran tubuh dan koordinasi. Tubuh yang kuat mencerna makanan lebih baik, menjaga berat badan yang sehat dan dapat mendukung stres ketika mereka membawa beban berat, seperti ransel. Ketika tubuh bernapas lebih baik, aktivitas sehari-hari menjadi lebih efisien dan terlindungi dari sendi yang rapuh.

3. Balancing

Melatih keseimbangkan dengan mengajar anak-anak gerakan pose yoga yang dititik beratkan pada peningkatan fokus. Orang dewasa telah terlatih untuk dapat meningkatkan konsentrasi dan perhatian secara alami. Tetapi bagi anak-anak mengajarkan mereka untuk berkonsentrasi adalah hal yang sulit dan kita harus berjuang dengan mereka. Hal tersebut merupakan suatu tantangan, tetapi efek dari gerakan balancing dapat membantu anak-anak mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.

4. Melatih Peregangan

Adalah bagus bagi anak-anak untuk menjadi lebih kuat, tetapi tubuh yang hanya berdasarkan kekuatan tidak diantisipasi untuk menghadapi tekanan. Otot yang kuat tanpa disertai fleksibilitas tidak bisa bergerak cepat, menarik tulang dan sendi secara benar. Pose yoga dapat meregangkan otot melalui integrasi pernapasan yang benar serta gerakan yang berkesinambungan, otot-otot menjadi hangat dan menjadi lebih fleksibel.

5. Kesadaran dan fokus

Yoga membantu menciptakan kesadaran dalam tubuh melalui pernapasan dan gerakan. Ini memberikan anak-anak cara untuk mengekspresikan diri, membangun hubungan yang kuat antara apa yang mereka dengar dan apa yang mereka lakukan. Anak-anak yang memiliki kesadaran tubuh yang sehat diajar untuk lebih percaya diri dan kuat, memiliki postur tubuh yang lebih baik, bernapas dengan benar dan memiliki perasaan yang tenang.

6. Mengalir, terhubung dan terintegrasi

Ketika kita berlatih pose atau gerakan yoga bersama-sama, kita memberikan anak-anak apa artinya bergerak dengan mudah, santai dan lambat. Hal ini juga membantu mereka membangun kesadaran bahwa semua gerakan adalah serangkaian upaya terkoordinasi antara otot, tulang, sendi dan saraf. Anak-anak yang lebih tua lebih mampu mengisolasi kelompok otot yang berbeda dan mendapatkan pengertian yang benar mengenai suatu gerakan. Sementara pada saat yang bersamaan mereka belajar untuk bersantai dan percaya akan kemampuan tubuh mereka sendiri. Sehingga semua hal ini dapat meningkatkan  perasaan anak lebih terhubung.

7. Meditasi dan relaksasi

Yoga adalah meditasi yang secara alami dapat kita pelajari. Ketika seorang anak melakukan pose balancing, duduk bermeditasi atau bergerak melalui serangkaian pose, hal tersebut membangun kesadaran mereka untuk konsisten menjadi tenang. Memberikan anak-anak sesuatu yang mana dapat mereka rasakan saat mereka beristirahat di tikar, ini akan membantu mereka lebih perhatian akan tubuh mereka, seperti menyarankan mereka berpikir dari warna favorit atau mainan mereka.

 

manfaat yoga untuk anak 2

Sumber : http://www.fitnessgymyoga.com/

Demikianlah 7 manfaat yoga untuk anak. Semoga dengan sharing dari pengalaman teman-teman saya juga dapat diterapkan kepada anak-anak yang lain.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

8 thoughts on “Manfaat Yoga untuk Anak”

  1. Betul, saya setuju dengan apa yang di sampaikan admin. Banyak manfaat dari yoga ini untuk kesehatan, mendidik anak untuk membiasakan yoga adalah langkah yang tepat untuk mendapat keseimbangan mental, fisik, dan faktor lain yang ada dalam tubuh.

Leave a Reply