Gerakan Yoga di Kantor

gerakan yoga di kantor 1

gerakan yoga di kantor 1

Sumber : http://www.mindbodygreen.com/yoga

Saya lupa darimana saya mendapatkan infographic ini. Ohhh kalau tidak salah saya menemukan artikel dan infographic ini di mindbodygreen. Dan ketika saya baca artikel ini  koq lucu yach. Saya pernah membuat tulisan mengenai gerakan yoga di kantor tapi saat itu saya baru belajar menulis jadi masih berupa kalimat pendahuluan tanpa ada detail step atau tahapan gerakannya yang harus dilakukan. Dengan ilustrasi yang lucu dan menarik seperti dibawah ini saya harap teman-teman jadi semangat melakukan streching ringan dengan ataupun tanpa harus beranjak dari meja kerja kita. 

Sering kali dengan kesibukan dan aktivitas di kantor kita melupakan kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Karena kesibukan tersebut kita tanpa sadar duduk dan berada dalam suatu kondisi yang sama berjam-jam. Yang ada badan kita menjadi kaku dan pegal, apalagi dibagian bahu, leher, tulang duduk dan punggung.

Dengan dalih tidak ada waktu dan tidak sempat ke pusat kebugaran, kondisi tersebut dibiarkan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan yang ada makin memperparah keadaan. Saya tidak bermaksud menakut-nakuti tapi yang saya lihat disekitar saya banyak yang seperti itu. Padahal kalau kita bisa kreatif dan jeli melihat peluang, disela-sela melakukan pekerjaan kantor pun kita sebenarnya bisa koq melakukan streching ringan sehingga dapat mengurangi pegal-pegal diarea tersebut.

Sehingga tanpa keluar dari ruangan ataupun berjalan-jalan diarea ruangan kita, kondisi tubuh kita tetap fit sehingga jika dilakukan dengan rutin akan membuat tubuh kita menjadi lebih cerah dan bugar.

 

Gerakan Yoga yang dapat dilakukan di kantor antara lain:

Gerakan Kardio

Gerakan Kardio adalah gerakan yang menstimulasi gerakan jantung. Biasanya gerakan ini saya lakukan dimana kalau saya datang ke kantor mepet apalagi hujan seperti ini pastinya jalanan macet dimana-mana. Yang ada saya kekantor sambil lelari-larian takut nantinya ketika menerima laporan kehadiran di daftar absen merah semua, hehehe.. yang ini jangan ditiru yach!

Karena kita biasa duduk berjam-jam sehingga jantung kita dalam kondisi tenang, tidak terpacu dan menyebabkan badan kita pun jadi adem dan malas-malasan. Yang ada asupan oksigen kedarah menjadi lambat dan sering kali akibat yang timbul adalah kita menguap dan ngantuk. Ada baiknya memang kita melakukan gerakan-gerakan kecil seperti melangkah, asal jangan sering-sering ke dapur dan ngambil cemilan aja sich hehehe..

Kalau di infographic ini disarankan kita naik turun tangga, berdiri sambil angkat kaki yang tinggi atau menggerak-gerakan tubuh mengikuti alunan musik yang kita sukai. Kondisi ini dapat kita sesuaikan dengan keadaan kantor kita masing-masing. Apakah kantor teman-teman berada dilantai 5, yang biasanya naik lift atau escalator mungkin bisa dicoba sesekali menggunakan tangga sehingga jantung kita terbiasa dengan kondisi tersebut.

Kalau dikantor saya, ruangan saya ada dilantai 2. Jadi mau nga mau saya harus naik tangga karena disini tidak disediakan lift. Dan kalau ada surat-surat maupun gambar yang harus diapprove saya harus menemui pihak lapangan yang ada dilantai bawah, sehingga dalam sehari saya bisa bolak balik ke lantai bawah 5 kali dalam sehari. Lumayan lah.. Dan jarak dari meja saya ke ruangan printer agak jauh, jadi kalau hendak mencetak sesuatu mesti jalan.

 

gerakan yoga di kantor 2

Kaki dan Pantat

Ternyata dengan menggunakan kursi pun dapat kita jadikan media untuk kita melakukan streching. Dengan berdiri dibelakang kursi sebagai pegangan, kita dapat melakukan gerakan jinjit kemudian naik turun ataupun kaki digerak-gerakkan kebelakang seperti yang ada digambar infographic dibawah.

Kadang kalau kaki ataupun betis saya pegal saya bisa melipat kaki saya kebagian belakang dan duduk bersila kayak orang Jepang kalau lagi duduk. Gerakan ini lumayan membantu saya mengurangi pegal-pegal dikaki sambil punggung ditegakkan. Enak bangat dech, untungnya teman-teman sekantor saya sudah cukup memahami saya jadi kalau saya mulai heboh nga jelas berarti badan saya benar-benar lagi nga enak.

 

gerakan yoga di kantor 3

Bahu dan Lengan

Bagian ini sering sekali menjadi area yang kerap kali kaku. Ternyata dengan gerakan sederhana hanya dengan membuka dan mengepalkan tangan aliran darah di pergelangan tangan menjadi lancar dan memberi efek stimulasi disekitar lengan dan bahu kita. Karena bagian ini kerap kaku, sering sekali saya lebih fokus melakukan gerakan dibagian ini dibanding gerakan lainnya.

 

gerakan yoga di kantor 4

Dada, Tulang Belakang dan Leher

Kalau digambar infographic dibawah sudah jelas lah yach gerakan-gerakannya seperti apa. Yang pasti tulang belakang yang tadinya bongkok setidaknya dilatih untuk lurus dan tegak. Sesekali melakukan twist dengan memutar badan kebelakang, begitu juga leher dan dada.

 

gerakan yoga di kantor 5

Organ-organ inti

Gerakan dibagian ini sebenarnya saya agak sulit menjabarkannya. karena ini mencakup organ-organ inti yang tidak kelihatan seperti lambung, usus, hati. Dan gerakan yang ada di gambar dapat menstimulus atau memijat-mijat organ inti tersebut yang mana setau saya gerakan ini jarang diajarkan di olahraga lain. Dimana gerakan ini adalah gerakan yoga di kantor yang paling gampang dan dapat dilakukan di kursi kita.

Jika saya punya permasalahan dengan lambung kadang saya melakukan gerakan tersebut. Hanya kalau dibilang secara kasat mata gerakan ini tidak dapat dilihat secara langsung, tapi efeknya dapat dirasakan dimana setelah melakukan gerakan tersebut lambung saya menjadi lebih baik.

 

gerakan yoga di kantor 6

 

Kalau melihat infographic diatas, nga ada alasan lagi dong yach dengan mengatakan gerakan yoga di kantor itu mustahil dan susah. Sederhana sekali koq hanya mungkin selama ini yang dibenak kita gerakan yoga itu tidak jauh dari matras dan gerakan jungkir balik seperti yang biasa dipamerkan di halaman-halaman depan cover majalah, hehehe. Walaupun kadang kala saya pun melakukan hal yang sama sich.

Jadi silahkan mencoba yach teman-teman dan rasakan betapa ringannya badan kita jika melakukan gerakan yoga di kantor seperti tahapan yang diatas saya utarakan.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

10 thoughts on “Gerakan Yoga di Kantor”

  1. kebanyakan duduk emang gak enak sihh, makanya aku sering ngilang dari ruangan buat jalan-jalan bentar sekalian cari udara luar, kebanyakan kena ac juga gak bagus kan….apalagi kebanyakan liat muka bos hahahaha *dikepret*

  2. Noted mbak! Hihihi thank you share nya yaa..secara saya duduknya lama bngett ngett…emang sih bikin capek kalo duduk kelamaan 🙁

  3. Wah cocok banget mbak untuk pekerja kantoran, secara duduk lama kadang membuat badan kaku… tapi kalau ada gerakan yoga bisa melemaskan badan supaya tetap segar dan tidak kaku.

    1. ini gerakan yoga yang paling sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari dikantor. kalau mau yang lebih menantang bisa dibaca di halaman berikutnya di blog ini. Selamat mencoba yach!

Leave a Reply