Menyemarakkan hari yang terasa biasa

menyemarakkan hari yang terasa biasa 2

Serius.. judul kali ini rasanya aneh bangat. Menyemarakkan hari yang terasa biasa, apa-apaan ini. Sebenarnya saya terinspirasi dengan kalimat motivasi yang baru saya terima di email. Isinya kira-kira kalau dibahasa sehari-harinya bisa diterjemahkan secara bebas dengan perkataan how to improve your day gitu kali yach? Sebenarnya apa sich masalah mu Del, sampai harus buat judul aneh begini? Hehehe..

2 Minggu ini saya merasakan perasaan yang amat menjemukkan. Hal ini selalu muncul biasa terjadi di bulan Januari sampai Maret dimana saya tidak bisa bepergian kemana-mana. Sebenarnya ada rencana trip di bulan Maret tapi karena pekerjaan kantor akhirnya rencana tersebut pun batal. Rencana seperti ini terus berulang dari tahun ke tahun. Hikss.. hikss.. dari yang semangat-semangat buat rencana trip pas mepet harinya batal, pengen nangis rasanya.  Yang ada saya jadi males-malesan mau ngapa-ngapain termasuk menulis di blog.

Jadi untuk menghilangkan rasa kekesalan dan berusaha menyemarakkan hari yang terasa biasa, beberapa hal dibawah ini yang biasanya berhasil membuat saya bahagia, antara lain:

1. Yoga dan Jalan Pagi

Bangun pagi, saat perasaan hati saya tidak dalam kondisi baik, yang pertama saya lakukan adalah meraih matras atau sepatu kets. Kalau pagi ini kelihatan cuaca mendung saya mengambil matras dan melakukan yoga. Tetapi kalau pagi hari langitnya cerah saya langsung meraih sepatu kets dan berjalan mengitari komplek perumahan tempat saya tinggal dan melakukan jalan pagi. Sekitar 30 menit badan saya mulai panas dan berkeringat perlahan-lahan perasaan saya berangsur baik.

Dan kalau sudah begini biasanya saya sudah berasa siap menjalani hari sesibuk dan sebete apapun yang terjadi. Karena badan saya bersemangat dan dipastikan malam harinya saya akan tidur dengan nyenyak.

 

menyemarakkan hari yang terasa biasa 1

2. Baca Buku

Pulang kantor dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan, hanya membayangkan moment dimana saya bisa duduk dengan santai sambil meluruskan badan dan membaca buku adalah kesempatan yang amat sangat luar biasa untuk saya. Membaca buku dan merasakan apa yang ada didalam buku membuat pikiran saya tenang dan rileks.

 

menyemarakkan hari yang terasa biasa 3

Model : Lia

3. Minum secangkir cokelat hangat

Cokelat hangat adalah salah satu obat mujarab saya saat ini untuk menaikkan mood. Rasanya nikmat jika disuguhkan dalam kondisi panas, membuat suasana hati kembali menjadi baik. Banyak penelitian yang mengungkapkan kalau minum secangkir cokelat hangat atau memakan cokelat batangan akan membuat suasana hati lebih cerah. Rasanya penelitian ini sangat cocok buat saya dan meminum cokelat hangat masih lebih aman dilambung saya ketimbang kopi ataupun teh.

4. Berpelukan

Berhubung tidak ada orang yang bisa saya peluk, saya paling senang memeluk anjing peliharaan saya. Dan anjing atau binatang peliharaan adalah teman setia dikala kondisi hati tidak menentu.

 

menyemarakkan hari yang terasa biasa 2

 

5. Berendam atau Mandi air dingin

Jika kepala rasanya panas dan pengen meledak, hal yang paling menyenangkan adalah berlama-lama berendam di air dingin atau kalau nga berada dibawah guyuran air dingin dari shower  sangat menyenangkan buat saya. Hitung-hitung membayangkan berenang dilautan lepas hehehe.. padahal jauh bangat yach bedanya.

6. Meditasi atau Merenung

Ada saat dimana  hari yang terasa biasa dirusak dengan segudang pekerjaan yang tiada henti dan mood pun tidak menentu, kalau nangis masih nga mempan solusi yang paling baik yang saya lakukan adalah duduk diam bersila sambil merenung dan meditasi. Melepaskan kepenatan dan gundah gulana dengan memberi afirmasi dan kata-kata positive kepada diri sendiri.

7. Memasak

Sebenarnya saya tidak terlalu bisa masak tapi kadang kalau lagi pengen menyemarakkan hari yang terasa biasa, ada kalanya saya mengumpulkan resep yang gampang untuk dibuat dan membeli bahan di supermarket dekat rumah, lalu sesampainya di dapur saya mulai meracik makanan yang hendak saya masak. Kalau sudah jadi gitu rasanya senang bangat walaupun diakhir nyicip-nyicip pasti ada yang kurang gitu hehehe..

7 Hal diatas yang menurut saya sangat cocok untuk menyemarakkan hari yang terasa biasa. Mungkin ada yang punya pengalaman yang sama dengan saya?

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

12 thoughts on “Menyemarakkan hari yang terasa biasa”

  1. Aku kalo lagi ga mood larinya ke memasak seringnya.Meskipun biasanya yang menghabiskan makanan suami, soalnya aku ini tipe yang doyan masak tapi ga doyan makan masakan sendiri haha. Trus biasanya aku suka duduk2 ditaman atau danau atau jalan2 ke hutan. Ngelihatin burung2 terbang atau mendengarkan kicau burung jadi betah berlama2 diluar rumah kalo lagi ga hujan. Dan yang sering kulakukan akhir2 ini, suka karaokean haha. Meskipun suara pas-pasan tapi kalo mendengarkan musik sambil karaokean jadi senang dihati 🙂

    1. Bahagia bangat yach suami mu Den, disuguhin masakan yang enak-enak buatan istri tercinta. Sebenarnya bagian memasak ini aku berusaha ngurangin sich karena masakanku balik2 aku sendiri yang makan dan menggendut lah badanku hehehe..

      Karaoke dan nyanyi gitu emang termasuk terapi sich, setidaknya bisa nyanyi sambil teriak2 lumayan mengurangi kejenuhan. Langsung ngebayangin taman dan danau di Belanda pasti cakep yach?

  2. Kalau aku, misalnya suasana hati gak karuan, yang pasti gak milih untuk tinggal di rumah. Harus keluar, lihat dunia. Walaupun cuma keliling-keliling kota aja. Karena kalau mood lagi jelek ditambah bosan di rumah, bisa makin kacau. Btw itu yang nomor 4, kode banget hehehe

    1. ini ketemuan sabtu kemaren inayah, sayangnya kamu nga bisa ikut yach hehehe.. ngosek kamar mandi lumayan tuch selain kamar mandi nya bersih keringat ngucur dengan derasnya. itung-itung buang kalori yach? 🙂

Leave a Reply