Taman Baca Pesisir

taman baca pesisir 1

Pengenalan saya akan buku dimulai ketika saya membaca buku petualangan Tini yang mana pernah saya ceritakan di halaman sebelumnya. Dimana saya pun mulai mengajar adik-adik saya untuk membaca dan mencintai buku. Saya mulai mencekokin adik saya membaca pertama kali dengan memperkenalkan atau membelikan mereka buku komik.

Yang mana dengan komik sebagai pancingan awal buat mereka agar menyenangi kegiatan membaca akhirnya membaca menjadi bagian dari keseharian mereka.  Dari kecintaaan mereka akan membaca akhirnya saya mulai menyadari kalau buku mempunyai peran penting dalam menambah wawasan, memperluas pemikiran, meningkatkan empati dan banyak hal lainnya. Yang mana dihalaman sebelumnya saya membuat list tentang pentingnya membaca buku dan kenapa saya harus membaca?

Melalui sahabat saya Nik, saya akhirnya bertemu dengan seorang wanita hebat yang mempunyai visi dan semangat untuk melayani anak-anak pesisir mendapatkan peluang untuk membaca. Wanita hebat ini bernama Arnis dimana beliaulah yang punya ide dan mengajak kami ikut serta membuat Taman Baca Pesisir.

Berawal dari kecintaan Arnis berkunjung ke pelosok negeri untuk berlibur ataupun ditugaskan oleh kantor untuk survey dan kunjungan kerja. Disana dia melihat bahwa kondisi anak-anak pesisir yang serba kekurangan dan kesulitan didalam proses belajar.

Apakah itu kondisi sekolah yang rusak, lantai ruang kelas yang hanya beralaskan tanah, atap yang bocor, plank sekolah yang hanpir rubuh yang mana itu akan sangat membahayakan jika tiba-tiba jatuh dan menimpa anak-anak. Belum lagi kondisi meja dan kursi, kadang 1 meja bisa ditempati 3 – 4 orang dan karena kurangnya atau tidak ada kursi mereka menulis sambil berdiri.

Belum lagi seragam dan peralatan sekolah anak-anak yang minim membuat hati Arnis tersentuh untuk melakukan sesuatu. Dari beberapa kali kunjungan yang dia lakukan akhirnya dia berinisiatif untuk mengumpulkan donasi ke teman-teman disekitarnya baik itu berupa peralatan sekolah, seragam atau baju yang layak dan uang. Dari uang yang terkumpul dia belikan beberapa keperluan sekolah yang anak-anak kira-kira kurang dan setelahnya dikirim atau diantar langsung ke tempat yang dia telah survey sebelumnya.

Setelah melihat dan melakukan kunjungan ternyata banyak sekali daerah pesisir yang punya permasalahan yang sama. Dan semakin lama jumlahnya semakin banyak, setelah kita berdiskusi dengan beberapa orang akhirnya tercetuslah ide untuk mengajak teman-teman yang punya keinginan yang sama bekerja dan membantu Arnis mewujudkan Taman Baca Pesisir.

 

taman baca pesisir 1

 

Dan tanggal 14 Februari 2016 yaitu hari ini resmi blog Taman Baca Pesisir launching. Dimana didalam blog ini akan berisi semua kegiatan yang akan atau telah dilakukan oleh Taman Baca Pesisir. Dimana didalam blog tersebut juga ada sharing dan tanggapan beberapa teman tentang pentingnya membaca dan bagaimana spirit kecintaan membaca dapat kita tanamkan kepada anak-anak pesisir yang ada di pelosok negeri ini.

Kenapa meresmikan tanggal 14 Februari 2016  sebagai tanggal launching blog Taman Baca Pesisir? Karena tanggal tersebut bertepatan dengan hari Valentine atau hari Kasih Sayang. Dimana kita mau membuktikan kecintaan kita kepada negeri dengan menghadirkan Taman Baca Pesisir. Tanda cinta tidak hanya ditunjukan kepada pasangan, saudara, anak ataupun keluarga tetapi bisa kepada sesama ataupun kepada anak-anak yang kekurangan. Teman-teman dapat menyalurkan donasi baik itu berupa buku tulis, peralatan sekolah, ke Taman Baca Pesisir.

 

taman baca pesisir 2

Tetapi sebagai langkah awal dari resminya dibuka Taman Baca Pesisir dengan ini kami akan menyelenggarakan giveaway yang mana teman-teman diminta membuat tulisan “kenapa saya membaca?”

Adapun syarat & ketentuan giveAway-nya antara lain adalah:

1. Follow IG & Blog Taman Baca Pesisir.

2. Tema Give Away  “Kenapa Saya Membaca?”

3. Tulisan harus karya teman-teman sendiri dan minimal tulisan terdiri dari 500 kata.

4. Tulisan paling lambat diterima tanggal 29 Februari 2016 pukul 23:59 WIB ke Taman Baca Pesisir dengan menyertakan url tulisan teman-teman di kolom comment blog Taman Baca Pesisir Giveaway Kenapa Saya Membaca (http://www.tamanbacapesisir.com/give-away-kenapa-saya-membaca/).

5. Pengumuman Pemenang akan dicantumkan di Blog Taman Baca pada tanggal 06 Maret 2016.

6. HADIAH dari pemenang giveaway yaitu untuk 1 orang pemenang mendapatkan uang tunai Rp.500.000,- sedangkan 2 orang pemenang kedua mendapatkan masing-masing voucher gramedia sebesar @ Rp 100.000,-

Jadi teman-teman yang berminat silahkan menulis dan mengikuti persyaratan yang ada diatas yach!

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

57 thoughts on “Taman Baca Pesisir”

    1. kalau boleh sich buku cerita rakyat, ensiklopedia untuk anak, dongeng, fabel dan buku petualangan sich kak. infoin kapan dan bagaimana ngambilnya yach kak? no telephone (WA) ku 081908300868 yach kak.

  1. Wahh pengen ikut donasi tapi ga punya cerita rakyat ataupun ensiklopedia. Sekarang kok ya carinya susah sekali ya. Kayaknya perlu digalakkan lagi buku-buku cerita rakyat ataupun ensiklopedia itu sehingga anak-anak nggak melulu pantengin gadget tapi bisa tambah cerdas dengan cerita-cerita yang mendidik.
    Eheheh aku mau ikutan GA nya ya mba 🙂

  2. Wah, aku pengen ikutan. Temanya pas banget dan ide Taman Baca Pesisir ini keren. Weekend mau beres-beres rumah, semoga ada yang bisa didonasikan.

  3. saya support doa aja … semoga Taman Baca Pesisir terus berkembang dan membawa kemajuan bagi masyarakat sekitar … saya mesti baca situsnya dulu kalau mau donasi apa saja yang diterima dan bagaimana ya

  4. Wahhh…selamat ya Adel…
    sukses selalu utk Taman Baca Pesisir… semoga TBP bisa menjadi berkah utk masyarakat sekitar..

  5. Aku pun suka banget bacaaaa… Tapi smeenjak punya anak agak berkurang frekuensinya 😛
    Btw gimana cara langganan blogmu ya supaya masuk feed di wordpressku? Nggak ada tombol follow 😀

    1. Benar mbak eka, kesibukan mengurus anak membuat frekuensi membaca jadi terganggu yach? tapi pasti ada saatnya kita kangen untuk membaca lagi. iya mbak eka, disini nga ada tombol follow, mesti belajar lagi nich ngatur settingannya.

  6. Gagasannya bagus sekali Mba Ade. Memang banyak sekali anak-anak yang perlu diperhatikan, terutama pemenuhan akan buku-buku. Kasusnya mirip di tempat di mana saya baksos dulu, anak-anaknya kurang sekali dg buku. Semoga sukses mba acara donasi bukunya. Kalau nanti masih ada waktu, saya ikut give awaynya. Maklum saat ini sedang sangat sibuk..

    Sukses mba Ade..

    1. Terima kasih Tina. Benar bangat masih banyak anak-anak diluar sana yang butuh bantuan kita, baik itu buku, alat sekolah maupun pakaian yang menunjang pendidikan mereka. Sukses juga yach buat kamunya.

  7. Salam kenal,
    Wah seneng sekali,aku ada blog semacam Taman Baca pesisir ini, inspiratif dengan ide berbaginya.
    Sukses selalu, semoga aku bisa support satu saat nanti ya.
    Yakin saja, untuk sebuah energi positif, semesta pasti mendukung.
    Kegiatan yang membahagiakan, dulu sering kulakukan saat aku masih di Jawa Tengah.

  8. Baru tauuuuuk info ini hiks. Tapi mau coba ikutan deh moga sempet nulisnya hehehe.

    Minggu lalu aku ngasihin buku2 ke komunitas lain yang tujuan nya hampir sama kaya ini. Seneng bisa ikut bantu. Ya walaupun belum bisa ngasihin ke taman pesisir ini hehehe, tapi tetep bakal aku share info nya mba 😀

Leave a Reply