Jelajah Seru Rumah Ramah Lingkungan

jelajah seru rumah ramah lingkungan

Kalau teman-teman ngikutin cerita yang ada dihalaman saya sebelumnya. Beberapa kali saya menulis tentang semua hal yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Mulai itu dari yang namanya rumah ramah lingkungan, bagaimana memisahkan sampah organik dan non organik, mengelolah sampah rumah tangga, pemanfaatan energi berupa kincir angin dan solar pannel sampai pada hobi menanam yang mana semua berkaitan dengan semangat penghijauan atau go green.

Setelah kita bertemu langsung dengan pengurus dan pendiri Komunitas Sahabat Bumi dan berbagi banyak hal mengenai apa saja sich yang harus kita lakukan sebagai salah satu makhluk tercerdas yang menempati bumi ini. Dengan penjelasan tersebut saya pribadi langsung tergerak dengan melakukan apa yang bisa saya lakukakan. Yang ada saya menjadi lebih aware dan diharapkan  secara kontinu timbul kesadaran untuk melakukan banyak hal bagi lingkungan yang ada disekitar saya.

Setelah itu kita jadi kepikiran bagaimana kalau ilmu yang kemaren kita terima tidak hanya kita yang saat itu datang saja yang mendapatkan nya. Tapi semua orang bisa merasakan semangat yang sama dan membagikannya ke orang lain. Setelah lama berdiskusi akhirnya tercetuslah ide untuk membuat acara jelajah seru rumah ramah lingkungan yang mana kesempatan kali ini khusus diperuntukkan kepada anak-anak beserta orang tuanya masing-masing.

Kesadaran Lingkungan dimulai dari masa kanak-kanak.

Kenapa anak-anak? Karena anak-anak lebih cepat menangkap pesan tersebut dan paling mudah menyerap sesuatu jika diberi edukasi tentang pentingnya mencintai lingkungan yang ada disekitar mereka. Seperti contohnya budaya membuang sampah, anak-anak akan lebih bisa menerima jika diberi penjelasan kenapa kita tidak boleh buang sampah sembarangan. Budaya dan pemahaman tersebut harus kita beri sedini mungkin yaitu pada masa kanak-kanak.

Mungkin disekolah anak-anak tersebut sudah ditanamkan kesadaran akan perlunya pelestarian lingkungan, tapi rasanya kurang begitu efektif. Alangkah lebih baiknya jika pemahaman itu tidak hanya sekedar slogan atau ceramah, tetapi dengan membuat suatu atraksi dan permainan yang mana diharapkan pesan tersebut dapat direkam oleh memori mereka.

Atau dengan mempertontonkan seperti apa kondisi bumi yang rusak akibat ulah tangan manusia. Betapa binatang-binatang dibelahan bumi yang jauh dari pengamatan mata kita, mati kehabisan nafas karena lingkungan mereka tercemar sampah. Dan banyak hal-hal lain yang kalau hanya diceritakan melalui ceramah atau narasi akan lewat begitu saja dibenak anak-anak ini.

Oleh karena itu akan amat disayangkan kalau dari generasi yang akan datang tidak memahami hal tersebut karena nantinya merekalah juga yang akan menjadi korban efek dari kerusakan lingkungan. Sehingga kita perlu untuk selalu mengkampanyekan semangat penghijauan dan pelestarian lingkungan pada generasi muda dan anak-anak.

Acara Jelajah Seru Rumah Ramah Lingkungan.

 

Kenapa diberi nama Jelajah Seru Rumah Ramah Lingkungan? Karena edukasi mengenai pemahaman akan cinta lingkungan diberikan tidak hanya dalam bentuk ceramah atau seminar melainkan anak-anak tersebut diajak melakukan aktifitas berupa permainan seru yang nantinya disiapkan oleh panitia.

Aktifitas tersebut berupa games, sesi sharing, nonton film pendek tentang kondisi bumi dan pencemaran lingkungan, bagaimana berkreasi dengan barang-barang bekas dan ditutup dengan menjelajahi contoh rumah ramah lingkungan yang dimiliki oleh pasangan mas Andoko Aribowo dan mbak Sherly Novita yang berada dikawasan Cibubur.

Acara Jelajah Seru Rumah Ramah Lingkungan diselenggarakan oleh Swara Sadira bersama Komunitas Sahabat Bumi yang akan diadakan pada tanggal 3 April 2016 dari jam 09:00 – 15:00. Jadi agendanya benar-benar full seharian dimana harga tersebut  diperuntuk 1 orang anak + 1 orang tua. Harga sudah termasuk makan siang, snack, alat peraga untuk permainan dan nonton film pendek.

 

Periode pembayaran

25 Februari – 10 Maret Rp 650.000 (Early Bird)

11 Maret – 18 Maret 206  Rp. 750.000

19 Maret – 25 Maret Rp 850.000.

 

Adapun round down acara antara lain:

 

ice breaking

09 : 00 – 11 :00 welcome Eco (berisi materi ringan dan nonton film pendek)

11 :00 – 11 :30 Games

11 : 30 – 13 :00 Makan Siang

13 : 00 – 14 :00 Kreasi daur ulang

14 :00 – 14 :30 Snack

14 :30 – 15 :00 Acara Penutup

 

Untuk informasi lebih detail mengenai Acara Jelajah Seru Rumah Ramah Lingkungan dapat menghubungi Nik di nomor 081317616161. Karena acara ini sangat bermanfaat dan pastinya seru jadi jangan sampai ketinggalan.

 

jelajah seru rumah ramah lingkungan

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

14 thoughts on “Jelajah Seru Rumah Ramah Lingkungan”

  1. Ide acaranya bagus, memang penting banget menumbuhkan kesadaran dini pada anak untuk peduli lingkungan. Di sini orang tua pun juga ikut belajar. Jadi dua orang ini bisa saling support untuk menjaga lingkungan..

    Semoga sukses acaranya mba..

Leave a Reply