Pose Yoga untuk menyegarkan suasana hati

pose yoga untuk menyegarkan suasana hati 1

Menemukan pose yoga untuk menyegarkan suasana hati memang lah tidak semudah yang kita harapkan. Dari pengalaman saya setiap harinya melakukan yoga yang diselingi dengan berbagai aktivitas yang sepanjang hari saya lakukan di kantor ternyata sangat efektif untuk menyegarkan kembali hari-hari saya. Dengan melakukan latihan yoga yang rutin ternyata dapat menghasilkan suasana hati saya menjadi lebih segar, apapun kondisi yang sedang saya alami.

Saya mencoba membuatnya menjadi lebih mudah dan mencoba membuat daftar di bawah ini, sehingga dapat menunjukkan apa yang saya rasakan. Menemukan urutan yoga yang sesuai dengan kebiasaan dan ritme tubuh saya. Dan untuk semua hal tersebut yang pertama kali saya lakukan adalah mengambil matras, melakukan dan diakhir gerakan saya takjub kalau saya berhasil menyelesaikan.

Pose Yoga untuk menyegarkan suasana hati antara lain:

1. Bangun tidur dengan perasaan lelah.

Sering sekali saya merasakan hal ini. Tiap bangun pagi rasanya malas-malasan, belum lagi kalau cuacanya mendung dan hujan setiap hari seperti saat ini. Membuat keinginan saya untuk kembali ke tempat tidur menjadi pilihan yang sangat menyenangkan dibandingkan mengambil matras dan melakukan yoga.

Tapi percayalah, jika saya mengambil pilihan untuk tidur lagi dibandingkan mengambil matras hasilnya benar-benar sangat berbeda. Yang ada saya malah lebih lemas dibandingkan jika saya melakukan Yoga.
Saya lebih fokus melakukan pekerjaan dari pagi hingga sisa hari saya. Rasanya saya merasa siap untuk mengatasi tantangan hari ini dan lebih bersemangat bekerja. Oleh karena itu, bangunlah dan lakukan rutinitas ini sekarang!

2. Ingin bersantai tetapi merasa perlu untuk melakukan sesuatu yang aktif.

 

Kadang dibenak kita melakukan pose yoga itu harus seperti gerakan yoga di studio atau pusat kebugaran. Dengan repetisi yang panjang dan jantung berdegup kencang baru itu dikatakan olahraga. Sebenarnya itu tidak salah juga sich, hanya kadang sesekali dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, bersantai, dan meregangkan ketegangan di kepala, leher, dan bahu dengan rutin 10 menit ini itu juga bagian dari gerakan yoga.

Gerakan peregangan dengan melakukan streching akan sangat efektif jika dilakukan sebelum bekerja, setelah bekerja, atau saat makan siang – setiap orang memiliki 10 menit untuk cadangan. Saya dapat pastikan kalau kita akan merasa jauh lebih santai dan siap untuk akhir pekan jika kita melakukannya.

3. Terjebak di tempat kerja tetapi ingin melakukan yoga.

Sebenarnya ada beberapa foto yang ingin saya perlihatkan betapa sebenarnya tempat kerja dapat dijadikan arena yoga.  Percaya atau tidak, foto yang ada dibawah adalah foto dimana saya melakukan gerakan yoga di kantor. Dengan masih menggunakan pakaian kantor saya ambil matras dan denga spontan saya melakukan beberapa gerakan yoga.

Teman-teman kantor saya untungnya sudah sangat hafal dengan kegiatan saya. Kalau saya tidak tau harus melakukan apa dan saya tidak ada di meja, mereka sudah tau saya ada dimana. Oleh karena itu saya punya beberapa matras dan saya taruh tempat yang kira-kira saya banyak menghabiskan waktu, termasuk kantor.

pose yoga untuk menyegarkan suasana hati 1

4. Hari yang panjang dan punggung sakit.

 

pose yoga untuk menyegarkan suasana hati 2

 

Sakit punggung adalah penyakit yang sering saya derita dan rasanya amat sangat tidak mengenakkan. Saya bisa mengeluh dan ngomel sepanjang hari kalau punggung saya sakit. Dan saya tidak harus menunggu sesi yoga hari kamis di red top untuk menghilangkan letih dan sakit punggung. Saya cukup berada 4 langkah dari dinding dan siap melakukan kayang. Dan lagi-lagi saya tidak sungkan melakukannya di ruangan saya.

 

5. Ini akhir pekan dan ingin melakukan yoga di tempat tidur.

 

pose yoga untuk menyegarkan suasana hati 3

 

Tidak masalah, coba lah melakukan gerakan-gerakan santai ditempat tidur. Kadang ketika melakukan perjalanan ke luar kota, badan seharian dengan posisi duduk dimobil dan setibanya dikamar saya suka melakukan beberapa gerakan ringan diatas tempat tidur. Sejenak membalikkan posisi peredaran darah dengan menaikkan kaki kedinding.

Sedang bermalas-malasan menikmati hari libur di kamar atau persiapan mau tidur tapi badan letih kadang saya cukup melakukan twist dengan posisi berbaring itu saja rasanya cukup buat saya.

6. Hidup ini gila dan itu membuat saya stres dan cemas.

Langkah pertama adalah  bernapas, ambil tikar yoga dan menggunakan ini restoratif yoga pose untuk menenangkan saraf Anda. Saya menggunakan urutan ini untuk dengan sekejap saya mendapatkan kembali mood saya.

7. Saya merasa kuat dan ingin berkeringat.

Jika saya merasa bersemangat dan punya energi berlebih, biasanya ini terjadi kalau saya sedang amat senang atau baru bertemu dengan teman-teman yang membuat saya terinspirasi, yang ada saya kesulitan untuk tidur biasanya saya menantang diri saya untuk pose yang agak berat dan continous. Gerakan yang saya lakukan pasti nya surya namaskara atau bhastrika dayung. Dijamin setelah itu saya akan berkeringat dengan sangat deras dan setelah itu tidur pun nyenyak.

Menemukan pose yoga untuk menyegarkan suasana hati, kitanya memang harus rajin-rajin bereksperimen. Ada saat dimana kita lelah, yang ada kita harus peka menentukan gerakan mana yang cocok untuk membuat mood kita menjadi lebih semangat lagi. Atau sebaliknya ada saat dimana kita sangat bersemangat kita harus melakuka gerakan-gerakan yang dapat membuat energi kita terkuras dan setelah itu kita dapat rileks kembali.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

16 thoughts on “Pose Yoga untuk menyegarkan suasana hati”

  1. Lin, punya info kelas yoga di Karawang nggak? hasil gugling kok nggak meyakinkan ya hahaha. Aku termasuk yg males kalo berlatih sendiri, walopun kadang maksain, tapi emang prefer ada ‘guru’nya gitu lho 😀

    1. Kerawang yach mbak orin? aku sepertinya nga punya teman atau kenalan yang bisa ngajar di Kerawang mbak, hikss. maaf tidak bisa membantu tapi aku akan coba tanya ke teman-teman pengajar yang lain yach mbak.

  2. sebab yoga bisa dilakukan di mana pun ya kak. btw memulai yoga itu susah gak kak? saya lihat, pose dan gerakan yoga itu gak mendukung buat postur tubuh jumbo macam saya 😐

    1. Gerakan yoga untuk pemula biasanya sangat sederhana seperti streching2 gitu koq. Dan banyak koq yang ukuran jumbo ikut yoga dan tubuhnya elastis. awal saya ikut yoga juga ukuran tubuh saya jumbo. hehehe..

  3. Wow!! Hebat banget sih kamu. Aku sekarang punggungnya suka sakit nih. Katanya bisa dibantu dengan Yoga ya? Dulu pernah nyoba tapi sakit banget. Mungkin emang karena badannya dah kaku banget kayak papan. hahaa

    1. Terima kasih mbak Clara sudah berkunjung balik kesini. benar mbak kalau pertama kali melakukan yoga itu pasti sakit bangat karena badannya mencoba menyesuaikan setelah sekian lama tidak digerakin. Tapi setelahnya enak bangat koq, hehehe..

Leave a Reply