Survey mengenai Yoga

survey mengenai yoga

Survey mengenai yoga yang diambil oleh Yoga Journal dan Yoga Alliance dengan mengambil sample lebih dari 3.700 masyarakat Amerika. Sumber: www.yogajournal.com

Belakangan ini  saya berusaha mengkampanye kan betapa pentingnya olahraga khususnya Yoga kepada lingkungan yang ada disekitar saya.  Bukannya gimana-gimana sich, saya melihat secara langsung bagaimana teman-teman yang ada disekitar saya mengalami begitu banyak masalah mengenai kesehatan. Dan rasanya saya tidak tega kalau saya tidak membagikan apa yang saya tau kepada mereka.

Mungkin secara lisan saya tidak terlalu berani untuk frontal mendorong teman-teman saya melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan. Selalu saya katakan lakukan olahraga apa saja yang kalian suka, sepanjang itu semua nyaman dan tidak harus Yoga koq. Kalau saya sendiri sich olahraga yang nyaman buat saya sampai sekarang itu adalah jalan kaki, berenang dan yoga. Tapi diantara ketiga itu rasanya yang paling rutin saya lakukan adalah Yoga.

Gimana caranya saya menularkan kebiasaan berolahraga kepada lingkungan saya yaitu dengan rutin menulis hal-hal yang bersangkutan dengan olahrga khususnya Yoga di blog saya. Mungkin saya bukan ahli dan tau semua hal tentang Yoga. Tapi dengan menulis tentang Yoga di blog membuat saya secara tidak langsung belajar lagi, rajin membaca dan mencari artikel mengenai Yoga. Salah satu website yang sering saya kunjungi yaitu Yoga Journal, Mind Body Green dan beberapa website lainnya.

Hari ini ketika saya baca artikel tentang survey mengenai Yoga yang ada di America. Cukup takjub dan senang bangat kalau ternyata masyarakat Amerika sangat concern dengan olahraga dan Yoga menjadi pilihan olahraga favorite disana. “Sejak 2012, jumlah orang yang berlatih yoga naik 50 persen, dari 20,4 juta hingga 36.700.000. Dan jika prediksi mereka benar, jumlah tersebut akan terus meningkat menjadi 80 juta orang Amerika tahun ini”.

Bagaimana dengan di Indonesia? Saya rasa sich tidak begitu beda jauh dengan yang ada diluar sana. Hanya saja angkanya tidak sefantastik di Amerika tapi rasanya antusias masyarakat akan kesehatan dan Yoga saat ini sudah sangat tinggi. Kalau saya mengitari jalan dari arah rumah saya menuju gereja yang ada diseputaran Kasablanka dihari minggu, saya pasti melewati area taman menteng dan taman surapoti dimana  tidak sedikit saya jumpai ibu-ibu menenteng matras Yoga berseliweran diarea tersebut. Karena saya tau banyak taman yang ada di Jakarta melakukan event-event bertemakan Yoga diadakan pada saat weekend.

Berbeda dengan 7 – 8 tahun ketika saya memulai Yoga untuk pertama kalinya. Yang mana ketika ada teman saya yang tau kalau saya ikutan Yoga dan bertanya mengenai detail Yoga kepada saya koq rasanya saya seperti terintimidasi. Teman-teman menilai kalau saya mengikuti Yoga seperti diindentikkan dengan menghadiri sekte atau pemujaan agama tertentu. Dibilang kalau Yoga itu haram dan tidak sesuai ajaran agama. Apa itu meditasi, yang ada kamu kerasukan, wkwkwk. Ya Tuhan, sesempit itukah? Koq jadi curcol yach.

Yang pasti dengan adanya survey mengenai Yoga yang diterbitkan oleh Yoga Journal dan Yoga Alliance membuat saya menjadi lebih bersemangat lagi untuk selalu mengkampanyekan pentingnya Yoga untuk kesehatan kepada teman-teman melalui blog saya. Karena bagi saya ini adalah wadah yang paling efektif dan paling mudah untuk saya berbagi apa yang saya tau. Dengan harapan teman-teman yang ada disini juga tertular aura sehatnya seperti yang saya rasakan saat ini. Salam olahraga!!

survey mengenai yoga

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

6 thoughts on “Survey mengenai Yoga”

Leave a Reply