Liputan Ngobrol Santai tentang Blog

liputan ngobrol santai tentang blog 1

Acara Ngobrol Santai tentang blog sudah berlangsung hari sabtu tanggal 23 Januari 2016. Dan dihalaman ini saya mau cerita sedikit tentang liputan ngobrol santai tentang blog yang dibawakan oleh Dani dan Ryan di Kelly’s Coffee Tebet.

Latar belakang diadakannya ngobrol santai itu sendiri pernah saya ceritakan dihalaman sebelumnya mengenai kesulitan saya pada saat mengutak atik wordpress yang mana saaat itu quota saya habis dan saya tidak tau harus berbuat apa? Padahal dari awal Dani sudah beberapa kali menawarkan bantuan kepada saya tapi karena sayanya sungkan akhirnya masalah itu saya diamin selama berbulan-bulan. Tapi karena namaya kepepet mau nga mau, saya melalui perantaraan teman saya akhirnya memberanikan diri untuk ketemu secara langsung dengan Dani dan Ryan.

Dan setelah ketemuan Dani dan Ryan, mereka pun tertakjub-takjub akan minimnya pengetahuan saya akan ngeblog. Yang saya tau hanya sebatas bagaimana menulis, trus ada judul dan mencantumkan foto sesudah itu publish dech. Sesimple itu yach? hehehe.. Tapi perlahan-lahan mereka akhirnya memberi pengertian dan pengetahuan sedikit demi sedikit mengenai blog, sehingga saya dapat mencernah dengan baik.

Berbekal dari kejadian tersebut akhirnya tercetuslah ide bagaimana menfasilitasi blogger-blogger yang punya masalah yang sama dengan saya. Sehingga dengan kesulitan dan hambatan tersebut tidak mengurungkan niat teman-teman untuk terus menulis dan berbagi apa yang mereka tau atau alami.

liputan ngobrol santai tentang blog 2

 

Acara ini berlangsung dari jam 09:30 – 12:00 dan benar-benar tidak terasa karena acaranya sangat santai, dan lebih banyak berisi tentang sharing dari Dani dan Ryan mengenai apa yang mereka lakukan dan rasakan selama ngeblog. Dan beberapa teman juga ada yang menambahkan apa yang mereka alami selama ngeblog sehingga acara kemaren itu benar-benar lebih hidup gitu dech.

Sejujurnya saya sangat senang menghadiri acara kemaren. Yang tadinya saya mikir domisili dari peserta pasti berada disekitar Jakarta, ternyata saya salah dong. Disini ada teman-teman yang benar-benar niat jauh-jauh datang dari Semarang, Duri-Pekanbaru dan Nias. Saya yang mendengar nya aja jadi terharu.

Dan beberapa dari mereka tidak saya kenal sebelumnya sehingga banyak bangat hal yang saya dapat dari cerita-cerita mereka sepanjang acara tersebut. Beberapa dari mereka rata-rata sudah punya blog tapi kebanyakan tidak aktif selama berbulan-bulan dan nga tau harus dikemanakan blog nya mereka. hiksss sedih.

Apa saja sich yang kemaren dibagikan

Ngeblog itu apaan sich?

Selama ini saya suka ditanyain ngapain sich kamu ngeblog? Emang kamu nga ada kerjaan apa yach ngeblog segala? Dan ketika ditanya seperti itu saya suka terbata-bata ngejawabnya. Tapi ketika mendengar obrolan Dani tentang kegunaan ngeblog saya banyak mengiyakan dan rasanya omongan Dani benar-benar mencerahkan saya bangat wkwkwkwk..

Sesi pertama dibagikan oleh Dani tentang blog itu apaan sich?

  • Ajang curhat tanpa batasan karakter.
  • Tempat berbagi orang yang peduli.
  • Sumber datangnya rezeki.
  • Sarana pembuktian diri.
  • Alasan buat terus belajar.
  • (atau malah) Sumber Stress(??!!).
  • lain-lain.

Tapi yang pasti kalau menurut Dani sendiri ngeblog itu membuat dia bahagia. Kalau teman-teman kira-kira apa nich? hehehe..

Selain ngeblog itu sebagai ajang apa, trus Dani menjelaskan bagaimana cara membuat tulisan kita menarik. Beberapa cerita banyak dia ambil dari latar belakang judul yang dia pernah buat. Dan dengan mendengar sharing tersebut saya merasa cukup menginspirasi saya untuk membuat tulisan menjadi menarik dengan versi saya sendiri.

Siapa kamu dan apa kategori mu?

Di sesi kedua, Ryan banyak berbagi tentang sosok kita nya sebagai penulis menampilkan siapa diri kita dengan cara yang manis. Bagimana kita dikenal dari cara kita berbicara melalui tulisan dan pesan siapa diri kita itu dapat tersampaikan dengan baik oleh pembaca. Kemudian di sesi ini lebih bersifat teknis, antara lain platform apa yang nanti kita gunakan. Ini lebih kepada teman-teman yang baru akan memutuskan untuk ngeblog. Atau kalaupun sudah memilih platform apa setidaknya kita tau seluk belum platform yang kita pilih.

Diakhir acara Dani dan Ryan banyak membantu dan mengarahkan teman-teman yang baru bergabung diblog mengenai pengetahuan dasar pada saat memulai ngeblog.

 

liputan ngobrol santai tentang blog 3

 

liputan ngobrol santai tentang blog

 

Demikian liputan ngobrol santai tentang blog yang dibawakan oleh Dani dan Ryan. Yang pasti acara kemaren seru. Saya dapat banyak hal dari acara ini dan semoga teman-teman yang datang kemaren juga merasakan hal yang sama dengan yang saya rasakan. Dan makin semangat buat menulis. Terima kasih yach, semoga kita dapat bertemu kembali dilain kesempatan.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

26 thoughts on “Liputan Ngobrol Santai tentang Blog”

  1. huwaaaaa… mereka 2 ini juga banyaaak banget bantu aku, del.. jadinya seneng berteman sama merekaa..

    trus..trus.. pengetahuanmu soal blog, kok sama sih sama akuu.. taunya cuma nulis trus publish :))

  2. Hai salam kenal jugaa. Daku berkunjung balik ^_^
    Ah mantan pacar dulu marga Tampubolon. Haduuuh kenangan lama berputar kembali nih hahaha.

    Anw, aku juga taunya ngeblog itu nulis dan upload foto 😛 Kerenlah mereka berdua ituuu

    1. Terima kasih Eka, senangnya dikunjungin balik. Lupakan jauh-jauh yach tuch mantan yang bukan terindah, napa jadi nyanyi yach?

      Toss dulu dech kalau begitu hehehe. Emang dua orang itu keren habis yach Eka, udah gitu baik hati dan suka tolong menolong. Kenapa nga dari dulu coba yach kenal ama mereka.

    1. Benar bangat Danang. Mereka berdua ini dengan senang hati berbagi apa yang mereka tau. Kapan-kapan giliran kamu yach gantian berbagi sesuatu, apa kah itu tentang pendidikan atau apa aja dech yg menjadi bidang mu.

  3. Saya juga awalnya diajari oleh orang-orang serupa ini mba. Dari awal membuat tulisan, posting, sampai akhirnya mendapatkan manfaat demi manfaat dari ngeblog. Pada akhirnya saya juga kepingin berbagi ilmu ngeblog kepada siapapun yang kepingin ngeblog..

    Mari sebarkan virus ngeblog 🙂
    Ngomong-ngomong, salam kenal mba 🙂

  4. Hehehehe….

    Sama lah. Pengen nulis. Nulis. Publish. Udah.

    Sekarang udah tahu dikit2 kalo ga bisa gitu mulu. Harus ada konsep yg dirubah soal ngeblog ini karena kita ga bisa egois. Tulisan kita milik umum, dan harus mampu memberikan ‘sesuatu’ pada pembaca. Setidaknya informatif dan menghibur lah ya.

  5. Hmmmm,,, sama mbak, tahunya nulis, cantumkan judul dan foto publish,,,, wah seru ya mbak bisa ngobrol – ngobrol ama blogger yang udah profesional. Eh menurutku mbak juga udah profesional loh,,,, 🙂 kapan – kapan tak gabung dah buat belajar sama mereka,,, maklum masih newbie 🙂

    1. Waduh masih jauh Anis, hehehe. tapi yang namanya belajar itu nga pernah selesai yach. Dan sambil jalan juga berbagi apa yang kita tau ke orang lain. Ayoooo ikutan.. kalau banyak peminat dari Jogja, kita bisa minta mereka buat koq Anis, jadi jangan takut ketinggalan.

      1. Wokelah mbak Adel,, siap dah, siap ikutan 🙂 sehubung aku masih nyubie,, nunggu aja ama blogger yang udah wara – wiri ngeblognya dah kak,,, pokoknya belajar dan belajar,,, setuju 🙂 ,,, mantabe’ josss

  6. Mbaaaaak. aku juga salah satu orang yang cuma tau ngeblog itu sekedar buat posting tulisan wkwkw aku belum tau seluk beluk ngeblog wkwkw kayaknya aku harus diprivate sama bang Dan + mas Ryan deh 😀

    Aku sejauh ini menikmati ngeblog karena aku bahagia dan bisa dapet banyak temen mbak :))

  7. Hai Adelina salam kenal. Aku baru belajar nge-blog, bener banget pengetahuannya minim..hehehe. Kapan ada acara semacam ini lagi? Pengen ikut caranya gimana? Aku seneng nulis blog buat semacam diary dan bercerita pengalaman. Dari pengalaman yang gagal sperti gagal bikin visa atau nyasar malah kadang bisa membantu temen yang sama2 gagal dapat visa misalnya :). Nah dari nulis blog juga dapat banyak temen baru dan pengen kopdar langsung klo ada acara gathering kyk gini.

    1. Salam kenal Anita. Aku juga baru belajar nge blog nich, lain kali kalau ada acara lagi aku bakalan publish di blog ini dan semoga kamu bisa ikutan yach. Benar, dari nge blog kita bisa berbagi dan ketemu teman yang sama hobi gitu kan yach. aku jadi berkunjung ke tempat mu dan senang membacanya hehehehe..

Leave a Reply