Bekal Makan Siang

bekal makan siang 2

Awalnya saya mulai menyiapkan bekal makan siang itu pada saat bulan puasa tahun 2010 dimana saya kesusahan menemukan tempat makan yang buka disekitaran kantor saya di kemayoran. Karena sudah kebiasaaan selama sebulan lebih menyiapkan bekal yang ada setelah itu saya jadi keterusan bawa bekal makan siang setiap hari sampai hari ini. Karena mungkin saat itu saya rasa waktunya emang pas dengan keinginan saya untuk mengatur pola makan dan juga keuangan saya.

Selain makanan diluar membuat saya agak bosan karena tempat makannya yach itu-itu doang. Trus beberapa kali suka complain karena makanannya keasinan, kepedesan, kurang garing, berasa banyak mecin dan segala macamnya. Akhirnya kita pun mutusin bawa bekal dari rumah.Β Mulai dech saya ama teman kantor saya buat hitung-hitungan. Kira-kira berapa uang yang kita keluarkan kalau sehari makan diluar dibandingkan dengan masak sendiri. Ternyata lumayan juga bedanya.

bekal makan siang 1

Pecel Menu Favorite

Akhirnya kita pun mulai mengatur strategi. Dengan budget yang kita sepakati bagaimana pengaturan menu dan pembagian kerja, kapan ke pasar, belanja-belanja dan masak. Karena kita nga gitu mau repot akhirnya semua dilakukan hari sabtu mulai dari kegiatan belanja, menentukan menu masakan dan masak-memasak.

Jadilah makanan dimasak dalam waktu satu hari, kalau lagi kepengen minggu ini makanan berbumbu banyak seperti gulai, kare dan opor kita masak hari sabtu tersebut kemudian dipacking dalam plastik-plastik dan masukin dalam kulkas. Karena masakan dengan bumbu seperti ini tahan lama dikulkas dan makin lama disimpan maka makin meresap bumbunya.

Sedangkan menu yang simple dapat dimasak pada hari yang sama pada saat kita hendak memakan.Β Seperti tahu, tempe, ikan, ayam kalau kepengen digoreng yang sebelumnya sudah dibumbui tinggal keluarin dari kulkas dan siap digoreng. Gampangkan yach?

bekal makan siang 2

Mie Goreng Sayur dan Lalapan

Setelah bertahun-tahun melakukan hal yang sama setiap harinya. Kita sudah membentuk pola yang rutin. Dan rasanya lebih menyenangkan bawa bekal makan sendiri dari rumah, dirasa lebih praktis dan hemat yang ada sekarang teman-teman kantor juga jadi kebanyakan bawa bekal juga dari rumahnya masing-masing. Jadi semangat kan yach?

Walaupun kadang kepengen makan diluar kita saling janjian nga nyiapin makanan dari rumah tapi itupun kayaknya nga sesering dulunya. Nah menu makanan yang saya makan rasanya nga ada yang ribet dech, bisa dilihat dari foto yang ada dibawah. Kebanyakan tahu, tempe, sayur, sesekali ayam, daging atau ikan. Tapi tetap porsi sayur memang lebih banyak dari porsi karbohidrat dan protein.

bekal makan siang4

Lontong + oseng tempe dan kacang panjang.

bekal makan siang 3

Rawon Daging + Lalapan

bekal makan siang 5

Tumis Sawi Pahit dan Labu Siam

bekal makan siang 6

oseng tempe tahu dan sayur kangkung

bekal makan siang 7

Nasi Merah + Tahu + Tumis Caisim

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

27 thoughts on “Bekal Makan Siang”

  1. Keren kak! Aku sekarang terpaksa masak setiap hari juga soalnya kantor jauh dari tempat makan. Enaknya waktu makan lebih singkat soalnya gak perlu cari dulu. Tinggal makan aja.

    Selain itu sehat dan hemat juga πŸ™‚

  2. Ituloh mbak Adel, oseng tempe dan kacang panjangnya, dimasak agak gurih, wuenake nggak ketulungan,,,, apalagi pakai lalapan petai atau jengkol muda, wah jan hemmmmm rasanya sungguh nikmat πŸ™‚ keren dah intinya bawa bekal sendiri, kesehatan terjamin kalau begitu sesuai selera pribadi πŸ™‚

    1. Hehehe Toss dulu mas Anis Hidayah. Favorite ku juga itu tempe oseng kacang panjang dengan petai atau jengkol. Aku lebih milih petai sich ketimbang jengkol soalnya jarang bangat makan jengkol.

  3. Waaah rajin banget. Dulu aku sempet loh bercita cita kalo punya dapur sendiri mau masak buat bawa bekal ke kantor tapiii pas punya udah keburu capek kerja terus males hahahaha jadi masaknya pas weekend aja, kalo ada sisa baru deh senin nya bawa. Padahal bener sih kalo masak sendiri sama beli di luar jauuuh lebih ngirit kalo masak sendiri πŸ™‚

    1. Lumayan beda kan yach irit antara masak sendiri sama beli. Walaupun emang praktisan beli sich. Hanya kalau masak kita jadi lebih kreatif mengolah makanan supaya nga bosan. Tapi sepadan sich perjuangannya sama manfaatnya hehehehe.

  4. Aku kepingin bawa bekal dari kost juga sebenarnya tapi dapur kostku kurang mendukung (ini alasan halus dari kata “malas” yah, haha), dan teman-teman di kantor juga jarang bawa bekal.

    Udah mba, kamu buka catering saja, tar aku pesan sama kamu, secara disini juga susah cari makan, hahaha..

    1. Dengan bawa bekal jadi lebih kreatif mas, karena kan kalau itu-itu aja bawaannya bosan.

      Kita kalau makan diluar kalau gajian doang, pengen nyobain tempat makanan baru atau ada yang ulang tahun. Selebihnya makan dikantor dengan bekal makan siang bawaan rumah masing-masing.

Leave a Reply