5 hal yang harus dilakukan pada saat Yoga

mengawali tahun 2016 dengan yoga dan 5 hal yang harus dilakukan pada saat yoga 2

Walaupun saya sudah bertahun-tahun melakukan Yoga, tapi karena saya bandel sering sekali saya melanggar ketentuan yang secara tidak tertulis dilarang ketika melakukan yoga. Yang ada bukan nya saya menikmati ritme Yoga, malah saya jadi grasak grusuk, nga betah dan pengen cepat-cepat pulang dan segera menyelesaikan kegiatan Yoga.

5 Hal yang harus dilakukan pada saat Yoga.

1.Tidak makan 2-3 jam sebelum Yoga.

Tiap hari Kamis, saya selalu Yoga bersama teman di Apartemen Red Top Pecenongan sore hari, sepulang dari kantor. Dari kantor sich sudah dibenamkan di kepala supaya tidak makan sebelum melakukan Yoga. Tapi yang namanya pencobaan, selama perjalanan dari kantor ke tempat Yoga ada aja yang membuat saya lapar mata. Mulai dari yang jualan gorengan sampai cemil-cemilan yang disediakan dibawah apartemen.

Yang tadinya nga kepengen makan, karena lihat teman beli dan menawarkan ke saya. Secara refleks saya ambil dan ikutan makan. Dan yang namanya daerah Pecenongan banyak bangat jenis makanan yang dijajahkan membuat kita sering sekali mencoba-coba variasi makanan baru yang ada disekitar apartemen. Alhasil ketika Yoga, perut langsung mual dan mabok makanan.

Karena sudah bolak balik ngalamin hal yang sama yang ada sekarang kalau ditawarin makanan lagi ketika akan Yoga, saya pasti akan tolak. Karena efeknya benar-benar nga enakin bangat buat saya nya. Jadi memang sebaiknya diusahakan tidak makan makanan berat paling lama 2 – 3 jam sebelum Yoga. Supaya tubuh kita dapat memproses dengan benar makanan yang kita makan sehingga ketika melakukan gerakan, tidak menimbulkan efek-efek mual di perut.

2. Porsi tidur semalam cukup sebelum melakukan Yoga.

Selain melakukan Yoga bersama teman-teman di Pecenongan saya juga rutin melakukan Yoga dirumah pagi hari. Biasanya bangun tidur, saya menyiapkan sarapan dan bekal makan siang untuk dibawa ke kantor kemudian saya masih punya waktu 2 jam untuk berangkat ke kantor. Waktu yang ada tersebut saya gunakan untuk melakukan Yoga.

Nah kemaren ketika pagi saya sedang melakukan Yoga, saya tidak ngeh kalau semalamnya saya kurang tidur. Ditengah-tengah aktivitas Yoga tiba-tiba badan saya langsung merasa drop dan rasanya pengen pingsan. Akhirnya mau tidak mau saya mengakhiri kegiatan Yoga dan langsung savana. Berbaring diatas matras dengan posisi tangan dan kaki terbuka, kemudian tarik dan buang nafas yang dalam dan merilekskan tubuh saya.

Yang tadinya saya Yoga 30 menit, saya harus merilekskan tubuh saya 45 menit untuk menetralisir kondisi tubuh saya yang kacau akibat kurang tidur. Jadi emang sebaiknya kalau kita tau kalau semalam kurang tidur ada baiknya istirahat dulu yang secukupnya baru kemudian mulai kembali melakukan Yoga.

 

5 hal yang harus dilakukan pada saat yoga 2

 

3. Sebaiknya tidak melakukan Yoga pada saat siklus bulanan.

Yang namanya perempuan setiap bulan pastinya mengalami siklus bulanan atau haid secara rutin. Ada baiknya ketika hari 1 dan kedua saat perut lagi aktif-aktifnya bekerja agar tidak melakukan Yoga terlebih dahulu. Karena dari beberapa kali kejadian yang saya alami pribadi, aktivitas  yang berlebihan ketika haid akan membuat tubuh kita menjadi bleeding atau secara mendadak saat itu juga haid terhenti.

Hanya kadang kita sering tidak ngeh kalau kita sedang menjalani siklus bulanan, sampai ditempat dan rasanya tanggung bangat untuk pulang sedangkan hari ini jadwalnya kita janjian rutin Yoga bersama teman. Kalau hal itu yang terjadi, sudah kepalang tanggung nyampe di Pecenongan biasanya saya kasih tau ke Guru yang ngajarin saya supaya memberi tau gerakan-gerakan mana saja yang bisa saya lakukan dan gerakan mana yang tidak boleh saya lakukan.

Ini penting sekali supaya tidak mengganggu proses haid kita yang berikutnya. Dan jangan canggung memberitahukannya ke Guru teman-teman masing-masing walaupun kebetulan Gurunya teman-teman adalah pria. Mereka akan dengan senang hati mengubah dan menginstruksikan gerakan-gerakan apa saja yang harus kita lakukan.

4. Sebaiknya melakukan pemanasan sebelum melakukan Yoga.

Ini penting sekali untuk dilakukan, supaya tubuh kita tidak kaget sehingga dapat terhindar dari cedera otot pada saat melakukan Yoga. Ini tidak berlaku hanya di Yoga saja, untuk semua jenis olahraga apapun sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu.

5. Lakukan Savasana 15 – 20 menit setelah Yoga.

Savasana adalah hal yang terpenting didalam Yoga. Jadi sangat dianjurkan untuk melakukan savasana atau relaksasi setelah melakukan Yoga. Kelihatannya sich sepele, tapi berulang-ulang saya langgar dan mengakibatkan kepala saya sakit, migren dan sempoyongan jika tidak melakukan savasana setelah Yoga.

Lamanya waktu savasana tergantung seberapa lamanya kita melakukan Yoga. Jika kita melakukan Yoga 1 – 1,5 jam sebaiknya lakukan savasana 15 – 20 menit. Dengan melakukan savasana tubuh merecovery, sehingga badan kita menjadi segar dan dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasanya.

Demikian 5 hal yang harus dilakukan pada saat Yoga. Sejauh ini 5 hal tersebut yang saya ingat, kalau nemu lagi saya akan coba buat rangkuman seperti ini.

 

yoga untuk penderita skoliosis 7

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

10 thoughts on “5 hal yang harus dilakukan pada saat Yoga”

  1. Hi Kak Adel 😀
    Sebenernya aku kepengen banget bisa yoga. Keliatannya relaxing dan bisa memperbaiki postur tubuh ya.

    Tapi sepertinya Yoga bukan olahraga buat aku. Selain pernah sekali coba dan sukses bikin besokannya aku gak bisa bangun dari kasur, juga aku lebih seneng yang banyak gerak hehehehe.

    Mungkin tulisan ini juga berlaku buat siapapun sebelum berolahraga ya? 🙂

    1. Olahraga apa aja bagus koq lia. Dan memang benar kalau pertama kali yoga seluruh tubuh pasti akan sakit semua, karena semua otot bekerja dengan benar dan sekaligus mendetok tubuh. Kadang takjub juga sich awal-awal Yoga kenapa jadinya mual dan migren. Ternyata tubuh kita mendetok racun-racun yang ada ditubuh.

      Hampir semua hal-hal yang ada disini berlaku untuk semua olahraga, kecuali mungkin savasana. Semangat terus yach Lia buat olahraga.

    1. coba dulu aja Ria yoga bersama di taman, biasanya di jakarta kayak taman tebet dan taman menteng atau monas tiap sabtu minggu gitu ada acara yoga bersama gitu. Bisa jadi di surabaya ada model seperti ini. kalau nga ikut member di fitness center.

      kalau untuk pemula sebenarnya gerakannya streching gitu, jadi kamu pasti cepat ngikutin gerakannya.

    1. Ini aku juga rada bingung juga mas. padahal kalau master-master yoga yang kukenal itu banyakan cowok loh. dan dikelas aku yang cowok juga cuma 2-3 orang. peminatnya emang rada banyakan cewek sich.

Leave a Reply