Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan Yoga

hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan yoga 5

Dalam melakukan gerakan Yoga sering sekali tidak sadar kalau kita melakukan gerakan yang salah. Bukannya postur tubuh jadi benar, yang ada keseleo dan pegal-pegal lah yang kita dapatkan. Oleh karena itu pentingnya kehadiran guru pembimbing atau teman yang berpengalaman memantau gerakan kita. Sehingga ketika kita salah, ada yang bisa mengoreksi gerakan tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan Yoga

(sumber Yoga Girls)

1. Chair Pose

hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan yoga 1

 

Pose ini bermanfaat untuk menguatkan kaki, lutut dan punggung. Dengan posisi chair pose kaki dan lutut dijadikan sebagai titik tumpuan dan perkuatan, sehingga jika kita rutin melakukan gerakan ini maka dapat dipastikan lutut kita akan aman dari perkeroposan dan kekakuan. Selain kaki dan lutut, punggung juga bekerja dengan maksimal. Dimana tulang punggung ketarik dan lurus, seperti posisi chair pose yang ada diatas.

Kesalahan yang sering kita lakukan adalah kadang tanpa sengaja punggung kita malah melengkung, tangan tidak strech dan posisi kaki tidak sama. Itu justru membuat badan menjadi pegal dan posisi tulang belakang menjadi tidak benar.

2. Three Legged Dog

hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan yoga 2

 

Three legged pose memungkinkan hip kita kebuka, tangan menjadi kuat dan postur tulang belakang strech. Dengan posisi yang benar seperti yang ada di bagian atas, membuat badan kita tegak walaupun posisi kepala berada dibawah. Karena tumpuan badan ada di bahu, menyebabkan bahu dan tangan kita menjadi kuat.

Ketika kaki kita gerakkan sejauh keatas mungkin justru posisi badan kita menjadi lebih baik karena mulai dari ujung kaki sampai tangan semuanya ketarik dan fungsi tubuh kena semua dengan gerakan ini.

Hal yang salah adalah ketika kepala tidak turun kebawah. Sebaiknya posisi kepala jangan dongak atau melihat kedapan tetapi arahkan fokus ke pusar perut, sehingga leher, menjadi lebih santai dan rileks. Hip tidak kebuka dan badan condong kesamping. Biasanya ketika melakukan gerakan dibawah ini yogi/yogini tidak akan mendapatkan keuntungan maksimal.

3. Mermaid Pose.

hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan yoga 3

Mermaid Pose berfungsi untuk membuka hips, paha atas, punggung dan lengan strech. Sebaiknya posisi kepala sejajar, tarik posisi badan kebelakang sehingga dada menjadi busung atau kebuka. Paha juga sebaiknya menempel di lantai sehingga kaki secara keseluruhan akan ketarik dan menjadikan tulang punggung lurus.

4. Happy Baby Pose.

hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan yoga 4

 

Salah satu gerakan favorite yang kami sukai. Karena ketika melakukan gerakan ini posisi badan rileks, dan unsur-unsur bagaian dalam perut yang ketekan memberi efek pijatan. Tekan lutut sedekat mungkin menempel dengan lantai.

Diposisi bawah sering terjadi karena tanggan tidak cukup panjang meraih pergelangan kaki. Sehingga badan justru naik atau ketarik keatas. Yang mana seharusnya kakilah yang mengikuti arah lutut berada.

 

5. Upward Facing Dog.

hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan yoga 5

 

Upward Facing Dog hampir mirip dengan Cobra pose hanya perbedaannya terletak pada posisi kaki menempel ke dinding atau melayang. Yang pasti kedua pose tersebut menitik beratkan pada tulang belakang dan dada. Dengan pose yang ada diatas dada kebuka sehingga leher pun ketarik dengan sempurna. Berbeda dengan pose yang ada dibawah membuat punggung menjadi berat dan tidak proporsional di tulang belakang.

6. Upavistha Konasana B.

hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan yoga 6

Upavistha Konasana B, berfungsi untuk membuka hip, tulang belakang lurus dan leher rileks. Untuk pemula sering sekali melakukan gerakan yang ada dibawah, dikarenakan tangan tidak sampai untuk menjangkau pergelangan kaki. Sehingga lutut ditekuk dan badan condong kedepan.

7. Warrior 2.

hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan yoga 7

 

Warrior 2 adalah gerakan sederhana tapi juga sering salah dilakukan. Dimana kaki seharusnya kebuka dengan lebih lebar. Bagian depan lutut ditekuk sedangkan bagian belakang strech. Ini memungkinkan badan berada diposisi kuda-kuda. Sehingga badan menjadi lebih stabil dan tangan pun kencang karena masing-masing diposisikan kearah berlawanan, saling ketarik keluar.

Demikian 7 pose yang merupakan hal yang perlu dilakukan dalam melakukan gerakan Yoga. Semoga dengan penjelasan yang ada digambar dapat lebih memudahkan kita untuk membedakan mana gerakan dengan posisi yang salah dan mana yang benar. Semoga semakin banyak manfaat dari gerakan-gerakan diatas jika kita dapat melakukannya dengan baik.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

4 thoughts on “Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan Yoga”

    1. Sederhana kan yach? Nga ada yang susah koq hehehe..

      Dita sempat ikut sekali tapi setelahnya kepotong libur akhir tahun. jadi sekarang belum nerusin lagi nich sejak liburan.

Leave a Reply